Mahasiswa dengan begadang adalah hal yang tak bisa dipisahkan. Bahkan ada yang bilang, kamu bukan mahasiswa kalau belum pernah garap tugas semalaman suntuk dan baru tidur ketika matahari terbit – atau bahkan gak tidur karena tugasnya harus dikumpul hari itu juga.

Kebiasaan yang kerap menggunakan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam) memang sudah mendarah daging dan menjadi penyebab kenapa kita begadang. Nah, biar mikir-mikir lagi buat pake sistem itu, Hipwee bakal kasih soal potensi-potensi buruk kalau kamu terlalu sering begadang.

1. Wajah pucet dan lingkaran dekat mata menghitam kayak panda!

Pucet kan via img09.deviantart.net

Ciri perubahan fisik memang bakal menghantui kamu kalau keseringan begadang. Muka kamu bakal gak keliatan seger. Lebih pucat, sayu, lelah, dan bakal tampak lingkaran hitam di bawah mata atau dikenal dengan mata panda. Selain itu, mata lebih merah dan bawahnya tampak berkantung. Kerutan di sekitar mata pun bisa lebih cepat muncul meski kamu masih muda. Kamu gak mau kan keliatan gak seger? Jauhin begadang.

2. Tubuh kamu bakal lebih rentan terserang penyakit. Daya tahan tubuhmu menurun drastis soalnya.

Advertisement

Ketika kamu begadang, tubuhmu diforsir untuk terus beraktivitas. Meskipun aktivitasmu gak berat-berat amat, tetep aja tubuh kamu butuh istirahat buat memperbaharui sel-sel tubuh dan membuang racun di tubuhmu. Kamu yang sering begadang pasti bakal lebih gampang terkena penyakit. Kenapa? Begadang ternyata dapat membuat daya tahan tubuh menurun.

Kongkritnya, penyakit-penyakit ringan seperti pilek, demam, batuk dan meriang bakal gampang hinggap di tubuh kamu. Gak enak, bos, kalau udah sakit mah.

3. Makan kamu gak bakal teratur. Begadang jadi salah satu faktor penyebab obesitas lho!

Magerrr… via www.sierrapulm.com

Ketika kamu begadang dan baru tidur di pagi hari, biasanya kamu bakal melewatkan sarapan. Soalnya kasur lebih menggoda dibanding makanan. Akibatnya pola makan kamu jadi gak karuan deh.

Dalam sebuah penelitian seorang ilmuwan dari Brigham and Women Hospital, begadang bisa bikin kamu obesitas karena proses metabolisme tubuhmu lebih lambat dari biasanya. Obesitas berkaitan erat dengan kurang tidur. Apalagi begadang semaleman…

4. Duh, masih muda kok gampang banget ngantuk sih! Dikit-dikit menguap aja kerjaannya.

Yawnnn… via us.images.detik.com

Penyebab kamu gampang ngantuk gak lain karena kebutuhan istirahatmu masih kurang. Idealnya kan kamu tidur tujuh sampe delapan jam per hari. Tapi ketika kamu begadang, bisa jadi kebutuhan istirahatmu belum tercukupi.

5. Hati-hati dengan penyakit jantung. Begadangers sangat rentan terserang penyakit ini nih.

Jantungan.. via us.images.detik.com

Di Indonesia, penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor satu. Nah sebagai upaya preventif dari potensi sakit jantung tersebut, kamu kudu hapus kebiasaan begadang Anda.

6. Bukan cuma penyakit jantung, stroke juga kudu diwaspadai.

Stroke bisa kapan aja. via www.takepart.com

Bukan mau nakut-nakutin, tapi penelitian yang dilakukan Warwick Medical School dalam European Heart Journal menyatakan kurang tidur dari enam jam bisa bikin resisko terserang stroke makin tinggi. Serem ‘kan?

7. Karena keseringan begadang, penyakit diabetes akan siap menyerangmu kapan saja loh…

Amit-amit.. via steamspoils.com

Selain jantung dan stroke, penyakit menyeramkan lain yang bisa menyerang kamu adalah diabetes. Pola tidur yang gak teratur, apalagi begadang, bakal bikin rasa lapar datang di malam hari. Kemudian untuk mengobatinya, kamu tentu bakal makan.

Nih ada penelitian juga yang membuktikan diabetes siap menyerang kepada siapa saja yang suka begadang. Tulane University School of Medicine meneliti bahwa kamu yang suka begadan bakal ngalamin penurunan kadar hormon akibat kurang tidur. Kongkritnya, penelitian tersebut juga menjelaskan orang yang sering begadang rentan terhadap obesitas.

8. Alzheimer memang kental dengan orang tua. Tapi buat kamu yang doyan begadang, hati-hati aja…

Masih muda alzheimer. via ictnblog.files.wordpress.com

Penyakit ini gak menular ko, tetapi sangat rentan bagi kamu yang sering begadang. Kamu biasanya gampang bingung dan lupaan sama banyak hal, seperti orang, tempat, serta waktu. Maiken Nedergaard, M.D., D.M.Sc dari University of Rochester Medical Center School of Medicine and Dentistry dari New York dalam penelitiannya mengatakan keterkaitan kebiasaan begadang bisa jadi akibat timbulnya alzheimer.

Gimana, para mahasiswa? Setelah baca bahaya-bahaya di atas, masih mau nunda-nunda tugas dan ngerjainnya pake sistem SKS yang memaksamu harus begadang?