Hubungan jarak jauh memang punya tantangan lebih berat. Kamu nggak hanya dituntut untuk saling percaya. Tapi juga bertahan dengan rindu yang rasanya semakin hari, semakin membesar saja. Hari-hari yang biasanya bisa tiba-tiba riuh dengan kehadirannya. Kini harus terasa sepi dalam jangka waktu yang tak bisa ditentukan.

Walaupun kini sering merasa lebih sendu, masa iya kamu mau terus membuat rindu larut dalam kegalauan? Mending rindu yang kamu punya dirawat dengan cara menyenangkan seperti menyibukan diri.

Saat-saat sepi dan rindu mulai hadir, coba deh kamu siasati dengan menonton film. Kamu bisa memilih film romantis yang memang punya pesan untuk menguatkan hubungan jarak jauh kalian. Kira-kira filmnya seperti apa? Nih, Hipwee punya beberapa daftar film yang cocok untuk kamu pejuang LDR.

1. Tentang kesempatan kedua bertemu seseorang yang pernah hilang bertahun-tahun. Before sunset (trilogi) udah pasti membuat kamu meresapi penantian bertemu kembali dengan dia.

Before Sunset via id.fanpop.com

Buat kamu penggemar kisah drama klasik, Before Sunset (trilogi) pasti nggak akan membuat kamu kecewa. Apalagi buat kamu yang sedang dalam penantian untuk bertemu kembali sang ke kasih hati. Film yang bercerita tentang pertemuan kembali Jesse dan Celine setelah 9 tahun tak bertemu, akan membuat kamu meresapi bagaimana rasa penantian itu sendiri.

Advertisement

Di sepanjang film kalian akan disuguhkan nostalgia dua orang yang bertahun-tahun tak bertemu tanpa kabar. Seperti halnya 9 tahun yang lalu saat mereka menghabiskan waktu dalam semalam di Vienna, nostalgia mereka kali ini pun diisi dengan obrolan hangat yang mengalir begitu saja. Meski di pertemuan kali ini, Jesse sendiri sudah menikah dan memiliki seorang anak.

2. Surat Dari Praha cocok buat bikin kamu melek. Jaya dan Sulastri aja bisa mempertahankan cinta meski terpisah bertahun-tahun lamanya.

Surat Dari Praha via www.nyoozee.com

Hampir mirip dengan Bofere Sunset, kisah cinta ini juga tentang mereka yang terpisah jarak dan bertahun-tahun tak bertemu. Tapi bedanya, Jaya dan Sulastri tetap terhubung dengan surat. Dan perpisahan mereka sendiri terjadi karena situasi politik yang berada di luar kendali keduanya.

Meski Jaya tak pernah memenuhi janjinya untuk pulang ke Indonesia, tapi Sulastri tetap setia dengan cinta di hatinya. Jaya sendiri hingga bertahun-tahun dipenuhi dengan rasa bersalah.

Duh…. Betapa jarak dan waktu itu bukan penghalang untuk cinta tetap hidup. Dari film ini kamu dan dia juga bisa belajar untuk nggak menyerah dengan jarak. Semangat!

3. Semoga kisah menunggu kalian tak seperti Atonement, mencintai dan menunggu cintanya yang tak pernah datang sampai akhir hayat.

Atonement via www.focusfeatures.com

Meski ceritanya bikin kamu berpikir keras. Kamu akan dibuat paham, jika perjuang LDR kamu tak seberat mereka yang menunggu balasan cinta, yang sampai akhir hayat hidupnya tak pernah datang.

Robbie sang tokoh pria meninggal ketika menunggu proses evakuasi. Sedangkan Cecilia tokoh wanitanya meninggal beberapa bulan setelahnya karena bencana banjir. Keduaanya sendiri terpisah, saat Robbie keluar dari penjara dengan syarat dia harus bergabung menjadi tentara.

4. Perjuangan kamu yang LDR nggak akan setragis mereka yang satu kota tapi ternyata beda agama, seperti film Tiga Hati Dua Dunia Satu Cinta.

Tiga Hati Dua Dunia Satu Cinta via www.indonesianfilmcenter.com

Kamu ataupun dia harusnya bersyukur cuma dibedakan kota atau Negara. Nggak harus seperti kisah cinta Rosid dan Delia di Tiga Hati Dua Dunia Satu Cinta yang penuh lika-liku karena perbedaan agama. Keduanya berkali-kali coba dipisakan, tapi berkali-kali itu pula mereka bertahan. Meski pada akhirnya untuk lanjut ke jenjang pernikahan mereka tak bisa untuk bersama. 🙂

5. The Lake House membuat kamu lebih yakin menunggu dia sama dengan memberi kesempatan untuk cinta bahagia kelak.

The Lake House via www.aceshowbiz.com

Tak hanya terpisah jarak, tapi mereka pun terpisah oleh perbedaan waktu yang jauh sekali. Katte hidup di masa depan, sedangakan Alex berada di masa lalu. Keduanya terhubungan oleh kota surat di depan rumah danau. Agak aneh, tapi kalau kalian resapi film The Lake House punya pesan mendalam buat kamu yang sedang LDR’an. Tentang menunggu pertemuan yang akhirnya memberi kesempatan untuk cinta berakhir bahagia kelak. Duh so sweat ngak tuh ~~ 🙂

6. Pasang surut hubungan Keenan dan Kugi di Perahu Kertas, seperti halnya hubungan jarak jauh kamu dan dia yang pasti ada suka dan dukanya.

Perahu Kertas via www.damniloveindonesia.com

Setiap hubungan pasti ada suka dukanya. Tapi buat kamu yang LDR’an rasanya pasang surut hubungan lebih terasa berat, terlebih ketika rindu mulai tumbuh dengan cepat. Supaya kamu rasa pasang surut hubungan terasa lebih ringan, kenapa kamu nggak coba nonton aja film Perahu Kerta yang diadaptasi dari novelnya Dee.

Film yang ceritanya ringan dan identik dengan keceriaan serta keunikan tokoh Kugy ini dijamin bisa membuat kamu senyum-senyum, nangis, dan gregetan sendiri. Betapa cinta diam-diam antara Kugy dan Keenan itu penuh lika-liku untuk sampai di ending yang bahagia. 🙂

7. Baru memulai hubungan jarak jauh? Going The Distance cocok banget buat kamu belajar bagaimana menjalani hubungan yang tepisah ribuan kilometer dengan baik.

Going The Distance via hollywoodthewriteway.com

Memulai hubungan jarak jauh itu memang bukan hal yang mudah. Kamu yang biasanya bisa bertemu dengan dia sewaktu-waktu, kini cuma bisa bertemu setelah berbulan-bulan bahkan setahun lamanya tak jumpa. Belum lagi, hubungan kamu dan dia rentan sekali terkena salah paham. Rasanya nyesek gimana gitu, harus jauh dari kekasih hati. Sabar ya, daripada terus larut dalam kegalauan mending kamu tonton Going The Distance.

Film komedi romantis yang rilis 2010 lalu, bercerita tentang Errin dan Garret bertahan dengan hubungan mereka meski terpisah oleh jarak. Cerita yang mengalir layaknya film komedi romantis lainnya, bakal bikin kamu nggak ingin beranjak. Selepas menonton film ini kamu pun akan mengerti bagaimana menjalin hubungan jarak jauh dengan lebih baik lagi.

Bertahan untuk satu cinta pokoknya! Nggak peduli jarak membentang di depan mata. Hehehe

8. Di film Kambing Jantan Bang Dika membagi pengalaman LDRnya. Meski akhirnya tragis, tapi toh Bang Dika tetap ceria-ceria aja hingga kini. Hehehe

Kambing Jantan via www.beritanetizen.com

Film Kambing Jantan ini memang nggak sepenuhnya tentang kisah jarak jauh Si Kebo dan kambing alias Dika. Ada kisah lain tentang kehidupan sehari-hari Dika, keluarganya serta kawan-kawannya yang penuh kekonyolan. Tapi, buat kamu yang sedang LDR’an film ini tetap cocok untuk di tonton.

Setidaknya, meski kisah cinta Kebo dan Kambing berakhir tragis, toh sampai detik ini Bang Dika tetap ceria-ceria aja. Sebab, hidup kamu kan juga nggak selalu tentang cinta dan cinta. Udahlah nikmatin aja yang ada sekarang termasuk hubungan jarak jauh kamu dan dia.

9. Jodoh itu nggak akan kemana. Seperti kisah cinta Jordan dan Charlie di My Sassy Girl (2008).

Klise sih, tapi memang kenyataanya “jodoh itu nggak akan kemana”. Mau kamu terpisah ribuan kilometer dalam waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, kalau emang jodoh ya akhirnya bakal ketemu lagi. Persis sama pelajaran yang bisa kamu ambil dari film My Sassy Girl (2008).

My Sassy Girl ini bercerita tentang seorang cewek bernama Jordan yang setelah kematian tunangannya, bertemu dengan pria bernama Charlie yang bisa dibilang mirip dengan sang kekasih. Hari-hari awal mereka bersama dipenuhi dengan hal-hal romantis yang membuat keduanya semakin dekat dan saling ketergantungan. Sampai suatu hari, Jordan memutuskan untuk berpisah dan menghilang sementara waktu demi meyakinkan dirinya sendiri.

Setelah perpisahan tanpa kabar. Di luar kuasa keduanya, mereka pun bertemu kembali di sebuah restoran dengan keyakinan cinta yang baru. Pastinya lebih bahagia ya.

Anggap saja jarak itu proses untuk hubungan yang baik kedepannya. Membuat hubungan yang kalian punya lebih kuat. Dan kelak pastinya akan berakhir sesuai harapan dan mimpi kalian.

Yuk nikmatin LDR dengan menonton film-film di atas. Selamat menonton dan menanti ya!

Baca juga update tentang film dan selebriti terbaru cuma di @migmeseleb, hihi.