Yang namanya sekolah, kampus, kantor, atau bahkan rumah, sejatinya selalu memiliki peraturan yang harus dipatuhi oleh para anggotanya. Peraturan ini pun dibuat semata-mata untuk mendisiplinkan atau demi kepentingan visi-misi dari pihak yang bersangkutan. Tapi sepertinya di manapun kita berada pasti selalu ada peraturannya deh, ya?

Demikian pula dengan sebuah kelas yang memiliki peraturan yang berbeda-beda. Kadang ada yang dibuat sepihak oleh guru, ada juga yang dibuat bersama antara guru dengan muridnya. Sementara bagi yang melanggar, pasti akan mendapat sanksi, seperti halnya murid satu ini. Tapi anehnya, sang guru malah ikut menangis saat muridnya menjalani hukumannya. Wah, kenapa tuh? Simak ulasan berikut!

Nah, karena datang terlambat, murid ini pun kena hukuman dari gurunya. Tapi, saat dia dihukum, dia dan sang guru malah menangis!

Ilustrasi. via shutterstock.com

Hal ini juga yang terjadi pada seorang murid kelas 7 bernama Husen dari MTs Muhammadiyah Tolitoli, Sulawesi Tengah. Dari keterangan video yang diunggah ke media sosial oleh Atmon Mohi, Husen mendapat hukuman akibat datang terlambat pagi itu. Alhasil, dia harus menjalani hukumannya, yakni menyetor hafalan Alquran yang telah disepakati bersama, surat Al-Haaqqah. Dalam rekaman itu tampak Husen meneteskan air mata.

Entah apa yang terjadi sesungguhnya, suara si murid ini memang benar-benar merdu ketika menghafal ayat Alquran di depan kelas

Advertisement

Husen namanya, siswa kls 7 MTs Muhammadiyah Tolitoli. Pagi tadi ia terlambat masuk kls. Sebagaimana kesepakatan saya sebgai guru dengan siswa, bahwa bagi siswa yang terlambat diberikan sanksi menyetor hafalan Qur'annya, maka ia pun melaksanakan sanksi itu. Awalnya berlangsung biasa saja, ia menyetor hafalan surah Al Haaqqah.. berselang bberapa ayat ia mulai meneteskan air matanya.. suaranya yg merdu dan tartil yg mnurut sy sangat mnyentuh.. mmbuat hati ini membuncah tak karuan.. tak trasa saya pun ikut larut dalam bacaannya dan tak kuasa mmbendung air mata ini. Entah apa yg ada dlm pikirannya.. air matanya terus mengalir sampai ia menyelesaikan surah trsebut.. smoga Allah mmberikan kemuliaan padamu dan kedua org tuamu aamiin ya Rabbul alamiin..

Atmon Mohi 发布于 2017年9月5日

Coba deh, dengarkan sekali lagi. Suara Husen memang benar-benar merdu, ya? Begitu juga dengan status yang ditulis oleh sang guru, Atmon Mohi. Meski dia sendiri pun nggak tahu apa yang terjadi pada muridnya itu, dia lantas mendoakan kebaikan untuk Husen.

…suaranya yg merdu dan tartil yg mnurut sy sangat mnyentuh.. mmbuat hati ini membuncah tak karuan.. tak trasa saya pun ikut larut dalam bacaannya dan tak kuasa mmbendung air mata ini. Entah apa yg ada dlm pikirannya.. air matanya terus mengalir sampai ia menyelesaikan surah trsebut.. smoga Allah mmberikan kemuliaan padamu dan kedua org tuamu aamiin ya Rabbul alamiin.

Reaksi dari warganet atas video ini pun beragam. Tapi mayoritas menyanjung si murid yang bersuara emas sih

Salut! via www.facebook.com

Warganet pun mengakui suara indah Husen.

Rasanya hukuman seperti ini layak untuk diterapkan di dalam kelas sekolah manapun deh, kecuali bagi mereka yang bukan muslim loh, ya!

Daripada dihukum begini? via reoncomics.com

Kalau dipikir-pikir, memberi hukuman seperti ini memang menarik dan jauh lebih mendidik sih, daripada harus memberi sanksi bernyanyi atau push up dalam kelas formal, apalagi yang nggak ada hubungannya dengan seni musik atau olah raga. Rasanya hukuman seperti ini patut dicoba dalam kelas-kelas di sekolah manapun yang memang beragama Islam. Jauh lebih bermanfaat, bukan?

Nah, kalau kamu sendiri, dulu sering banget dapat hukuman apa dari gurumu? Share di kolom komentar dong. Siapa tahu bisa jadi inspirasi para pengajar muda. Atau paling nggak, bisa jadi bahan nostalgia kita semua!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya