Sadiq Khan (45) terpilih sebagai wali kota London pertama yang beragama muslim. Sadiq mengalahkan lawannya, yakni Zac Goldsmith (41) pada pemilihan umum wali kota London baru-baru ini. Kemenangan Khan tak hanya menginspirasi umat muslim sedunia, tapi juga diharapkan dapat memberi angin segar bagi situasi politik Inggris (Eropa) yang sempat diguncang isu islamophobia. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari seorang Sadiq Khan. Bagaimana Sadiq akhirnya berhasil menduduki jabatan penting di ibu kota Inggris tersebut tentu membutuhkan usaha yang nggak mudah. Karenanya kali ini Hipwee bakal merangkum profil singkat seorang Sadiq Khan yang menginspirasi.

1. Kamu layak tahu kalau Sadiq Khan bukan berasal dari keluarga kaya, melainkan lahir dari keluarga kelas menengah di London.

Sadiq Khan, wali kota London pertama yang beragama Muslim. via www.mirajnews.com

Untuk kamu yang punya cita-cita tinggi menjadi pejabat tinggi, sosok Sadiq Khan layak kamu jadikan panutan. Sadiq datang dari keluarga kelas menengah. Orangtuanya adalah imigran dari Pakistan. Sang ayah adalah seorang sopir bus merah khas London. Sementara ibunya adalah seorang penjahit. Khan menamatkan pendidikannya di bidang hukum University of North London. Lalu pada tahun 1994 ia bekerja sebagai pengacara di firma hukum Christian Fisher. Konsentrasi Khan sebagai pengacara adalah pada bidang pembelaan hak asasi manusia. Prestasi Khan yang berhasil menduduki kursi sebagai wali kota London sangat menginspirasi warga muslim lainnya yang juga punya mimpi yang sama seperti Khan. Mungkin kamu adalah salah satunya.

2. Saat prosesi pelantikan sebagai walikota, Khan membawa sendiri Al Quran yang lantas ia hadiahkan untuk istana Buckingham.

Ayah Sadiq Khan adalah seorang sopir bus. via aceh.tribunnews.com

“Pihak istana bertanya saya ingin dilantik di bawah Injil apa? Saya menjawab: ‘Saya Muslim dan saya bersumpah di bawah Al Quran,” ujar Khan

via internasional.kompas.com.

Advertisement

Ada cerita menarik saat prosesi pelantikan Khan sebagai wali kota London tersebut. Sebelum prosesi pelantikan berlangsung, pihak istana Buckingham menanyakan pada Khan perihal ia akan dilantik di bawah Injil apa, Khan menjawab dengan diplomatis bahwa ia ingin bersumpah di bawah Al Quran. Sayangnya Istana Buckingham tak memiliki Al Quran. Khan pun akhirnya membawa Al Quran sendiri untuk prosesi pelantikannya. Setelahnya Al Quran tersebut sengaja Khan tinggalkan di istana untuk orang selanjutnya.

3. Kepemimpinan Khan di London diharapkan dapat menyejukkan situasi politik Eropa yang dilanda islamophobia.

Seperti yang kita ketahui, Eropa dilanda islamophobia. via www.jurnalislam.com

Khan mulai berkantor sebagai wali kota London pada Senin kemarin (9/5/2016). Kepemimpinan Khan sebagai wali kota London diharapkan dapat mengurangi tensi penduduk Inggris dan Eropa secara keseluruhan yang tengah dilanda phobia terhadap Islam. Belum lagi pengeboman di Brussel dan teror bom di Paris tahun lalu yang sedikit banyak semakin merusak citra Islam sebagai agama yang cinta damai. Semoga benar adanya jika Khan bisa memperbaiki citra Islam, sekaligus juga menyebar pesan damai pada dunia.

4. Sebelumnya Khan sempat menjabat sebagai menteri komunikasi dan menteri transportasi lho.

Khan sebelumnya menjabat sebagai menteri komunitas yang kemudian menjadi menteri transportasi. via www.bbc.com

Pada tahun 2008, Perdana Menteri Inggris waktu itu, Gordon Brown menunjuk Khan sebagai menteri komunitas. Sebelum akhirnya ia ditunjuk sebagai menteri transportasi. Sepak terjang Khan di kancah politik Inggris patut diacungi jempol. Oleh karena ia adalah muslim pertama di Inggris yang berhasil menduduki posisi sebagai menteri. #standing applause.

Selamat kepada Sadiq Khan yang dilantik sebagai wali kota London. Semoga Khan bisa memperbaiki citra Islam dan menyebar pesan damai pada dunia. 🙂