Masih ingat dengan Fakhrul Razi? Yup, dia adalah penyanyi asal Brunei Darussalam yang mulai populer di Indonesia sejak menjadi juri di salah satu ajang pencarian bakat musik dangdut di stasiun televisi swasta. Popularitasnya juga semakin menanjak sejak dikabarkan menjalin hubungan dengan salah satu artis Indonesia yang juga merupakan host di acara tersebut, Rina Nose. Sempat terdengar kabar akan naik ke pelaminan, justru Fakhrul dan Rina nggak lagi terlihat bersama. Fakhrul Razi pun tak terlihat lagi aktif di Indonesia.

Namun kemarin, nama Fakhrul Razi kembali diperbincangkan oleh netizen Indonesia. Bukan karena kariernya ataupun kisah cintanya dengan Rina Nose, tapi penyanyi asal negara tetangga ini menjadi bulan-bulanan gara-gara sebuah unggahan di akun Instagramnya. Fakhrul Razi diduga menghina Indonesia.

Masalah ini muncul saat Fakhrul Razi mengunggah fotonya dengan seorang gadis lewat akun Instagramnya

Postingan Fakhrul dengan seorang gadis via www.instagram.com

Cerita ini bermula saat Fakhrul Razi mengunggah sebuah foto kolasenya dengan seorang gadis berhijab. Caption berbentuk hati tentu membuat netizen tambah penasaran siapakah gadis yang ada di dalam foto tersebut? Beberapa penggemar Fakhrul Razi pun mempertanyakan siapa gadis itu dan mulai mempertanyakan bagaimana nasib Rina Nose. Mungkin karena netizen masih menaruh harapan kalau Fakhrul Razi benar-benar akan menikahi Rina Nose suatu saat nanti. Namun, sebuah komentar yang ditulis oleh Fakhrul Razi sendiri yang membuat netizen merasa kesal.

Beberapa netizen pun mulai mempertanyakan gadis tersebut dan bagaimana nasib Rina Nose. Lalu keluarlah komentar seperti ini

Kata-kata Fakhrul Razi via www.instagram.com

Advertisement

Melalui salah satu komentarnya di unggahan foto tersebut, Fakhrul Razi berkata pada akun yang bernama @hanaveli dengan tulisan “Cuba ko liat tu. Betapa dungunya indon ani.” Pernyataan Fahkrul Razi inipun sontak membuat netizen Indonesia merasa tersinggung. Kata “indon” selama ini sering dipakai oleh negara tetangga untuk menyebut masyarakat Indonesia. Dan yang membuat netizen semakin geram adalah kata “dungu” yang ada dalam kalimat tersebut. Jika diartikan, komentar tersebut mengatakan bahwa masyarakat Indonesia ini dungu.

Fakhrul Razi pun akhirnya memberikan klarifikasi tentang apa yang dimaksudnya dengan “dungu”

Klarifikasi Fakhrul Razi via www.instagram.com

Semakin ramai diperbincangkan oleh netizen terutama di Instagram, Fakhrul Razi pun mencoba mengklarifikasi apa yang dia maksud di komentar tersebut. Melalui unggahan yang sama, Fakhrul mengganti caption-nya dengan menjelaskan tentang siapa yang ada di foto tersebut. Dia bilang kalau cewek yang berfoto bersamanya itu adalah keponakannya. Dan ketika netizen salah paham dengan unggahan tersebut, barulah Fakhrul bilang kalau netizen tersebut dungu. Penyanyi asal negeri tetangga ini bilang kalau dalam bahasa Brunei, dungu itu bisa diartikan “bodo amat” atau “i don’t care“. Sedangkan di Indonesia dungu sama artinya dengan bodoh atau tolol.

Padahal, lewat mesin pencarian Google aja, dungu dalam bahasa melayu sama artinya dengan dungu dalam bahasa Indonesia

Hasil googling via www.instagram.com

Merasa bahwa itu hanya pembelaan, netizen benar-benar serius menanggapi kata “dungu” ini. Apakah benar di Brunei kata “dungu” berarti “bodo amat”. Berdasarkan arti kata “dungu” yang diterjemahkan dari bahasa melayu ke bahasa Indonesia, pengertian “dungu” dalam bahasa melayu sama artinya dengan “dungu” dalam bahasa Indonesia. Hmm, kalau Brunei pakai bahasa melayu berarti “dungu” yang dimaksud Fakhrul Razi sama dong dengan yang diartikan dalam bahasa Indonesia?

Merasa dihina, netizen pun geram dengan Fakhrul Razi hingga mengeluarkan tagar #boikotfakhrulrazi

Netizen geram via www.instagram.com

Nggak terima dengan ucapan Fakhrul Razi, netizen Indonesia pun memprotes dan menjadikannya sebagai bulan-bulanan. Bagaimanapun, mereka nggak terima kalau Indonesia dibilang dungu. Saking geramnya, bahkan mereka meramaikan Instagram dengan tanda pagar (tagar) #boikotfakhrulrazi. Netizen mengingatkan bahwa selama ini Fakhrul Razi populer karena Indonesia dan mencari nafkah di sini. Para netizen pun ikut melaporkan akun Instagram Fakhrul Razi sebagai spam dan berharap pihak official Instagram menghapus akun ini. Mereka sepertinya benar-benar sakit hati gara-gara ucapan Fakhrul Razi tersebut.

Tapi ini sih komentar sederhana paling kocak:

Marlina5511: “Penyanyi ra terkenal”

Intinya guys, mulutmu harimaumu. Sebagai pengguna media sosial yang bijak, kita harus hati-hati dalam menggunakannya. Kasus seperti ini mungkin bukan yang pertama kali menimpa seorang publik figur. Jadi, sebelum mengatakan sesuatu, pikir dulu baik-baik ya biar efeknya nggak kayak begini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya