Siapa sih yang nggak tahu Rizky Firdaus Wijaksana? Oke, kalau kamu nggak tahu, pasti deh kamu familiar sama “nama panggung”-nya, Bang Uus? Yup, komika satu ini sering banget kita lihat aksi lawaknya dan juga bakat presenternya di beberapa stasiun televisi. Materi standup yang suka bikin kita ketawa sampai lupa sama mantan ini *lhaaaa*, kadang suka menyinggung tentang dunia K-Pop. Pernah juga sebelum mulai, lagu pengiringnya diambil salah satu dari boyband Korea.

Meskipun begitu, para K-Popers yang idolanya disebut sama bang Uus ketika dijadiin materi standup biasa aja nggak tersinggung. Tapi, kayaknya kesabaran ini nggak berlaku deh kalau dia gak menyampaikannya secara lisan. Tadi malam (28 Februari 2016), Bang Uus jadi sorotan karena cuitannya yang berhasil menggiring para K-Popers menyerbu Twitter. Tagar #RIPUus pun menjadi trending topic deh pada 28 Februari 2016 kemarin.

Awalnya sederhana…

Entah kesamber apa, Bang Uus berkomentar soal cewek berhijab yang nonton konser K-Pop. “Lebih banyak dari yang nonton Sulis,” katanya

ini nih awal mulanya via www.kaskus.co.id

Terkadang suka ngebayangin lebih banyak mana, hijabers yang nonton konser Sulis atau yang nonton konser Suju :))) banyakan yang Suju sih

Advertisement

Bang Uus mungkin heran, kenapa yang datang ke konser KPop itu banyak cewek berhijab ya? Dia pun tergelitik buat bertanya, kenapa konser musisi muslim seperti Mbak Sulis nggak seramai kalau nonton konser Korea?

Yah… sebenarnya ini banyak alasannya sih. Bisa karena beberapa hal, salah satunya karena K-Pop adalah industri musik yang punya dana promosi besar-besaran. Wajarlah fans-nya banyak. Dan karena ini Indonesia, yang banyak cewek muda berhijabnya, wajar-wajar aja ada cewek berhijab yang nge-fans sama K-Pop.

Atau mungkin karena musisi Muslim seperti Sulis adalah produk dalam negeri , jadi tanggapan kita biasa aja kalau mereka konser. Berbeda dengan artis Korea yang belum tentu setahun sekali mengadakan konser di Indonesia.

Menurut bang Uus, cewek berhijab lebih baik melakukan kegiatan yang banyak mengandung unsur nilai keagamaan

bang, kita ‘kan juga butuh motivasi dari berbagai hal yang gak melulu dari halaqah 🙁 via www.saibumi.com

Bagi Bang Uus, kalau udah berhijab itu lebih baik berperilaku dan melakukan aktivitas yang ada nilai-nilai Islamnya. Misalnya aja nonton Mamah Dedeh.

Ada gitu hijabers yang sampe pingsan nonton Mamah Dedeh?

Karena lagi-lagi Mamah Dedeh itu orang Indonesia dan bisa dengan mudah kita temui asal rajin ikut ceramahnya, kita bakal sering ketemu dengan Mamah. Jadi, nggak mesti menunggu atau berharap bertahun-tahun untuk bertemu Mamah Dedeh, nggak kayak artis KPop. 🙁

Bang Uus juga bilang: Mendingan lihat cewek berpakaian sexy di tempat dugem sambil mabok daripada lihat cewek berhijab di konser Korea sambil nangis-nangis. Yah bang, kita kan juga manusia. Perasaan yang sensitif ini muncul gitu aja saat kita melihat idola secara langsung

mungkin sebelum foto bareng, mbak Kahiyang Ayu juga galau-rindu-merana bakal bisa nonton mereka apa gak 🙁 via www.kapanlagi.com

Yang histeris ketemu penyanyi atau aktor favorit kan nggak cuma kita yang berhijab, tapi juga yang lainnya juga. Mungkin karena kita berhijab ini jadinya dilihat aneh dan dipandang sebelah mata ya Bang? Tapi jujur deh, hal itu muncul gitu aja tanpa disadari kok. Namanya kita juga manusia, masih banyak salah dan belajarnya. Mungkin ada hal-hal yang udah kita perbaiki tapi ada juga yang belum.

Berarti kalau berhijab gak boleh baca novel, bolehnya baca Al Qur an aja? Atau gak boleh belajar matematika, bolehnya hafalin tajwid aja? Atau gak boleh ke Wae Rebo dan Papua, bolehnya ke Mekkah aja gitu, Bang?

atau pergi ke paris juga gak boleh kali ya? 🙁 via weheartit.com

Kalau nonton konser dimasalahin, berarti merembet ke hal lainnya dong bang? Sama aja kayak kita yang seharusnya lebih banyak membaca Al Qur an dan buku-buku keislaman, atau nggak boleh belajar ilmu eksak karena lebih baik hafalin ilmu tajwid. Atau jangan-jangan kita juga kalau ke luar negeri bolehnya ke Mekkah sama Madinah aja dibanding ke Bali, Lombok, dan Medan?

Bang, kalau gitu kapan kita bisa melihat dan menilai berbagai hal di dunia tanpa mencoba mengenal mereka lebih jauh? Dengan begitu bukannya pandangan dan ilmu yang didapat jadi lebih luas? Dari artis K-Pop kita juga bisa terinspirasi kok, terutama sama kegigihan mereka 🙁

Dari tweet war yang cukup panjang, sebenarnya kritik bang Uus ditujukan ke cewek berhijab yang nonton konser sekuler, termasuk Justin Bieber dan One Direction. Jadi gak cuma K-Pop

maksudnya bang Uus gak cuma ke KPop aja, tapi juga ke konser lainnya via imgflip.com

Sebenarnya bang Uus ini memberikan opini nggak hanya untuk cewek berhijab yang suka Korea aja, tapi juga artis-artis luar negeri lainnya, seperti para fans Justin Bieber dan One Direction. Sayangnya dari awal bang Uus udah menyebut K-Pop, yaudah deh jadinya tweet war ini kebanyakan menyinggung K-Pop. Berikut ini tweet bang Uus yang menegaskan kalau fokusnya ke cewek berhijab, bukan K-Pop ya.

Dari @fadriaa

Kenapa jadi bawa-bawa Korea ya?

Jawaban bang @Uus_

Konteksnya hijab mbak, tolong dibaca sedikit

Atau ada lagi:

Dari @Priscillantsh

Terus cewek hijab yang nangis-nangis di konser 1D, JB, Taylor Swift, dan lain-lain gimana ka? Kenapa cuma KPop? Haha.

Jawaban bang @Uus_

Sama aja, asli dah, makanya dari awal konteks gua mah cuma hijab, bukan idolanya.

Kata bang Uus lagi: Kalo lo pake hijab ya liat dulu idola lo, ingetin mereka biar ga idup seenaknya lagi, bisa ga?

pak Jokowi juga, nemenin mbak Kahiyang 🙁 via twitter.com

Ini latar belakang kenapa bang Uus lebih suka cewek berhijab mengidolakan tokoh muslim atau figur artis yang terkenal dengan keislamannya daripada artis KPop:

Kesannya gua jahat yaudah gapapa, nih gua mah ngingetin doang, artis-artis Korea lo itu ga semuanya bener.

Ada yang narkoba, ada yang seks bebas, ada yang nabrak orang, ada yang gay, terus emang lo gatau? Tau dong. Kok masih ngefans?

Kok ga ngasih tau mereka, bang G-Dragon jangan narkoba dong, bang Siwon jangan homo dong, ngga kan?


Karena udah bawa KPop, yang menyerbu akun bang Uus gak cuma yang berhijab aja deh, para fans Korea yang lainnya pun juga.

yang tadinya twitter sepi, jadi ramai lagi deh via www.kpopchart.net

Cuitan bang Uus yang menyebut beberapa anggota boyband Korea memiliki beberapa perilaku negatif mendapat respon cepat dari para fans KPop. Fans Korea itu di belahan dunia manapun udah terkenal banget dengan kegigihan dan kesetiaannya sama idolanya.

Namun, nggak hanya di Indonesia aja yang responnya seperti itu. Terlebih lagi di negara asalnya sana. Makanya tweet bang Uus ini sampai menimbulkan hastag #RIPUus yang sempat menjadi trending topic di Twitter.

Yang komen pun nggak hanya yang berhijab karena fans Korea nggak sebatas itu aja. Fans Korea punya latar belakang yang beragam. Ada yang berhijab, ada yang nggak, ada yang Islam, ada yang beragama lain. Kalau udah idolanya disinggung, wah jangan kaget lihat respon para fans Korea deh.

Tweet war yang dimulai dari 27 sampai 28 Februari 2016 ini pun diakhiri bang Uus dengan kalimat permintaan maaf

kata bang Uus tolong maafin yah via imgflip.com

Yaudah gua minta maaf yak kalo caranya keliatan kasar, urusan Korea mah gua ga hatam hatam amat, tapi gua suka film sm beberapa boyband nya.

Makasih gua minta maaf kalo kasar tapi ya gua emg begitu, kaga mau palsu.

Kalo caranya keliatan kasar, Bang Uus minta maaf tuh… (Kalo nggak keliatan kasar, nggak jadi minta maaf. Hehehe)

Beberapa kali Bang Uus udah minta maaf. Namun, ternyata kehebohan ini belum selesai.

Sekarang gua minta maaf soal opini gua yang mungkin kurang diperhalus, nih gua minta maaf ke semua pihak KPop yang keusik :).

Sampe banyak yang ngasih gua email untuk minta maaf sm gua bilang gua udah minta maaf, tapi yang ditanyain ya itu itu lagi :).

Mungkin kalau penyampaiannya sambil standup bukan dari cuitan di Twitter gak bakal seheboh ini kali ya, Bang? 😀

mungkin tanggapannya akan beda kalau dicuitnya via standup via imgflip.com

Hmm kalau opini bang Uus ini disampaikannya secara lisan sambil standup, mungkin nggak bakal seheboh ini hingga jadi trending topic. Dengan pembawaan standup yang banyak mengandung humor, tentu berbeda dengan kata-kata dalam tulisan yang setiap orang bisa menanggapinya berbeda. Karena kalau standup, dari cara memainkan nada suara dan gerak-gerik aja udah bisa bikin ketawa, berbeda dengan tulisan yang kadang harus sinis dan tajam.

Inti komentar Bang Uus buat cewek yang berhijab adalah… jangan lupa ibadah, mungkin gitu. Tapi sebenarnya, mau nonton konser apapun juga nggak papa, ‘kan, Bang Uus? Perkembangan zaman membuat kita ingin melihat dan memandang hal-hal lain di dunia dari berbagai sudut pandang. Termasuk kita yang berhijab.

Terus, kalau kata Bang Uus G-Dragon nggak pantes diidolakan karena hal negatifnya itu, kita mengidolakannya karena sejak SD dia berlatih keras menulis lirik dan aransemen lagu.

Orang kayak Bang Uus pasti tahu apa artinya kerja keras, kan, Bang? Jadi lain kali hati-hati ya Bang kalau ngomong. Kritik yang lain aja deh, koruptor atau apa kek. Ngapain juga sih komentarin cewek berhijab? 😉