Tanggal 29 Februari tidak hadir setahun sekali di kalender. Tanggal ini khusus hadir 4 atau bahkan 8 tahun sekali, dengan catatan tahun tersebut harus habis dibagi 4 dan 400. Khususnya bisa dibagi 4.

Misalnya, tahun 2000 sudah pasti tahun kabisat. Sementara tahun 2016, walaupun tidak bisa dibagi 400, tetap termasuk tahun kabisat.

Betapa spesialnya tanggal ini mungkin dirasakan kamu yang lahir di tanggal ini ya. Nah, kali ini Hipwee bakal ngasih kado untuk kamu yang lagi ultah hari ini. Kadonya berupa fakta-fakta unik soal 29 Februari. Dibaca ya kadonya.. šŸ˜‰

1. Merayakan ulang tahun setiap 4 tahun sekali membuatmuĀ merasa awet muda. Iya, karena umurmu bertambah setiap 4 tahun sekali aja.

Kamu berasa awet muda, karena umurmu bertambah tiap 4 tahun sekali aja. hehe. via www.kaskus.co.id

Kamu memang tetap bisa merayakan ulang tahun tiap tahun, tapi untuk dirayakan secara resmi (ikutin kalender maksudnya) setiap 4 tahun sekali. Biasanya kamu suka dibercandain sama teman-teman kalau umurmu juga bertambahnya setiap 4 tahun sekali.

Advertisement

Misalnya sekarang umurmu aslinya 20 tahun, tapi dibilangnya masih 4 tahun. Atau banyak yang bilang, setiap ultah umurmu ga menambah 1 tahun, tapi 1/4 tahun aja. Hehehe. Awet muda kan?

2. Ulang tahun tanggal 28 Februari membuatmu bisa dirayakan dua hari. Dapet kadonya juga lebih banyak

Selain orang gampang inget dengan ultahmu, kamu juga dirayain 2 hari sekaligus lho! via creatememe.chucklesnetwork.com

Ulang tahun dirayain dua hari berturut-turut? Asyik kan? Kamu yang lahir tanggal 29 Februari terkadang suka bingung saat ultah di tahun biasa. Akhirnya kamu bilang minta diucapin tanggal 28 Februari aja. Malah nggak sedikit yang bercanda dengan sengaja ngucapinnya tanggal 1 Maret aja. Sementara kamu diucapin tanggal 28 Februari atau 1 Maret, nggak masalah. Kamu tetap senang.

3. Banyak mitos seputar 29 Februari dan tahun kabisat. Contohnya di Italia.Ā Anno bisesto, anno funesto. Tahun kabisat, tahun sial.

Tahun kabisat adalah sial? Itu kan hanya sebuah peribahasa di Italia. via robotania.com

Banyak mitos ya seputar tahun kabisat ini. Banyak negara di Eropa yang punya mitos tentang tahun tersebut. Salah satunya Italia yang punya peribahasaĀ anno bisesto, anno funesto. Yang punya arti tahun kabisat adalah tahun sial. Oke, ini hanya mitos ya. Karena kesialan dan keberuntungan itu bisa terjadi di tahun mana saja.

4. Ada juga mitos yang bilang kamu yang terlahir 29 Februari akan lahir dan meninggal di hari yang sama

James Milne Wilson. via www.parliament.tas.gov.au

Setidaknya hanya ada satu orang yang tercatat lahir dan meninggal pada tanggal 29 Februari. Yakni James Milne Wilson, seorang pemimpin Tasmania. Dia lahir pada tanggal 29 Februari 1812 dan meninggal tanggal 29 Februari 1880. Bisa jadi itu hanya kebetulan semata ya.

5. Lahir 29 Februari itu spesial. Karena banyak tokoh dunia yang lahir di tanggal ini.

Lord Byron via the-toast.net

Nah, khusus untuk mitos yang satu ini kamu boleh percaya. Kalau kamu yang terlahir pada tanggal 29 Februari adalah pribadi yang spesial, istimewa. Karena banyak tokoh dunia sukses yang lahir pada tanggal ini. Contohnya pencipta puisi Lord Byron, rapper Ja Rule, dan atlet football Darren Ambrose. Termasuk kamu, iya kamu. Ultah dirayakan 4 tahun sekali, tentu kamu juga spesial bukan? šŸ™‚

6. Tahukah kamu kalau tanggal 29 Februari para cewek punya ā€˜hakā€™ khusus untuk melamar. Nggak perlu menunggu lagi

Kamu boleh melamar cowok lho, khusus hari ini aja. via www.thetwoangles.com

Sebuah buku yang berjudulĀ Courtship, Love, and MatrimonyĀ di tahun 1606 menyebutkan bahwa pada tanggal 29 Februari adalah hari khusus bagi kamu para cewek. Karena pada hari itu kamu dibolehkan untuk melamar cowok. Kamu juga diharapkan untuk memakai gaun merah saat melamar cowok tersebut. So, kamu berminat?

8. Kalau sampai cowok yang kamu lamar menolak kamu berhak mendapat kompensasi senilai 1 poundsterling, sebuah ciuman, atau gaun sutra.

Kalau ditolak, kamu tinggal pilih mau dikompensasi pakai apa? via community.sparknotes.

Sementara kalau kamu ditolak sama cowok yang kamu lamar, kamu nggak perlu nangis bombay. Karena dia bakal memberikan kompensasi buatmu. Senilai 1 poundsterling a.k.a 20 ribu-an rupiah. Murah banget ya? Jika nggak berupa uang, dia bakal memberimu sebuah ciuman atau gaun sutra. Ayoo kamu pilih yang mana?

9. Kalau di Yunani menikah pada tahun kabisat sangat tidak disarankan. Mitosnya sih membawa kesialanā€¦..

1 dari 5 pasangan yang sudah bertunangan bakal memilih untuk tidak menikah di tahun kabisat. via allpix.club

Di Yunani juga hampir punya tradisi yang hampir sama dengan kita. Yakni masih percaya akan hari baik dan tidak baik untuk menikah. Di Yunani, setidaknya satu dari 5 pasangan yang sudah bertunangan memilih untuk tidak menikah di tahun kabisat. Hal tersebut dikarenakan mereka masih percaya kalau menikah pada tahun kabisat membawa kesialan. Okeh, kembali ke pasal satu. Mitosnya. Hmm.. percaya nggak ya?

Bagaimana kado dari Hipwee-nya? Mungkin di antara tulisan ini terselip mitos yang nggak mengenakkan ya. Tapi itu hanya sekadar mitos kok. Kamu harus yakin kalau yang terlahir pada tanggal 29 Februari itu istimewa dan unik.

Okeh, selamat ulang tahun buat kamu. Kamu yang hari ini ulang tahun! Hipwee doakan yang terbaik buat kamu. šŸ™‚