Tubuh manusia memang unik. Tanpa kita sadari, banyak hal ajaib yang terjadi setiap harinya pada tubuh kita ini. Kamu juga mungkin gak tau kalo ternyata banyak hal luar biasa yang bisa dilakukan manusia. Beberapa fakta di bawah ini mungkin sulit untuk dipercaya, tapi hal-hal ini memang nyata terjadi di tubuh kamu saat ini.

1. Ujung jari manusia sangat sensitif. Bahkan jika ukuran jarimu sebesar bumi, kamu masih bisa merasakan bedanya rumah dan mobil.

Sensitifnya jari manusia via wittynity.blogspot.com

2. Rata-rata panjang pembuluh darah manusia mencapai 96 ribu kilometer, sama dengan 2,5 kali keliling bumi.

Pembuluh darah manusia via theantiagingguy.com

3. Mata manusia sangat sensitif. Seandainya bumi ini datar, kamu bisa melihat kelip cahaya lilin dari jarak 50 kilometer.

Mata manusia mampu memandang jauh via txstateu.wordpress.com

4. Impuls saraf bergerak dari dan menuju otak dengan kecepatan 400 km/jam, jauh lebih cepat dari mobil Formula-1.

Impuls saraf melaju dengan kecepatan 400km/jam via www.ck12.org

5. Ketika pipimu merona malu, garis perutmu juga ikut merona lho.

Advertisement

Perut juga bisa merona via jezebel.com

6. Otak manusia bisa membaca sampai 1.000 kata per menit.

Otak bisa membaca sampai 1.000 kata per menit via abcnews.go.com

7. Di dalam pusarmu, terdapat ribuan bakteri yang membentuk ekosistem yang kekayaannya setara dengan sebuah hutan hujan tropis.

8. Saat jatuh cinta, otak manusia melepaskan campuran neurotransmiter dan hormon yang serupa dengan amfetamin, yang mengakibatkan meningkatnya detak jantung, kehilangan nafsu makan dan susah tidur, serta rasa senang.

Jatuh cinta bikin bahagia via rap.genius.com

9. Kamu sebenarnya bisa melihat sinar ultraviolet. Hanya saja, kemampuan ini difilter oleh lensa mata. Beberapa orang yang menjalani operasi untuk mengangkat lensa sanggup mendeteksi cahaya UV.

Sinar ultraviolet via www.wisegeek.com

10. Manusia dewasa terdiri dari 7.000.000.000.000.000.000.000.000.000 (7 oktilion) atom. Sebagai perbandingan, alam semesta “hanya” memiliki 300 milyar bintang.

atom di tubuh manusia jauh lebih banyak dari jumlah bintang via www.skinbase.org

11. Otot manusia ternyata jauh lebih kuat dari yang kita kira. Kekuatannya dibatasi untuk melindungi tendon dan otot dari kerusakan. Batasan ini ternyata bisa dihilangkan pada keadaan “adrenaline rush“, di mana beberapa orang bahkan bisa mengangkat batu besar atau mobil sendirian.

Otot manusia sangat kuat. via strengthrules.com

12. Manusia adalah pelari jarak-jauh terbaik di bumi, lebih baik dari hewan berkaki empat. Faktanya, ribuan tahun yang lalu manusia biasa mengejar mangsanya sampai mangsanya mati kelelahan.

Manusia adalah pelari jarak jauh terbaik via thorpetriathlon.com

13. Seluruh rambut yang tumbuh di kepala seorang manusia mampu menahan bobot hingga 12 ton.

Rambutnya bisa menahan beban 12 ton via www.bhwallpapers.net

14. Dalam 30 menit, tubuh manusia menghasilkan panas yang cukup untuk mendidihkan 3,5 liter air.

Panas yang dihasilkan tubuh bisa mendidihkan air via www.couponclippingcook.com

15. Kita memiliki jumlah rambut yang sama dengan seekor simpanse, hanya saja sebagian besar gak bermanfaat dan gak terlihat.

Rambut manusia sama banyaknya dengan simpanse via www.skynclinic.com

16. Atom-atom yang membentuk tubuh manusia saat ini sama dengan atom yang terbentuk pada big bang 13,7 milyar tahun yang lalu.

Big bang membentuk atom via www.universetoday.com

17. Tulang manusia sama kuatnya dengan batu granit. Sekotak tulang seukuran kotak korek api mampu menahan beban sampai 9 ton.

Kekuatan tulang manusia setara granit via www.npr.org

18. Jika otak manusia adalah sebuah komputer, ia bisa memproses 38.000 triliun tugas setiap detiknya. Superkomputer terkuat saat ini, BlueGene, hanya mampu memproses 0,002%-nya saja.

Superkomputer BlueGene via www.bluesci.org

19. Otot siliaris yang bertugas mengatur fokus mata bergerak lebih dari 100.000 kali tiap hari. Untuk memberi kakimu latihan yang setara, kamu harus berjalan minimal 80 km.

Anatomi mata via www.dragonmom.net

20. Untuk setiap penambahan berat badan sebesar 0,5 kilogram, pembuluh darah di tubuhmu bertambah panjang 11 kilometer.

Tambah berat? via www.blisstree.com

21. Manusia memiliki 50 persen DNA yang sama dengan buah pisang.

50% DNA kita sama dengan ini via www.youbabyandi.com

22. Perasaan kesepian bisa menimbulkan rasa sakit secara fisik. Seperti halnya kamu tergerak untuk menghindari rasa sakit fisik, kamu juga harus punya rangsangan yang sama untuk berhubungan dengan orang lain dan menemukan pertemanan, dengan tujuan untuk menghindari rasa sakit karena kesepian.

Kesepian itu menyakitkan via guidingpositivechange.com

23. Sebuah sel sperma manusia mengandung 37,5 mb dari DNA pria yang diperlukan untuk membuat seorang anak manusia. Itu berarti dalam sekali ejakulasi, manusia rata-rata mentransfer 1.500 terabit informasi.

Sperma: pembawa informasi DNA via aeon.co

24. Manusia menghasilkan cahaya sendiri dan berpendar dalam gelap. Cahaya yang kita pancarkan 1000 kali lebih lemah daripada cahaya yang bisa ditangkap mata manusia.

Tubuh kita nyala dalam gelap via dusuneninsanlaricin.com

25. Manusia membuang 20 kilogram kulit selama hidupnya dan mengganti seluruh kulit ari tubuhnya setiap bulan.

Kulit manusia via www.wired.co.uk

26. Dalam sehari, darahmu bergerak sejauh 20.000 kilometer, setara empat kali panjang wilayah Indonesia.

27. Sel syaraf yang terhubung di otak kita memiliki struktur yang serupa dengan struktur alam semesta.

Otak manusia seperti alam semesta via risinglifepress.com

28. Sekitar 90% dari sel yang membentuk manusia bukanlah “manusia” pada mulanya, sebagian besar adalah jamur dan bakteri.

Sel manusia awalnya adalah jamur dan bakteri via wallpoper.com

29. Bersama dengan lima indera yang kita kenal, seperti pendengaran, penglihatan, penciuman, perasa, dan peraba, manusia memiliki 15 “indera” lain. Ini termasuk keseimbangan, suhu, rasa sakit, dan waktu serta rasa sesak, haus, dan kenyang.

Indera manusia via www.dentalorg.com

30. Tubuh kita mengandung 0,2 miligram emas, sebagian besar di dalam darah. Untuk mengekstrak emas seberat 8 gram, dibutuhkan darah dari 40.000 orang.

Manusia mengandung emas via www.businessinsider.com

31. Otak manusia menggunakan 20% dari total oksigen dan kalori yang masuk ke dalam tubuh, meskipun bobotnya cuma 2% dari keseluruhan bobot tubuh.

Otak manusia via mcb.berkeley.edu

32. Beberapa wanita melihat lebih banyak warna dibanding orang lain. Kebanyakan orang memiliki 3 tipe reseptor mata untuk membedakan warna, sementara mereka memiliki 4 sampai 5 tipe reseptor.

Rata-rata manusia punya 3 tipe reseptor warna via www.todayifoundout.com

33. Sebuah kondisi yang disebut synesthesia menyebabkan indera-inderanya menjadi tumpang tindih. Dengan kata lain, pengidapnya bisa mencecap kata atau mendengar warna.

Mencecap warna via www.npr.org

34. Kebutuhan untuk bernapas terus-menerus terjadi karena CO2 menumpuk jauh lebih banyak dibandingkan kebutuhan tubuh kita akan 02. Jika ada cara lain untuk menyingkirkan CO2 dalam darah, kita cukup bernapas sekali dalam semenit.

Bernapas untuk membuang penumpukan karbon dioksida via www.theooda.com

35. Menangis meredakan stres dan mengurangi perasaan sedih atau marah. Secara fisik, menangis bisa benar-benar membantu membuatmu lega.

Menangis itu melegakan via www.liveyourmagic.com

36. Kita memproduksi airmata dengan struktur yang berbeda, tergantung alasan kita menangis. Ketika dilihat lewat mikroskop, menangis karena berduka, sukacita, atau gara-gara bawang memproduksi airmata yang berbeda.

Airmata duka via www.rose-lynnfisher.com

Airmata harapan via www.rose-lynnfisher.com

Airmata bawang via www.rose-lynnfisher.com

Ajaib banget, ‘kan? Maka dari itu, syukurilah semua yang udah Tuhan karuniakan buat kita, apapun keadaannya. Sayangi dirimu, sayangi tubuhmu. Jangan merusaknya dengan hal-hal yang gak positif.