Seperti layaknya sebuah perlombaan, akhir-akhir ini beberapa artis dalam waktu yang berdekatan membuka usaha di bidang kuliner berupa oleh-oleh kekinian pada sebuah kota. Meski pada kenyatannya, artis tersebut bukan berasal dari kota di mana mereka membuka gerai usahanya tersebut. Fenomena ini kian menarik karena terdapat banyak kemiripan baik dari segi promosi, packaging, bentuk kuenya, rasa dan juga pemberian nama oleh-oleh yang dimaksud.

Rasanya memang sedikit janggal, mengingat mereka tidak mendirikan usaha ini bersama-sama. Tapi apa yang disajikan dari usaha oleh-oleh milik artis yang satu tidaklah berbeda dengan artis yang lainnya. Sampai ada asumsi yang bermunculan bahwa sebenarnya usaha ini adalah milik seseorang yang menjadikan para artis ini hanya seorang brand ambassador saja, bukan pemilik usaha seutuhnya. Tidak lain dan tidak bukan, tentu saja ini bertujuan untuk mendongkrak omzet penjualan.

Faktanya, selalu saja terlihat antrian di tiap gerai usaha oleh-oleh para artis ini. Yah, jelas saja, selain faktor media sosial, ketenaran mereka sebagai figur publik jelas menjadi poin penting mengapa usaha kuliner yang dijalani menjadi sangat menggiurkan. Nah, siapa saja sih artis yang punya usaha oleh-oleh kekinian ini?

1. Teuku Wisnu menjadi yang pertama membuka usaha jenis ini. Malang Strudel bisa dibilang jadi trendsetter oleh-oleh kekinian yang kemudian diikuti banyak artis lainnya

Bisa dibilang, Teuku Wisnu-lah yang jadi pelopor artis dengan usaha kuliner oleh-oleh kekinian. Usaha milik suami Shireen Sungkar ini memiliki banyak varian rasa yaitu apel, pisang cokelat, keju, stroberi, nanas, jeruk, mixfruit dan yang terbaru ada rasa premium berupa greentea dan juga red velvet. Sejak dibuka tahun 2014 lalu, sampai saat ini Malang Strudel sudah memiliki 6 gerai dan tidak membuka cabang di kota lain.

2. Tak lama berselang, Dude Herlino membuka Jogja Scrummy. Kamu sudah pernah coba?

Advertisement

Dude Herlino mengikuti jejak Teuku Wisnu membuka gerai oleh-oleh bernama Jogja Scrummy. Dude menilai Jogja mempunyai keunikan tersendiri mulai dari budaya, sejarah, agama, sosial dan wisatanya, sehingga dipilihlah kota ini untuk membuka usaha kulinernya. Sampai saat ini sudah ada 4 gerai yang dimilikinya. Dengan beberapa varian rasa seperti taro, cokelat, keju, srikaya, mangga dan karamel, Scrummy sepertinya cukup bisa diterima oleh masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

3. Ada juga Irwansyah yang memilih Medan menjadi sasaran membuka usahanya. Katanya sih gerai Medan Napoleon selalu antri dan tak pernah sepi

Tak pernah sepi dari pembeli, Medan Napoleon memang menjadi makanan yang diburu oleh pelancong yang sedang berlibur ke Medan. Irwansyah sepertinya sangat diuntungkan dengan bisnisnya yang satu ini. Bahkan, dalam sebuah wawancara di media, ia sempat menuturkan bahwa dirinya sampai kewalahan menerima banyaknya permintaan pembeli yang membludak setiap harinya.

4. Nggak mau ketinggalan, Ricky Harun juga membuka usaha oleh-oleh bernama Bosang Makassar

Beralih ke Pulau Sulawesi, Ricky Harun juga membuka usaha oleh-oleh kekinian yang diberi nama Bosang Makassar. Rasa yang ditawarkan pun beragam seperti red velvet, lemon, keju, greentea, durian, cokelat dan pisang. Kalau kamu ke Makassar, bisa dicoba nih oleh-oleh yang satu ini. Biar jadi anak kekinian.

5. Masih di kota yang sama, Irfan Hakim dengan tampilan yang berbeda mempunyai usaha oleh-oleh dengan sebutan Makassar Baklave

Ini adalah usaha oleh-oleh kekinian dari artis dengan tampilan yang paling berbeda. Tidak memanjang seperti yang lain, Makasasar Baklave milik Irfan Hakim berbentuk bulat dengan potongan segitiga seperti pizza. Ada 4 varian rasa diantaranya adalah oreo blast, royal chocolate, nutty fruity, dan rich cheese.

6. Beranjak ke Borneo, ada Lamington Pontianak kepunyaan Glenn Alinskie. Dari fotonya sih kayaknya enak banget

Glenn Alinskie nggak mau ketinggalan. Memilih Pontianak sebagai tempat dibukanya usaha oleh-oleh yang dirintisnya, Glenn memberi nama Lamington Pontianak. Kalau mau ke sana, kamu harus catat jam bukanya yang dibagi menjadi tiga sesi yaitu jam 7 pagi, jam 1 siang, dan jam 7 malam.

7. Zaskia Sungkar juga mengikuti jejak suami membuka gerai oleh-oleh kekinian dengan label Surabaya Snowcake

Mengikuti jejak suaminya. Zaskia Sungkar juga membuka gerai oleh-oleh yang diberi label Surabaya Snowcake. Dari namanya saja kita bisa menebak bahwa tampilan kue ini didominasi oleh gula halus/gula bubuk yang diibaratkan seperti salju. Sampai-sampai Zaskia sendiri mendapat panggilan Snow Queen oleh penggemar Surabaya Snowcake.

8. Pun dengan Shireen Sungkar yang baru-baru ini juga ikut membuka usaha oleh-oleh kekinian yang diberi nama Bogor Raincake. Wih, satu keluarga punya usaha semua

Shireen Sungkar juga nggak mau kalah. Lewat Bogor Raincake, dia ikut menjadi bagian dari artis yang mempunyai usaha oleh-oleh. Baru dibuka awal bulan April ini, rasa-rasanya gerai Bogor Raincake tak pernah sepi pembeli. Varian rasa yang ditawarkan pun beragam, seperti red taro, cheese vanilla, greentea ovomaltine, & crispy peanut.

9. Laudya Cynthia Bella menambah deretan artis yang mempunyai usaha di bidang ini. Gerainya bernama Bandung Makuta

Ini dia si Makuta Princess alias Laudya Cynthia Bella. Gagal dalam hubungan percintaan sepertinya berbanding terbalik di urusan bisnis. Bandung Makuta kepunyaannya terbukti laris manis. Instagramnya saja sudah mempunyai lebih dari 150 ribu followers.

10. Artis dan presenter Indra Bekti bersama istri punya Cirebon Sultana yang baru saja buka tanggal 28 April 2017 ini

Dirilis pada 28 April 2017 ini, Indra Bekti dan istrinya mencoba peruntungan di bidang usaha oleh-oleh seperti yang sudah lebih dulu dilakukan sesama rekan artis lainnya. Cirebon menjadi kota pilihan mereka. Kalau dari fotonya sih sangat menggiurkan, tapi, seperti apa ya rasanya? Apa sama lezatnya dengan oleh-oleh kekinian lainnya?

Masih ada banyak lainnya lho yang lebih nikmat, klik Halaman Selanjutnya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya