Belakangan ini ada sebuah permainan yang tengah booming di kalangan muda-mudi. Permainan untuk memanjakan jemari ini bernama fidget spinner atau hand spinner. Cara bermainnya mudah, yakni kamu cukup memegang bagian tengah yang mirip seperti roda dengan dua jari; telunjuk dan ibu jari. Lalu, putar menggunakan jari tengah, maka kamu langsung bisa menikmati permainan tersebut.

Nah, terlepas dari nama dan bagaimana cara memainkannya, siapa kira kalau dalam kenyataannya mainan satu ini punya banyak manfaat yang nggak biasa, lhoUntuk tahu apa-apa saja manfaat yang bisa dirasakan, yuk, langsung simak bareng Hipwee di bawah ini! Cekidot!

1. Seperti namanya, fidget spinner bisa membantumu untuk menghilangkan kebiasaan fidgeting

hmmm~ via aminoapps.com

Ya, seperti namanya, fidget spinner bisa banget bantu kamu yang punya kebiasaan fidgeting alias bergeraknya atau gemetar yang secara nggak sadar terjadi pada jemarimu akibat rasa gelisah, bosan, dan perasaan buruk lainnya. Fidget itu sendiri bisa terjadi karena disebabkan oleh gen atau oleh alam bawah sadarmu. Untuk itu, kalau kamu memang berniat untuk segera menghilangkan kebiasaan yang mungkin mengganggu itu, coba deh untuk rutin main hand spinner.

2. Melatih ketangkasan jari sudah pasti bisa kamu lakukan dengan permainan satu ini

bye bye kaku di jari~ via www.aliexpress.com

Advertisement

Buat kamu yang punya jari-jari begitu kaku atau sesederhana merasa gampang capek saat lagi nulis, maka bisa dipastikan kalau jari kamu kurang gerak dan kurang lentur. Nah, nggak salah banget deh rasanya untuk kemudian coba fidget finger demi melatih ketangkasan jemarimu, supaya bisa lentur dan nggak kaku lagi.

3. Dengan hand spinner, otak kanan dan kirimu juga jadi bisa dilatih secara bersama-sama

Nggak tanggung-tanggung, hand spinner juga bisa memanjakan otakmu. Otak kanan dan kirimu jadi bisa dilatih secara bersama-sama dengan menggunakan mainan satu ini. Selain itu, gerakan fidgeting yang dilakukan secara terarah dan teratur ternyata mampu meningkatkan kemampuan belajar lho.

4. Asyiknya lagi, kamu yang merasa kesulitan konsentrasi, bisa banget untuk mencoba melatihnya kembali dengan hand spinner

Buat kamu yang merasa kesulitan dalam berkonsentrasi, keberadaan hand spinner bisa banget dimanfaatkan. Yap! Keberadaan figdet spinner di antara jari-jarimu bisa memberikan rasa fokus, selain itu diketahui juga kalau fidgeting dapat meningkatkan memori serta tingkat kreativitas. Makanya nggak heran kalau keberadaan mainan yang tampak sederhana ini bisa diajak untuk melatih konsentrasimu.

5. Dengan gerakan fidget spinner di atas jemarimu, peredaran darah juga bisa diperlancar

darah pun lancar! via picclick.com

Dikutip dari Falony.comseorang profesor bernama Jaume Padilla dari MU Nutrisi dan Latihan Departemen Fisiologi menyatakan kalau gerakan fidget spinner sebanyak 250 ketukan per menit ampuh untuk membantu memperlancar peredaran darahmu. Saat kamu rutin memainkannya, bukan nggak mungkin darah-darah yang tersumbat bisa jadi lancar dan kamu bisa hidup sehat.

6. Terakhir, fidget spinner juga begitu bermanfaat untuk mengurangi stres serta bisa digunakan untuk membantu mereka yang berkebutuhan khusus

ampuh banget! via fidgetdoctor.com

Terakhir, yang paling bermanfaat dari keberadaan fidget spinner adalah mengurangi tingkat stres. Nggak cuma itu, mereka yang memiliki kebutuhan khusus seperti autisme, gangguan kecemasan, dan Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD) bisa dirangsang untuk mengeluarkan kreativitas dan menjadi lebih rileks.

Seperti yang dipaparkan oleh ahli psikologi dari University of Central Florida, Mark Rapport, kemungkinan manfaat dari gerakan fidget spinner itu bisa begitu berguna sebagai terapi untuk ADHD.

“Menggunakan mainan yang bisa berputar seperti itu lebih ke arah dapat memberikan distraksi daripada manfaat nyata untuk individu dengan ADHD,” kata Mark seperti dikutip dari Detik Health.

Jadi, jelas rasanya kalau keberadaan mainan satu ini bisa membuat mereka pun kian fokus. Dan, tanpa perlu dijabarkan panjang lebar lagi kalau mainan sederhana satu ini begitu banyak manfaatnya. Untuk itu, nggak salah kok kalau setelah ini kamu jadi kian tertarik untuk memainkannya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya