Kamu suka nonton film? Eh ternyata banyak hal lho yang bisa kamu dapat kalau kamu suka nonton film. Selain kamu bakal dapat hiburan, kamu juga bisa dapat banyak pengetahuan dari film-film yang kamu tonton.

Apalagi kalau kamu suka film dokumenter Buat kamu yang suka nonton film, kamu wajib nih buat nonton 10 film dokumenter yang keren ini.  Hipwee kasih reviewnya buat kamu!

1. Film bisu “Man with A Movie Camera”

Man with a movie camera via en.wikipedia.org

Nah film dokumenter ini wajib kamu tonton. Film yang di sutradarai oleh Dziga Vertov yang sebenarnya bernama asli David Abelevich Kaufman. Bagi Vertov film merupakan potret kehidupan manusia yang bisa dimanipulasi sekaligus bisa juga sebagai alat atau cara untuk mengungkapkan kebenaran

Film ini merupakan film bisu. Idenya adalah memotret bagaimana potret kehidupan orang-orang urban di Rusia. Keunikan film ini adalah sang sutradara memperlihatkan proses rekonstruksi filmnya ketimbang menyajikan ilusi gambar semata. Kamu penasaran? Tonton deh

2. Film ini terinspirasi dari kartunis terkenal lho! Tonton aja film “Crumb”

Advertisement

film crumb via flickfacts.com

Film dokumenter Crumb disutradarai oleh Terry Zwigoff pada tahun 1994. Buat kamu yang pengen nonton film ini siap-siap deh terkesima ketika ia memfilmkan kisah Robert Crumb yang dikenal sebagai komikus yang amat terkenal sepanjang masa.

Kalau kamu belum tahu siapa Robert Crumb, Hipwee kasih tahu. Robert Crumb itu pada tahun 60an dan 70an menghasilkan karya hebat seperti “Keep on Truckin” dan “Fritz the Cat”.

Di dalam film ini, Zwigoff tidak hanya berkutat untuk memotret sketsa gambar saja. Tapi menceritakan bagaimana  Robert yang jenius pun harus berjuang keras untuk tetap dalam kewarasannya karena keluarga Robert adalah keluarga aneh yang memiliki keterasingan satu sama lain.

Seperti perilaku aneh Robert yang suka digendong perempuan berbokong besar yang kemudian ia tuangkan dalam imajinasi komik dan pengakuan istri Robert kalau suaminya punya perilaku seksual yang menyimpang. Penasaran, segera deh tonton filmnya?

3. Kisah ibu dan anak dalam rumah “Grey Gardens”

film grey gardens via blogs.slq.qld.gov.au

Film yang disutradari oleh Albert dan David Maysles tahun 1975 ini bercerita tentang ibu dan anak yang merupakan keluarga aristokrat Amerika. Ibu dan anak ini tinggal di kawasan Grey Gardens di sebuah rumah besar dan mewah dengan 28 kamar di East Hampton, New York.

Ibu dan anak ini sempat mau diusir dari rumah tersebut karena dikenal amat jorok. Yang bisa bikin kamu tertarik dari film ini adalah mereka berdua seolah-oleh hidup dalam dunia mereka sendiri dan terpisah dari dunia luar.

Mereka bisa berangan-angan, berfantasi bahkan melakukan percakapan yang sulit dicerna. Buat kamu yang belum nonton, cari deh filmnya dan segera tonton

4. A propos de Nice, mengajak kamu melihat lebih dalam tentang kehidupan warga di kota Nice, Perancis

adegan dalam film A Propos de Nice via profoundlyrewarding.blogspot.com

Kalau kamu penasaran dengan kota Nice di Perancis kamu wajib nonton film ini. Nice merupakan kota peristirahatan di Perancis. Sutradaranya Jean Vigo membuat film ini pada tahun 1930. Vigo adalah sutradara yang menekankan tentang social documentary.

Dalam film ini kamu bakal disuguhi bagaimana warga kota Nice menyiapkan perayaan perayaan liburan, berbenah  membersihkan jalan dan mengecat ulang boneka berukuran raksasa untuk dipakai dalam parade. .

Karya ini tampak ingin menghadirkan kontradiksi gaya hidup kelas borjuis yang tampak di  kota dengan apa yang ada di sebaliknya. Pelan-pelan kamu bakal diajak berjalan-jalan semakin masuk ke dalam melihat lebih dalam dari apa yang tampak di permukaan.

5. Ingat Tragedi WTC, kamu wajib nonton film “Farenheit 9/11”

film farenheit 9/11 via www.filmquarterly.org

Kamu ingat kan tragedi runtuhnya gedung WTC di New York Amerika Serikat?  Hem ternyata pasca tragedi tersebut, Moore sang sutradara film terinispirasi untuk membuat film “Farenheit 9/11”.

Dalam film ini Moore menyindir bahkan mengolok-olok kebijakan presiden Bush yang setelah runtuhnya WTC  mengeluarkan kebijakan perang Irak. Tidak itu saja dalam film dokumenter ini Bush pun menjadi bintangnya.

Film ini pun memiliki subyek dan pelukisan yang lucu. Dimana membuat Bush menjadi pelawak sedangkan si Moore sendiri berperan sebagai pria yang baik

6. Pengen lihat pejalanan hidup orang Eskimo, tonton “Nanook of the north”

film nanook of the north via flickeralley.wordpress.com

Film ini dibuat pada tahun 1922 yang merupakan film bisu berdurasi 79 menit karya Robert Joseph Flaherty. Kamu tahu, film ini dianggap sebagai film yang amat berpengaruh. Film inilah yang kemudian mencetuskan istilah  “dokumenter” pada genre film.

Dalam film ini kamu bakal ngelihat penjelejahan Robert Flaherty diantara orang-orang Es Kimo Kanada selama bertahun-tahun. Hingga kemudian ia memutuskan untuk merekam segala aktifitas kesehariaan yang dilakukan orang Eskimo tesebut.

Ia merekam seperti cara memancing, berburu dan membangun igloo (rumah orang-orang Eskimo)

7. Manusia bisa hidup sama beruang? Tonton “Grizzly Man”

film grizzly man via www.tudiscovery.com

Pernah membayangkan ada film dokumentasi seorang manusia hidup dengan beruang yang ganas? Yups pasti kamu gak bisa bayangin deh, tapi kamu bakal lihat hal itu kalau kamu nonton “Grizzly Man”

Film ini menceritakan bagaimana seorang laki-laki bernama Timothy Treadwell yang memutuskan untuk tinggal bersama beruang sejenis Grizzly. Hewan ini merupakan karnivora besar di belahan bumi utara.

Entah kamu nganggap naif atau tulus, di film ini kamu bakal ngelihat gimana sang sutradara Werner Herzog berhasil memotret orang-orang yang ada ditepian kehidupan. 

8. Film ini membebaskan seorang tahanan dari hukuman sengatan kursi listrik, “The Thin Blue Line”

adegan dalam film The Thin Blue Line via jackstadtlander.blogspot.com

Film ini terinspirasi dari kisah nyata seorang narapidana bernama Randall Dale Adams, yang pada tahun 1976 dia dijatuhi hukuman sengatan kursi listrik. 12 tahun kemudian saat dia masih menunggu proses eksekusi yakni tahun 1988, sang sutradara Errol Morris tertarik membuat film dokumentasi tentang kasus tersebut.

Saat Morris membuat film ini, ia melakukan wawancara tatap muka sekaligus melakukan reka ulang TKP (sesuatu yang tak pernah dilakukan sebelumnya).

Hasilnya gak main-main lho, karena film ini malah berhasil membuktikan kalau ternyata Adams gak bersalah dan dibebaskan serta pastinya ini menjadi sebuah sejarah baru dalam film dokumenter

9. Film “Jalanan” inspirasi buat kamu kalau hidup harus dihidupkan

film Jalanan via www.traxonsky.com

Film Jalanan ini ternyata memenangkan Busan Internasional Film Festival di Korea thun 2013 sebagai the best documentary. Buat kamu, film ini bakal jadi inspirasi banget.

Film karya sutradara Daniel Ziv ini menggunakan musik sebagai pengantar cerita dan dingkat dari kisah nyata tiga pengamen jalanan jakarta Boni, Ho dan Titi.

Di film ini kamu pun bisa dapat humor yang kocak tapi cedas. Kadang sih nyerempet-nyerempet sedikit jorok tapi tetep asik. Film ini beda banget sama film dokumentasi lain yang cenderung berat dan susah dimengerti.

Jadi kamu wajib deh buat nonton!

10.Di film “The Act of Killing”, kamu bakal nonton para pelaku pembunuhan PKI tahun 1965-1966

fim the act of killing via www.flashrouters.com

Kamu pastinya tahu kalau film ini sempat bikin heboh beberapa waktu lalu di Indonesia. Yups film “The Act of Killing” karya  Joshua Oppenheimer dirilis tahun 2012 dan sempat mendapat nominasi Oscar.

Di film ini kamu bakal ngelihat bagaimana para pelaku pembunuhan peristiwa pembunuhan PKI tahun 1965-1966 memperagakan bagaimana pembunuhan yang mereka lakukan.

Yang menurut mereka hal itu dianggap sebagai perbuatan yang mulia dan heroik memperjuangkan kepentingan bangsa. Hem, kok bisa? Tonton deh

Hem ternyata banyak banget ya film-film dokumenter yang bagus-bagus. Nah sekarang waktunya kamu nonton deh!