Kalau kamu tentara, kamu pasti tahu bahwa mental baja adalah hal yang krusial. Gadis asal New York bernama Marilyn Hare ini tahu banget apa yang bisa membuat mental para tentara “tahan banting”: suasana hati yang riang. Dia pun punya ide brilian untuk menjaga hati para tentara tetap senang: dia bakal mencium mereka satu-satu! Di bulan Februari tahun 1942 pun, gadis 18 tahun itu memulai misinya untuk mencium paling tidak 10.000 tentara Amerika — yang saat itu akan berangkat dalam misi Perang Dunia II.

Misi Marilyn ini diliput oleh majalah fotografi LIFE edisi Maret 1942. Pagi buta tanggal 5 Februari di California, di hadapan para tentara yang sudah berbaris rapi, Marilyn naik podium, dan memulai misinya dengan menyanyikan lagu balada “Kiss the Boys Goodbye”. Selesai bernyanyi, ia turun dari podium dan mulai beraksi.

Marilyn Hare via life.time.com

FOTO: Seorang tentara, akibat terlalu gugup, pingsan setelah diberi ciuman. Marilyn Hare tertawa geli, lalu mengutip kalimat dari drama Troilus dan Cressida karya Shakespeare: “Ciuman yang kamu terima memang jauh lebih manis dari ciuman yang kamu beri!”

Marilyn Hare in action via greatestgeneration.tumblr.com

Advertisement

FOTO: Marilyn Hare dalam aksinya mencium tentara Amerika yang akan landas ke medan perang. Reaksi para tentara? “Kami nggak akan cuci wajah sampai sebulan ke depan!”

LIFE melaporkan bahwa di hari itu, Marilyn sukses mencium lebih dari 700 tentara. Tidak ada laporan lebih jauh tentang apakah ia berhasil mencium sampai 10.000, tapi hei, 700 saja sudah termasuk angka mencengangkan.

Marilyn yang memang berambisi jadi aktris ini kemudian tercatat membintangi beberapa serial TV sebagai figuran: di antaranya The Dick Van Dyke Show, The Wild Wld West, dan Family Affair. Ia wafat tahun 1981 di California, pada usianya yang ke-57.