Lagi-lagi video lagu hip-hop viral di dunia maya! Masih di lingkungan pergaulan Awkarin dan Young Lex nih. Kalau beberapa waktu lalu kita sempat heboh membicarakan Young Lex dengan sejumlah kontroversinya, kini giliran Roy Ricardo yang menunjukkan taringnya. Adik artis Melanie Ricardo yang super ganteng ini tak sendirian, ia membuat video klip itu bersama dua selebgram idola anak muda yaitu Lula Lahfah dan Gaga Muhammad.

Seolah mengikuti jejak Young Lex-Awkarin, Roy Ricardo juga mengusung tema yang sangat dekat dengan anak muda di lagu terbarunya. Seperti apa lagunya? Simak ulasan dari Hipwee Hiburan yuk!

Lagu ini berjudul “Panjat Sosial”, sudah dilihat lebih dari 300 ribu pengunjung di Youtube dan langsung viral di dunia maya

A photo posted by Lula Lahfah (@lulalahfah) on


Lagu dengan judul unik ini cukup viral. Hingga tulisan ini ditulis, jumlah penontonnya sudah mencapai lebih dari 332 ribu dengan 12 ribu orang yang menyukai dan 3 ribu orang tidak menyukainya. Video ini diproduksi oleh Royal Music dengan arahan Daniel Topan dan D.O.P (Director of Photography) Rizky Alatas. Sementara untuk proses pengedeitan dilakukan sendiri oleh Roy Ricardo. Begitu diunggah 11 November 2016 lalu, lagu ini langsung viral di internet.

Tak sendiri, kali ini Roy mengajak serta Gaga Muhammad (mantannya Awkarin) dan Si Seksi Lula Lahfah

A photo posted by Lula Lahfah (@lulalahfah) on

Advertisement


Masih ingat dengan nama Gaga Muhammad? Nama cowok belia ini sempat tenar saat selebgram Awkarin membuat video viral menangisi kepergiannya. Cowok berbadan kekar ini memang langsung naik jumlah follower-nya di Instagram sejak kasus itu, nggak heran kalau ketenarannya cukup diperhitungkan sebagai selebgram.

Cewek cantik dan seksi Lula Lahfah juga ikut andil dalam video ini. Gadis kelahiran 17 Juli 1999 memang dikenal bagus suaranya dan sudah menggubah ulang beberapa lagu asing. Bahkan Lula sudah pernah bikin single sendiri lho, judulnya “Pergi”. Omong-omong, Lula ini temannya Awkarin lho, dia juga dikenal dengan gaya fashion-nya yang tomboy, retro, kasual, dan trendi. Hmm.. apa ini ya alasan Lula diajak ikutan nyanyi di lagu ini?

Kalau Roy Ricardo kamu pasti sudah kenal banget ‘kan? Penyanyi single terkenal Semalam BoboDimana (2014) dan Lau Baper (2015) ini dikenal ganteng selain pandai nge-rap. Roy merupakan anggota komunitas hip hop Zero One dan hebatnya pernah jadi penampil pembuka di konser Sean Kingston lho.

Dibanding-bandingkan dengan Young Lex-Awkarin, apa sih makna lagu “Panjat Sosial” dan apa benar lebih bagus dari lagu “Bad”?

A photo posted by G a g a (@gagamuhammad) on


Lagu Panjat Sosial bercerita tentang fenomena anak sekarang yang hobinya pamer di media sosial hanya demi mendapatkan banyak like dan komentar. Panjat Sosial juga mengkritisi anak-anak muda yang terlalu banyak melakukan pencitraan demi menaikkan status padahal kenyataannya mereka tidak punya apa-apa. Digambarkan pula kalau anak muda jaman sekarang melakukan apapun, mereka “memanjat” kehidupan sosial dem memperoleh status tersebut. Bahkan ada lirik yang menyebutkan bahwa dengan “dihujat uang makin padat”.

(…)
Pencitraan gak sesuai dompet
(…)
Gayanya sosialita uangnya nggak ada
(…)
Hati-hati jaman sekarang banyak orang berteman
punya maksud dan tujuan
Mengumbar kedekatan dapetin keuntungan
Habis manis lo dibuang
Menurutmu bagaimana makna lagu ini guys? Memang lebih bagus dari lagu “Bad”-nya Young Lex-Awkarin nggak?

Meski cukup enak di telinga dan banyak juga yang suka, lagu ini tak lepas dari kritikan dan kontroversi. Hmm… namanya juga panggung hiburan ya!

Kalau dilihat dari komentar-komentar di akun YouTube Roy Ricardo maupun media sosial Instagram @lulalahfah, @gagamuhammad, dan @royricardo, tanggapan netizen cukup beragam. Ada yang mengatakan lagu ini asyik dinyanyikan dan enak didengar terutama suara Lula yang banyak menerima pujian, adapula yang kontra dan berbeda pendapat. Kebanyakan sih menyoroti suara Gaga yang katanya kurang enak dan makna lagu yang sebenarnya sedang membicarakan diri penyanyinya sendiri.
@denanda_dwiratri Coba bukan sama gaga pasti keren banget, gaganya ngerusak sausana @lulalahfah @gagamuhammad
@salsblta Gua mah lebih suka lula dari pada karin <3
@citraaap_ BIKIN LAGU KOK NYINDIR DIRI SENDIRI WKWK
Ladies Punk: lagu ini juga lagi panjat sosial
Netizen juga menganggap lagu ini mengambil unsur-unsur dari lagu “Panda” (Desiigner) dan “Don’t Mind” (Kent Jones). Roy Ricardo dianggap sengaja mengajak Gaga dan Lula agar video berdurasi 3 menit 15 detik ini bisa setenar lagu “Bad”. Teknik promosi yang tak jauh beda dengan Young Lex. Kalau kita lihat di Instagram, perolehan views dan like memang lebih banyak yang datang dari akun Instagram Lula dan Gaga sih, sementara di Instagram Roy hanya sedikit sekali. Mungkin karena jumlah follower Roy yang hanya 22,5 ribu sementara Lula sudah 287 ribu dan Gaga 539 ribu.

Kalau kamu sendiri, apa komentarmu untuk lagu terbaru Roy Ricardo berjudul “Panjat Sosial” ini? Yang belum nonton buka dulu deh videonya!