Rasanya nggak adil kalau kita bilang bahwa semua cewek hobi belanja baju. Terlalu menggeneralisir juga kalau kita bilang cewek bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk beli baju di mall. Karena ada juga cewek yang seperti kamu, yang daripada menghabiskan waktu buat memilih baju, lebih suka makan, dengerin musik, nonton atau bobo-bobo lucu ;p

Bukannya mau sok anti-mainstream, atau lebih suka bergaya seperti cowok. Ada alasannya kok kenapa banyak cewek justru nggak begitu suka menghabiskan uangnya buat beli baju baru.

Penasaran? Hipwee udah kumpulin alasan-alasannya di bawah nih!

1. Fashion adalah hal yang asing buatmu. Mau belajar, rasanya ribet dan udah terlambat banget

Paling aman ya jeans dan kaos via kawankumagz.com

Alasan pertama, kamu memang nggak mengerti fashion. Kurang paham kemeja floral cocoknya dipasangkan dengan bawahan apa, atau long cardigan cocoknya dipakai untuk momen apa. Untuk belajar kamu juga malas. Intinya, fashion bukan sesuatu yang menarik perhatianmu.

Advertisement

Dan karena itu, kamu memilih untuk cari aman. Daripada memakai style yang aneh-aneh dan ternyata salah konsep, kamu memilih untuk memakai baju yang biasa saja dan netral untuk segala perpaduan.

Jadi gak perlu beli banyak baju, deh.

2. Kamu selalu punya kegiatan untuk dilakukan. Nggak ada waktu untuk mix and match pakaian — pakai yang ada aja, lah

Udahlah, paka apa aja yang paling atas via favim.com

Kamu adalah orang yang cukup aktif. Kegiatanmu banyak dan membuat waktu luangmu sedikit. Ditambah lagi, kamu sedikit susah untuk bangun pagi. Waktumu terlalu singkat untuk bisa memadu-padankan baju yang terkadang butuh waktu satu jam. Karena itu, kamu lebih sering memakai baju dari tumpukan paling atas di lemarimu.

Karena kalaupun kamu ada waktu sedikit di pagi hari, kamu lebih suka mempergunakannya untuk menambah jam tidur.

3. Bagimu, cukup punya satu stel untuk kondangan dan satu stel lain untuk acara resmi. Toh pakainya juga nggak setiap hari

Satu stel buat kondangan sudah cukup

Jika biasanya cewek malu memakai baju yang itu-itu aja di acara yang berbeda, kamu nggak pernah bermasalah dengan itu. Buat kamu, bukannya malah bagus ya? Baju yang kamu pakai untuk ke kondangan si A, bisa kamu pakai lagi untuk menghadiri kondangan si B.Artinya baju itu memang benar-benar terpakai.

Punya satu stel baju untuk kondangan, satu stel untuk acara formal lain, dan satu stel untuk olahraga, sudah cukup. Toh dipakainya juga nggak setiap hari.

Malahan kalau bisa, satu baju bisa kamu pakai untuk segala suasana. Mau ke kantor, kondangan, nongkrong, bajunya sama. Ada nggak ya yang kayak gitu? ;p

4. Kamu punya kesukaan lain. Jadi daripada untuk beli baju, lebih baik uangnya buat beli kesukaanmu itu

uangnya buat traveling aja. Bajunya pakai yang kemarin via haiineola.com

Alasan yang paling gampang, ya ini. Baju memang bukan hal favoritmu. Mungkin kamu punya hobi membaca. Atau nonton film. Atau travelling. Jadi kamu merasa daripada untuk membeli baju trend terbaru, lebih baik uangmu untuk membeli buku. Atau ditabung buat travelling ke luar pulau. Saat kamu membeli baju, rasanya berat sekali mengeluarkan uang dari dompet untuk membayar baju yang kamu pilih. Tapi saat dihadapkan dengan hal-hal favoritmu, seperti buku atau tiket pesawat untuk travelling, kamu nggak pernah berpikir dua kali.

Ya namanya juga orang berbeda-beda. Ketertarikanmu yang memang berbeda.

5. Kamu juga sering tergoda dengan makanan. Jadi uangmu habis duluan buat jajan, baju nggak pernah kepikiran

uangmu habis buat beli jajanan via www.pinterest.com

Atau bisa juga kamu jarang beli baju, bukan karena nggak suka, tapi karena uangnya yang nggak ada. Apalagi kalau kamu orang yang doyan makan dan hobi wisata kuliner. Seringnya kamu nggak bisa tahan diri, dan menghabiskan uangmu untuk menikmati jajanan-jajanan lucu. Akibatnya, saat kamu mau beli baju, uangmu sudah habis dulu, dan gajian masih lama. Tapi ya nggak apa-apa. Toh baju yang lama masih bisa dipakai. Yang penting lidahmu puas, perutmu kenyang!

6. Lagipula kamu sering nggak rela uangmu buat beli baju baru, kalau yang lama masih ada dan bisa dipakai. Merasa buang-buang uang, gitu.

kalau beli baju baru padahal yang lama masih ada, jadi merasa bersalahgitu via www.yourmoney.com

Kamu juga terbiasa untuk mengatur pengeluaran dengan sehemat mungkin. Kalau bisa jangan sampai ada pengeluaran yang tidak perlu dan menghabiskan budgetmu. Melihat baju lucu kamu juga suka. Tapi kamu selalu merasa sayang untuk membeli baju baru jika baju-baju lamamu masih ada. Buat apa? Toh baju-baju itu masih layak dipakai. Kalau beli baju melulu, kamu merasa berdosa karena buang-buang uang, gitu.

Daripada uangmu dihabiskan untuk membeli baju, lebih baik ditabung untuk bekal nikah nanti. Haha~

7. Mungkin kamu juga sudah nyaman dengan gayamu yang saat ini. Meski sederhana, yang penting kamu nyaman aja~

Gaya sehari-hari udah paling nyaman via www.pinterest.com

Setiap orang mempunya style sendiri-sendiri. Termasuk kamu yang lebih suka memakai celana jeans saja dan kemeja biasa. Memang style-mu terkesan ketinggalan zaman dan nggak hits, tapi karena kamu merasa nyaman, kamu jadi enggan mencoba gaya-gaya lain yang lebih kekinian. Ya, mungkin sekali dua kali kamu pernah mencoba-coba untuk ikut trend. Tapi hasilnya kamu justru nggak merasa nyaman. Akhirnya, kamu kembali ke stylemu yang semula.

8. Kamu juga sudah cukup pusing memikirkan persoalan kehidupan. Biarlah kamu nggak usah memikirkan style baju yang kekinian

mikirin mode menambah beban hidupmu, yang penting nyaman via nalacita.com

Persoalan sehari-hari yang harus kamu hadapi sudah cukup banyak. Mulai dari pekerjaan, keluarga, rencana ambil S2, pacar — hidupmu sudah cukup ribet tanpa ditambah soal pakaian.

Intinya sih kamu malas terlalu memikirkan soal penampilan. Memikirkan soal baju apa yang sedang trend saat ini, atau baju apa yang lucu dan cocok dipakai di musim hujan, hanya akan menambah beban pikiranmu. Yang paling utama adalah kamu tetap sopan dan merasa nyaman.

Kalau mencari cewek yang nggak doyan belanja, dan nggak mudah tergoda baju-baju lucu, kamulah orangnya. Banyak memang alasan yang kamu punya. Tapi intinya, baju bukan hal yang kamu pikirkan pertama saat gajian. Nggak apa-apa, yang penting kamu nyaman. Mengikuti tren, tapi kamu sendiri nggak merasa nyaman, buat apa? 😉