Setiap kali ketemu selalu pakai celana panjang dan kaos. Wajah dibiarkan polos tanpa make-up. Rambut —entah pendek maupun panjang— dibiarkan berantakan, paling banter dikuncir ekor kuda. Sepatu selalu sneakers. Jarang banget pake high heels. Dia cewek, tapi kok kayak mas-mas?

Jadi cewek tomboy memang selalu jadi pusat perhatian. Bukan dilihat karena mereka terpesona, tapi justru karena mereka menganggap kamu lain dari pada yang lain. Unik, aneh, dan banyak lagi kata-kata yang diperlembut untuk menggambarkan kamu ‘tidak seperti perempuan selayaknya’. Banyak juga mitos-mitos yang sering kali dilabelkan pada cewek tomboy. Padahal kan enggak semua cewek tomboy itu sama.

Di artikel ini, Hipwee ingin membahas tentang mitos-mitos tentang cewek tomboy. Cari tahu yuk mitos itu benar atau nggak!

 

1. Dandanannya seperti cowok, sering disangka suka sesama jenis.

Cewek tomboy juga suka cowok keleus via www.dailymail.co.uk

Advertisement

Hii, pasti dia lesbi…

Buat kamu yang tomboi, pasti kamu sering dikira suka sesama jenis atau nggak doyan cowok. Enggak jarang teman-teman perempuanmu jaga jarak dari kamu. Yang biasanya di ruang ganti olah raga santai aja buka-bukaan, jadi sok pada nutup-nutupin ketika ada kamu. Mereka kira kamu akan ‘terpicu’ dengan mereka. Tentu saja mitos ini ngawur. Banyak kok cewek tomboi yang menikah, punya anak, tapi tetap saja berdandan tomboy. Masih juga gak percaya? Tunggu aja sampai cowok kamu direbut sama cewek tomboy, hehehe…

2. Dianggap cewek saja bukan, apalagi dianggap bisa masak.

Cewek tomboi juga bisa masak via www.youtube.com

“Duh, konsumsi buat buka bareng nanti gimana ya?”

“Udah sini biar aku yang masak,”

“Hah cewek nggak jelas kayak kamu emang kamu bisa masak? Masak mie sama air? Hahaha…”

Memang banyak cewek tomboy yang nggak betah dengan pekerjaan rumah tangga, tapi nggak semua cewek tomboy nggak bisa masak. Banyak juga kok cewek tomboy yang jago masak, bahkan jadi chef di restaurant berbintang.

 

3. “Kamu pasti mau daftar UKM basket ya? Atau UKM futsal kita juga ada, kok.”

Cewek feminim juga ada yang suka olah raga kok via www.nyunyu.com

“Enggak kok, Mas, saya pengen ikut teater dan tari daerah kalau ada…”

Memang sih banyak cewek tomboy yang jago olahraga, tapi bukan berarti semuanya kan? Enggak sedikit juga cewek tomboy yang nggak ngerti olah raga sama sekali. Mungkin kamu salah satu dari sekian banyak cewek tomboy yang nggak bisa olah raga. Jangankan jago main basket atau sepak bola, pegang bola saja kamu bingung.

4. Kalau mau PDKT sama cewek tomboy, ajak aja nonton konser metal.

Siapa tahu dia penggemar Mozart via metalheadanddamsel.blogspot.com

Cewek tomboy itu berbeda dengan kebanyakan cewek. Apa yang kebanyakan cewek nggak suka, cewek tomboy pasti suka. Seperti musik, cewek tomboy pasti suka musik metal, musik yang nggak disukai cewek-cewek lain. Benar kah begitu?

Kamu yang memilih bergaya tomboy karena mereka nyaman dengan gaya seperti itu. Gayamu yang tomboy tidak lantas mempengaruhimu dalam memilih selera. Soal pilihan selera seperti musik atau kegiatan yang disukai tentu tiap individu berbeda.

5. Terlalu sering ikut kegiatan cowok, bikin kamu disangka nggak punya teman cewek.

Gak punya teman cewek? via www.eonline.com

Hobimu naik gunung dan fotografi bikin cewek tomboy punya banyak teman cowok. Tapi, jangan dikira cewek tomboy seperti kamu nggak bisa berteman dengan cewek lho. Cewek tomboy juga bisa kok jadi temen yang asyik buat cewek-cewek yang doyan rumpi di café.

6. Kalau ke pesta atau kondangan pake baju yang cewek banget malah diketawain.

Pake gaun malah diketawain via michelleherrick.com

“Begitulah manusia, kalau nggak dandan dibilang cowok, kalau dandan diketawain dibilang kayak ondel-ondel”

Terbiasa melihat kamu yang berdandan seadanya, mereka terkejut ketika ternyata kamu bisa juga dandan feminim seperti perempuan kebanyakan. Dasar selalu sirik, bukannya memuji, kamu malah diketawain dan dibilang kayak ondel-ondel. Anggap saja mereka ingin memuji tapi malu atau mereka justru mulai naksir padamu.

7. Waktu kecil kamu sering dikira bocah lelaki karena sangat aktif bermain sama anak-anak cowok.

Main tanah kayak anak cowok via www.antarasumbar.com

Dari kecil sudah kelihatan aktif, kamu pun sering bermain dengan anak-anak cowok seusiamu. Badanmu yang belum terbentuk membuatmu tak ada bedanya dengan anak cowok. Enggak sedikit orang-orang yang mengira kamu anak cowok. “Kata mama aku ini cewek tauk,” kira-kira begitulah reaksimu ketika ada yang memanggilmu dengan “le… thole,” (bahasa jawa: anak laki-laki).

Mama kamu sering ditanya sama ibu-ibu lain kok anaknya nggak didandanin sih biar kayak anak perempuan. Yang cuma dijawab santai sama mama kamu, “nanti kalau udah besar juga mau dandan sendiri, Bu.”

8. Karena jarang dandan, sekali mecoba dandan eh kamu sering diledekin dan dikira lagi jatuh cinta.

Baru juga dandan disangka pdkt via arifabdurahman.com

“Ih, tumben pake rok, lagi naksir siapa nih?”

“Ya ampun anak mama udah besar, udah bisa dandan sekarang. Sudah punya pacar ya?”

Duh, apa-apaan sih ini? Lagi coba-coba belajar dandan saja malah dipikir lagi jatuh cinta atau punya pacar. Padahal, kamu sedang mencoba tutorial berdandan cepat dan sederhana dari Hipwee. Namanya juga manusia, selalu penuh prasangka.

 

9. Kamu sering dikira cuma berlagak jadi tomboy biar bisa deket sama cowok. Enak Aja!

Jadi tomboy biar bisa deketin cowok? via www.cairoportal.com

“Gayanya biasa aja deh, nggak usah dicowok-cowokin biar bisa deket sama cowok,”

Tuduhan semacam ini sering juga kamu dengar. Pura-pura? Bukannya dari pertama kali kenal memang sudah seperti ini ya? Cowok yang suka sama cewek tomboy itu satu banding seratus. Kalau pun mereka dekat dengan cewek tomboy itu karena mereka menganggapnya teman yang punya pemikiran atau hobi yang sama. Mana ada cewek yang rela dianggap teman terus menerus? Jangan kebanyakan nonton drama deh!

Sama seperti cewek pada umumnya, cewek tomboy juga punya perasaan dan bisa jatuh cinta. Soal hobi, memang banyak cewek tomboy yang punya hobi sama dengan cowok, tapi nggak semuanya juga seperti itu.