Momen menjelang datang bulan alias Pre-Menstruation Syndrome (PMS) seringkali bikin cewek repot. Pasalnya, banyak hal “unik” yang terjadi akibat perubahan hormon ini. Badan pegal, stamina menurun, nafsu makan naik turun, hingga kondisi emosi yang mudah berubah-ubah.

Tapi, bukan cewek aja lho yang merasakan dilema jelang menstruasi, para cowok pun bakal nggak kalah dibikin ribet!

A: “Lhah, cowok kan nggak PMS, Broh?”

B: “Cowok emang nggak PMS, tapi dia ribet ngadepin ceweknya yang lagi PMS!”

Hehehehe…Bener nggak sih para cowok harus repot-repot menghadapi cewek yang lagi PMS? Nggak harus kok, asalkan paham trik dan cara berhadapan dengan mereka! Nih, Hipwee kasih tahu biar kamu nggak salah bersikap dan jadi pelampiasan cewek PMS!

1. Menjelang PMS, nafsu makan cewek bisa meningkat drastis. Melihat dia yang tiba-tiba doyan banget makan, kamu nggak usah komentar!

PMS = nafsu makan meningkat via forum.bodybuilding.com

Advertisement

Pas lagi makan siang di sebuah restoran…

Cewek PMS: (manggil Mas pelayan) “Hmm…Mas, saya pesen baso 1 porsi, kentang goreng 2 porsi, nasi goreng sapi 1 porsi, es buah 1, sama es teh manis 1, ya!”

Kamu: “Eh, buset! Lo laper apa doyan? Banyak amat pesennya?”

Cewek PMS: “Apa kamu bilang? Kamu bilang apa?” (ngambek nggak jadi makan dan buru-buru ngeloyor pulang)

“Wah, lo bikin blunder, Broh!”

RUMUS #1

Cewek PMS = JANGAN DIKOMENTARIN -> Dia lagi NGGAK SANTAI

2. Saat dengan tegas dia bilang: “nggak mau, aku lagi males”, please…jangan dipaksa!

nggak mau, lagi males? jangan dipaksa via www.vantagemag.com

Sebuah percakapan di telepon…

Kamu: “Sayang, udah maem belom?”

Cewek PMS: “Belom.”

Kamu: “Lho, kok nggak maem? Nanti sakit, lho!”

Cewek PMS: “Nggak mau. Aku lagi males!”

Kamu: “Buruan maem dulu gih, ntar maag-nya kambuh…”

Cewek PMS: “Kamu pilih diem atau kamu yang aku makan?!”

RUMUS #2

Cewek PMS = JANGAN DIPAKSA -> Dia lagi mendadak “BUAS”

3. Sekalipun dia ngidam makanan yang aneh-aneh…mending kamu turutin aja maunya!

PMS = ngidam yang aneh-aneh via heart-murmur.blogspot.com

Cewek PMS: “Ah, gw lagi pengen duren, nih!”

Cowok: “Bukannya musim duren udah lewat, ya? Sekarang kan lagi musim mangga.”

Cewek PMS: “Oh, gitu. Jadi, kamu nggak mau nemenin aku cari duren?!”

“Ya Tuhan, salah lagi???”

RUMUS #3

Cewek PMS = TURUTIN AJA -> Dia lagi RAK CETHO (baca: NGGAK JELAS)

4. Emosi cewek PMS cenderung naik turun: sebentar happy, mendadak galau, tiba-tiba marah, 10 menit kemudian nangis sesenggukan. Mungkin, kamu memang cuma harus pasrah…

PMS = emosi nggak stabil via community.babycenter.com

Saat Cewek PMS tiba-tiba pengen SMS pacar:

“Sayang, lagi dimana? Aku kangen…”

Setelah 5 menit nggak ada balasan:

“Kamu kok nggak bales SMS-ku, sih? Nyebelin!”

5 menit berikutnya tetap nggak ada balasan:

“Oke, kalau kamu udah nggak peduli sama aku? Fine, BHAY!”

Sebelum masalah bertambah runyam, sebaiknya buru-buru balas SMS-nya. Meskipun kamu nggak salah, nggak apa-apa minta maaf!

“Sayang, maafin aku telat baca SMS kamu. Tadi HP-nya aku simpan di tas, soalnya aku lagi ujian. Maaf ya, Sayangku…” (jangan lupa kasih titik dua sama kurung tutup)

#RUMUS 4

Cewek PMS = NGGAK MAU DIKERASIN -> Lagi LABIL AJA

5. Kadang, dia sering kesal tanpa alasan yang jelas. Di saat seperti ini, nggak ada pilihan lain, kecuali DIAM!

semuanya nyebelin! via wifflegif.com

Cewek PMS: (pulang kuliah banting buku ke lantai) “Nyebelin banget! KZL! KZL! Aku KZL! Keseeeeeellllll!”

Kamu: (dalam hati) “Kenapa nih pacar gw?” *cuma bisa bengong sambil ngemil mie rebus

Meskipun penasaran tentang penyebab kekesalannya, kamu harus tahu bahwa saat seperti ini, memilih diam justru jauh lebih “aman”.

RUMUS #5

Cewek PMS = BIKIN BINGUNG

6. Dia bisa sangat marah pada hal-hal sepele yang sebenarnya nggak penting-penting banget. Jadi, sikapmu sebaiknya…”iya-in” aja!

kalau dia marah? iya-in aja! via www.tumblr.com

Si tukang bakso yang lewat depan rumah emang nggak salah. Dia cuma lagi sial karena ketemu pacarmu yang lagi PMS. Tapi, beruntunglah kamu karena dia lagi sibuk marah-marah sama tukang bakso, bukan sama kamu!

Cewek PMS: “Nyebelin banget tukang bakso. Udah di bilang nggak pake bawang goreng, eh masih aja dikasih. Aku kan nggak suka bawang goreng. Nyebelin banget! Nyebelin ‘kan, Sayang?”

Kamu: (sambil asik main Pokopang) “Iya, Sayang”

Cewek PMS: “Iya, apa?”

Kamu: “Iya, baso-nya enak tadi.”

…kemudian terjadi perang dunia…

Kamu: (dalam hati) “Aku kan udah bilang “iya”, masih kena amuk juga! Hufed!”

RUMUS #6

Cewek PMS = BISA GALAK BANGET

7. Saat dia terlihat sedih atau ingin menangis, kamu hanya perlu menyediakan bahu dan jasa puk puk dengan sukarela

PMS = nangis nggak jelas via www.elle.com

Kelakuan cewek PMS seringkali menyebalkan. Tapi, saat dia terlihat sedih atau sedang menangis, kamu pun akan merasa iba. Nggak perlu bertanya alasan dia menangis, cukup berikan pelukan dan elus lembut rambutnya.

RUMUS #7

Cewek PMS = MINTA DISAYANG-SAYANG -> Dia lagi MELANKOLIS

8. Ketika dia ingin curhat, kamu pun wajib jadi pendengar yang baik

lagi pengen curhat… via hqwallbase.com

“Woy, dengerin pacar lo lagi curhat, woy!” *berasa dengerin radio

RUMUS #8

Cewek PMS = BUTUH DIDENGAR -> Dia sering mendadak GALAU

9. Yang pasti, cewek yang lagi PMS paling nggak suka kalau kamu banyak nanya!

jangan nanya-nanya! via www.keepcalm-o-matic.co.uk

Lagi utak-utik HP sambil manyun…

Kamu: “Kenapa sih kok mukanya ditekuk gitu?”

Cewek PMS: “Nggak papa. Nggak usah nanya-nanya!”

“ASTAGFIRULAH… Mbak, sehat-sehat?”

RUMUS #9

Cewek PMS = RUAR BIASAH!

10. Tapi, jangan dicuekin juga keles!

gak mau dicuekin! via www.sodahead.com

Lanjutan dari poin sebelumnya!

Kamu: “Oh, ya udah kalau nggak apa-apa.”

Cewek PMS: “Apa? Udah gitu aja? Aku tuh lagi kesel dan kamu nggak berusaha nanya?”

Kamu: (Dalam hati) “Lhah, ane kan udah nanya tadi, gan!”

RUMUS #9

Cewek PMS = RUMIT!

11. Dia pun nggak suka kalau kamu memberi perhatian yang berlebihan…

jangan lebay! via news.moviefone.com

Kamu: “Sayang, nggak papa, kan? Perutnya sakit? Badannya pegel? Mau dipijitin? Ngidam makanan apa? Mau dibeliin?”

Duh, gimana ya, cewek PMS memang “sah” dengan predikat “rumit”. Sikapmu yang terlalu peduli justru membuatnya merasa risih.

RUMUS #11

Cewek PMS = BIKIN SERBA SALAH

12. Meskipun berbagai sikapnya membuatmu bingung, kamu tetap HARAM mengucap pertanyaan: “Kamu kenapa? Lagi PMS, ya?” pada cewek yang memang sedang PMS

kamu PMS, ya? via suantebos.blogspot.com

“NGGAK!!! AKU NGGAK PMS!!!”

Percuma! Cewek PMS biasanya memang nggak mau ngaku kalau dia lagi PMS. Alih-alih dijawab, “keselamatanmu” bisa jadi terancam gara-gara pertanyaan ini. HEHEHEHEHE.

RUMUS #12

Cewek PMS = NGGAK MAU NGAKU

13. Please…Jangan pernah menggoda (becandain) dia yang lagi PMS!

jangan dibecandain! via memesly.com

Kamu: (sambil senyum-senyum ngeliatin si cewek PMS) “Duh…pacarku udah uring-uringan lagi. Padahal, kemaren udah selesai mens, masak udah mau mens lagi, Sayang?” (masih sambil nyengir-nyengir mencoba mencairkan suasana)

PERMISI….Bapak bosan hidup, ya?

RUMUS #13

Cewek PMS = SEREM

14. Jangan sekali-kali mengajak dia berdebat

jangan ngajak debat! via replygif.net

Di suatu sore yang tenang pas lagi nonton berita di TV…

Kamu: “Wah, masih rame aja pada ngomongin Bu Susi. Eh, Bu Susi emang keren tatonya. Aku juga pengen bikin, Sayang!”

Cewek PMS: “Nggak usah bikin. Kamu kan item. Nggak akan keliatan tatonya!”

Kamu: “Ah, masak sih? Temenku kulitnya item tapi punya tato juga. Berarti aku juga bisa, donk!”

Cewek PMS: TER-SE-RAH! (sambil banting remote TV)

RUMUS #14

Cewek PMS = JANGAN DILAWAN

15. Jangan juga coba-coba menghakimi dirinya…

berani, lo?!

1. “Sayang, kamu sekarang agak chubby. Pasti maemnya banyak, ya?”

2. “Skripsi udah sampai bab berapa? Nggak males ngerjain, ‘kan?”

3. “Kamu lagi belajar masak, ya? Ayam goreng bikinan kamu agak gosong, Ay…”

RUMUS #15

Cewek PMS = KALAU NGAMUK, SEREM!

16. Saat butuh sesuatu, jangan sekali-kali nyuruh atau minta tolong ke dia. Selama masa PMS, sebisa mungkin kamu lakukan semuanya sendiri dulu…

jangan nyuruh-nyuruh! via www.troll.me

Pas lagi belajar bareng…

Kamu: “Eh, tolong siniin dong pulpennya!”

Cewek PMS: (diam dan melempar pulpen ke mukamu)

Nah, gimana? Masih berani minta tolong buat dibikin kopi?

#curiga cangkir kopi melayang ke muka

RUMUS #16

Cewek PMS = JANGAN DISURUH

17. Sekalipun kamu harus repot menghadapi cewek yang lagi PMS, jangan pernah mengeluh di depan dia!

aku kudu piye? via id.memegen.com

Kamu: “Pacarku PMS, terus aku kudu piye?” (Pacarku PMS, aku harus gimana)

Temen: “Mboh, Broh! Takok o Batman!” (Nggak tau, Broh! Tanya aja sama Batman)

RUMUS #17

Cewek PMS = NGGAK SUKA DENGER KAMU NGELUH

18. Sebenarnya, gampang kok menghadapi cewek yang sedang menjelang datang bulan. Kuncinya, kamu kudu banyak-banyak MENGALAH…

ngalah aja sama cewek PMS via scallywagandvagabond.com

Hal-hal sederhana seperti siapa yang berhak memegang remote dan memilih saluran TV pun bisa jadi sumber keributan saat hormon cewek sedang tidak stabil. Demi kondisi hubungan yang “damai”, nggak ada salahnya kalau kamu sering-sering mengalah, ‘kan?

19. Kamu memang wajib sabar dan sering-sering ngelus dada. Toh, “penderitaanmu” hanya akan berlangsung sementara – selama dia lagi PMS aja

sabar gan! via frabz.com

Setiap cewek mengalami siklus yang berbeda. Tapi, umumnya cewek akan mengalami PMS sekitar satu minggu saja. Bahkan, ada juga cewek-cewek yang hanya 1 atau 2 hari mengalami kondisi tidak stabil semacam ini. Jadi, kalian para cowok tetap bisa hidup tenang kok…

20. Bagaimanapun, dia pun akan baik-baik saja saat kondisinya sedang “normal”

lagi normal via imgarcade.com

Sekalipun bisa berubah jadi monster yang menyebalkan saat sedang PMS, dia bukan orang yang berbeda. Dia tetaplah teman, adik, pacar, atau bahkan istri yang kamu sayangi, ‘kan?

21. Yang pasti, kamu tetap harus semangat dan jangan menyerah menghadapi cewek yang sedang PMS!

semangat kakak via imgflip.com

“Semangat ya, Kakak!”

Nah tuh, jempolnya Nabillah JKT48 spesial buat kamu yang kuat menghadapi cewek yang lagi PMS…

Hmm…buat para cowok-cowok, nggak perlu terlalu khawatir. Nggak semua cewek PMS mengalami hal-hal yang tertulis dalam artikel ini kok. Bahkan, ada juga lho cewek-cewek yang sama sekali nggak mengalami “repotnya” masa-masa PMS. Semoga kamu bisa menerima “keunikan” cewek yang satu ini, ya! Tepat sehat tetap semangat, Broh!