Jomblo, single atau lajang sering banget jadi momok tersendiri buat orang Indonesia. Mau umur berapapun, kamu yang jomblo akan tetap jadi bahan olok-olokan.

Saat teman-teman sudah pacaran di bangku SMP dan kamu masih main karet dibilang ketinggalan zaman. Ketika masuk ke bangku SMA dan kamu masih sendiri saja beberapa teman mulai mengejekmu tak laku. Ketika sudah kuliah, bekerja, dan masih juga belum punya pasangan — dibilang perawan tua dan perjaka lapuk! D’oh please….

Tapi walaupun sering jadi sasaran bully dan tersingkirkan tapi sebenernya banyak lho saat-saat bahagia yang jomblo rasakan. Jomblo punya banyak waktu untuk melakukan hal yang mereka suka, dan yang terpenting jomblo itu ANTI GALAU.

Semoga artikel ini mampu membuka matamu untuk memahami perasaan terdalam temen-temenmu yang jomblo ya, dan buat para jomblo di manapun kamu berada, tetaplah bahagia! 😀

1. Statusmu yang jomblo itu seperti status pengungsi yang butuh dibantu. Orang-orang getooool banget memaksa berusaha menjodohkanmu

aku GAK PAPA via thepitnyc.tumblr.com

Advertisement

A : “Eh, lo mau gak gue kenalin sama sepupu gue?”

B : “Hah?”

A : “Iya, ganteng lho dia, masa depan cerah lagi, anak kedokteran dia tuh.”

B : “….”

atau

C : “Lo besok temenin gue dong ke acara seminar.”

D : “Ah, ogah, males.”

C : “Ayoklah, daripada di kost aja lo.”

D : “Biarin.”

C : “Eh, banyak ceweknya tauk, cakep-cakep lagi, siapa tau dapet kenalan…”

D : “Hmmmm daripada cari cewek mending gue cari makan gratis, deh!”

2. Tiap ada temen yang cerita atau banggain pamer tentang pacarnya, kamu sering berharap berubah jadi arca

Ooom swastiastuuuuu via biokusuka.blogspot.com

Oom Swastiastu *tarik nafas* *hembuskan* *tarik nafas*

Atau berusaha mengalihkan pembicaraan sebisanya

Kamu : “Eh jadinya kemaren kamu pulang naek apa?”

Temen : “Aku dijemput sama ayang, emang dia suka gitu sih, bikin suprise. Hihihi..”

Kamu  : “Hah? Siapa? Eyang?”

Temen : “Bukaan… ayangku…pacarku…dia bawain bunga juga lho kemaren, romantis ya..”

Kamu  : “Oh…iya…eh, cuacanya cerah ya…” *ngeliat ke langit yang ternyata mendung

Ps : Bahkan, Semesta turut mem-bullymu, mblo.

3. Jomblo juga sering dianggap tidak punya perasaan. Waktu kamu mengungkapkan kegalauanmu eeeh temanmu malah gantian curhat duluan….

Kamu: “Gue pusing banget nih. Sepi banget idup kayaknya, pulang kerja gak ada yang bisa diajak cerita.”

Teman: “Iya gue juga pusing…”

Kamu: (dalam hati) Bukannya ini giliran gue yang berkeluh kesah ya?

Dan curhatannya tentang pacarnya……

(lanjutan)

Teman: “Iya…gue pusing si Nia ngeselin banget, Gak bisa ngertiin kerjaan gue yang lagi sibuk-sibuknya. Menurut lo gue harus gimana?”

Kamu: “YOU DIEM YOU!” (gak berani ngomong, takut persahabatan kalian rusak)

4. Setiap malam minggu dan Valentine kamu yang jomblo punya doa khusus yang dipanjatkan

apa itu valentine? via rebloggy.com

Oh ini malam minggu ya… *doa dalam hati semoga ujan deres

Ooo..Valentine toh hari ini. *pura-pura cuek, berdoa biar semua cokelat dan bunga sold out di pasaran*

5. Deritamu adalah saat ada pasangan yang dengan santainya bermesraan…di depan matamu

apaan sih.. via www.teen.com

“Ih norak banget sih mereka pacarannya…”

“Yaelah pacaran di taman kampus..pamer ye?”

Ps : Situ aja kali yang sirik, ‘kan sini tempat umum yee~ heuheu~

6. Belum lagi kalau ada temanmu yang dengan santainya suap-suapan di hadapanmu. Duh, Tuhan….apa dosaku?

makan sendirian via imgur.com

Teman: “Aaaakk sayang, Aaaakkk!” *sambil nyodorin sendok dengan tampang manis*

Kamu: *tusukin garpu ke tahu* *hidup begini amat ya?*

Sama aja punya pacar gak punya pacar. Makanan juga nanti dicerna di usus besar. #sabda

Ps : Tapi ‘kan kalo sama pacar tiap makannya belepotan ada yang ngelapin pake tissue~ *Kemudian dirajam sama jomblo sekampung

6. Melihat kesendirianmu yang menyedihkan, kadang teman-temanmu pun menawarkan ajakan jalan

Jadi obat nyamuk? Sudah biasaaa via adicuzzy.files.wordpress.com

Teman: “Eeh, lo ikut gue aja deh ntar jalan-jalan sama Rendi. Kasian amat lo sendirian.”

Kamu: “Hmmm…mau ke mana?”

Teman: “Udah ikut aja.”

Kamu: “Oke deh, gue ikut”

Tapi kenyataan selalu berbeda……

Ekspektasi

Ekspektasinya bisa jalan bertiga dengan damai via henipsz.blogspot.com

Bisa jalan bertiga dengan aman, nyaman, tenteram, dan melegakan

Kenyataan: jadi obat nyamuk dan roda ketiga. #wesbiyasa

PS : Ini mas, Hipwee kasih tissue buat lap iler~

7. Waktu ada acara yang mengharuskan membawa pasangan, kamu dan temen-temenmu yang sama-sama jomblo malah blingsatan. Bingung mau ngajak siapa~

ngajak siapaa?? via www.tumblr.com

KITA MAU NGAJAK SIAPAAA???

9. Teman-temanmu pun berubah jadi motivator handal. Tanpa perlu diminta mereka sudah ribut memberikan nasehat

a. “Udah deh, jangan terlalu pilih-pilih”

Nih kalau soal dipilih. Dipiliiih…dipiliiih via rahman-geps.blogspot.com

Reaksimu: : “Yaelah, lo pikir gue pedagang asongan di kereta yang suka teriak Dipiliiih…dipiliiiih?”

b. Kalo kamu ngelakuin kebiasaan burukmu (baca : kentut, sendawa, ngupil), pasti pada bilang : “Nah ini nih makanya lo jomblo terus!”

Kamu : “Aduh, mules gue, kentut ye…”

Temen : “Hmm…ini nih, ini, makanya lo jomblo terus!”

Kamu : “Emang yang gak jomblo gak kentut??”

c. “Gak papa suatu saat kamu pasti dapet cowok atau cewek yang baek kok.”

Reaksimu :

oh, makasih ya.. via www.gopixpic.com

Oh, makasih ya.. :’)

dalam hati

segitu jeleknya ya gue T.T via a-pathetic-fangirl.tumblr.com

segitu menyedihkannya ya gue? :'(((

10. Nggak bohong sih. Melihat kehangatan temanmu dan pacarnya terkadang kamu ingin juga

guwe juga pingin via www.tumblr.com

“Mamaaa,,,aku juga pingiiin punya pacaal, pingin dikasih bunga, pingin dikasih cokelat. HUAAA!”

11. Lamanya durasi kejombloanmu yang setara dengan panjangnya episode Sinetron Tersanjung tak anyal membuatmu sering bertanya-tanya

apa yang salah sama akuh? via glee.wikia.com

apa sih yang salah sama gue? kenapa gue jomblo terus? T.T

*kamu pun menangis di bawah guyuran shower, atau menangis dalam diam pas mau tidur malam.

Eh, tapi di balik itu semua, jadi jomblo itu gak selamanya merana lho. Kamu punya surga yang bisa membuatmu bahagia

12. Saat temen-temenmu sibuk ngurusin kegalauannya karena pacar, hidupmu justru seperti jalan tol yang lempeng-lancar-bebas hambatan

anti galau via www.tv3.co.nz

Temen : “Pacarku tuh, gak mau ngertiin aku!”

Kamu  : “Lho, kenapa emang?”

Temen : “Dia tu tiap kali aku sibuk eh dia marah, giliran dia sibuk aku kudu ngertiin. Hih egois. KZL!”

Kamu  : “Ya udah , sabar, sabar, cowok emang gitu.” *dalem hati joget lalala yeyeye, bersyukur kamu anti galau

13. Belum lagi kalau ada temen yang gak dibolehin pergi sama pacar atau tiap kemana-mana mesti pamit dulu, kamu merasa bebaaas sebebas-bebasnya

BEBAAAS LEPAAAS via wifflegif.com

dan kesempatan emas macam ini kamu manfaatkan sebaik-baiknya buat gantian ngeledek temenmu yang punya pacar

“Lo pacar atau sopir sih, harus banget nganterin cewek lo kemana-mana?”

“Pacar lo ngrangkep baby sitter ya? Tiap 5 menit pasti telpon ngingetin makan.”

“Itu pacar atau emak? Kudu banget pamitan kalo mau pergi?”

HAHA PUASS

14. Saat ada temen yang diem-diem selingkuh pun kamu ngerasa beruntung karena bisa deket sama siapa aja

sama siapa-siapa bisaa via gifsoup.com

Makanya kayak gue dong, jomblo, bisa jalan sama siapa aja, gak ada yang marah. *benerin kerah, senyum jumawa

15. Jomblo membuatmu lebih bebas mengatur waktu. Mau main, nongkrong, pulang malam, semaumuuuuu~

mau lama-lama nyalon juga gak ada yang marahin via naturebegsvengeanceonaccountofmen.blogspot.com

Mau seharian nyalon? Oke ajah!

Mau shopping sampe malem? Ayok-ayok aja!

Main DOTA ampe bego? Ayo Bro!

Futsalan dari pagi ampe malem? Sok atuh kalo kuat!

16. Uang saku dan gajimu pun tak akan terganggu. Semua bisa digunakan demi kebutuhanmu (dan kesenanganmu)

Kamu : “Ntar weekend backpackeran ke Jogja yuk bro!”

Temen : “Aduh, bro, bulan depan aja deh.”

Kamu  : “Yaelah sok sibuk banget ni bocah.”

Temen : “Bukan gitu bro, bulan ini cewek gue ulang tahun, gue mau kasih surprise buat dia.”

Kamu : “….” *Alhamdulillah gue gak punya cewek*

17. Jomblo juga menjauhkanmu dari distraksi. Fokusmu bisa jelas, tidak terbagi-bagi

mau fokus ngapa-ngapain bisa via naturebegsvengeanceonaccountofmen.blogspot.com

Jadwal jomblo :

Jam 09.00 – 17.00 : Fokus Kerja

Jam 17.00 – 20.00 : Fokus nongkrong ama temen kantor

Jam 21.00 – 22.00 : Fokus nonton serial TV favorit

Ah… betapa bahagianya jadi jomblo~

18. Walau jomblo kamu juga banyak belajar. Curhatan cinta galau teman-temanmu bisa kamu jadikan pelajaran

kamu jadi kaya ilmu percintaan via weheartit.com

“Ooo..jadi kalo cewek marah tuh dikasih bunga langsung diem..”

“Ooo..jadi kalo cowok kayak gitu tandanya dia selingkuh..”

19. Kejombloan memang sering membuatmu merasa sepi. Tapi ada teman-teman dan keluarga kok yang selalu mendampingi

waktu buat keluarga~ via www.teen.com

*Malam minggu*

Mama : “Kak, nanti malem pergi gak?”

Kamu  : “Enggak ma.”

Adek   : “Kakak ‘kan jomblo ma.”

Mama : “Yaudah, anterin mama belanja ya.”

Kamu : “Iya.”

Adek  : “Aku ajarin basket ya kak ntar sore.”

Kamu : “OGAH.”

20. Mengutuki nasibmu yang jomblo tidak akan mengubah apa-apa. Toh nanti dia yang tepat juga pasti akan tiba

yakin akan indah pada waktunya via www.goodreads.com

Kamupun jadi tahu bahwa hidupmu terlalu sempurna untuk bersedih meratapi nasib cuman gara-gara kamu jomblo. Dalam hati kamu percaya kalo orang yang tepat suatu saat akan hadir. Dan, sebagai jomblo kamu justru bersyukur karena kamu punya kebebasan yang tak terbeli, kamu lebih bebas dari temen-temenmu yang pada punya pacar. Wooyeaah!

Terlepas dari segala gak enaknya jadi jomblo, justru para jomblo punya banyak hal yang layak disyukuri. Jadi, kamu masih suka ngebully temenmu yang jomblo? Yakin tuh, gak pingin jadi jomblo aja? Hidup jomblo! Tetep bahagia ya kamu, mblo! 😀