Setiap individu dari kamu tentu pernah merasakan yang namanya jatuh cinta. Menjalin hubungan dengan status pacaran pun kamu lakukan untuk membuktikan bahwa kalian saling memiliki. Tapi, tak jarang, kuatnya badai yang menerjang bahtera hubungan kalian menyebabkan status kalian berubah dari sepasang kekasih menjadi dua individu yang bertitel “mantan”.

Bergonta-ganti pasangan di masa muda mungkin menjadi kondisi yang bisa dimaklumi, karena tidak ingin salah langkah kelak ketika menjalin hubungan berkeluarga. Sifat orang yang berbeda-beda menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kamu mengakhiri hubungan dengannya. Kali ini, kita akan bercerita tentang tipe-tipe mantan yang mungkin kamu temui dalam kehidupan sehari-hari. Coba tentukan, (mantan) kamu tipe yang mana…

1. Mantan-mantanan alias kekasih waktu fase cinta monyet dulu.

cieee-cieee via imgfave.com

Dulu, kalian adalah pasangan kekasih yang berjanji untuk saling mencintai sehidup semati ketika duduk di bangku SD. Pacaran sih cuman 2 atau 3 mingguan paling lama, kerjaannya cuman ke kantin bareng, surat-suratan, atau telpon-telponan pake telpon rumah ketika sore. Putusnya gara-gara dimarahin orang tua, katanya kalian belum boleh pacaran, karena masih kecil. Namanya juga cinta monyet sih, mau dimasukin ke kategori mantan atau enggak terserah kamu sih, setiap orang pasti pernah ngalamin fase ini 😀

2. Mantan baik hati, kebaikannya membuatmu dulu memilihnya.

Dia baik via www.tumblr.com

Advertisement

Dia adalah sosok yang baik, kalian memutuskan untuk tidak melanjutkan hubungan karena suatu masalah yang berhubungan dengan prinsip. Putusnya pun baik-baik dan kalian berdua bersikap dewasa dalam menghadapi perpisahan, biasanya dia malah jadi temen curhat kamu tak jarang kalian pergi berdua karena udah deket.

3. Mantan Tapi Masih Sayang: udah berstatus mantan, tapi kok masih sayang.

and i will always love you via gifawesomeness.tumblr.com

Nah, yang satu ini sebenarnya kamu masih sayang sih sama dia begitu juga sebaliknya. Jika kamu sadar kalo dia ternyata masih sayang, kamu bisa memintanya untuk balikan lagi. Tapi, coba pikir lagi secara matang-matang agar kalian tidak putus lagi di masa depan.

4. Mantan sih, tapi kok cemburu jika kamu punya gebetan baru.

statusnya sih udah mantan, tapi… via www.richardcrouse.ca

Mungkin kamu tengah menghadapi mantan yang satu ini, dia adalah orang yang tak rela kamu putus. Anehnya walaupun kata sepakat “putus” sudah terucap, dia adalah orang pertama yang gak setuju dengan pacar barumu, bahkan parahnya lagi, dia akan melakukan segala cara agar kamu bisa putus dengan dia.

5. Mantan Pacar With Benefits. Bersyukurlah karena dia saat ini hanyalah mantan.

She’s an ex for a reason via blog.relationshipsurgery.com

Tipe pacar yang satu ini termasuk ke dalam kategori orang yang harus kamu syukuri karena telah meninggalkannya, dia adalah orang yang hanya mencintaimu karena hartamu atau karena kemampuan tertentu yang akan memudahkan hidupnya. Setelah kebutuhannya tercukupi, menghilang entah kemana.

6. Mantan Tukang Selingkuh, ketika diputus merengek minta balikan. Setelah balikan, eh ternyata dia udah mendua di luar sana.

si tukang mendua via www.soc.ucsb.edu

Nah ini adalah tipe mantan yang mungkin akan membuatmu trauma untuk menjalin hubungan lagi dengan orang lain. Bersyukurlah kini hanya mantan.

7. Ada juga Mantan yang membuatmu selalu merasa dimata-matai.

dia yang membuat hidupmu tak nyaman via www.gurl.com

Inilah akibat kalian saling berbagi password email atau akun media sosial ketika saling berstatus sebagai pacar. Akhirnya, ketika hubungan kalian berakhir, dirimu selalu merasa tidak tenang karena suatu waktu mantanmu dapat dengan mudah menstalking kamu.

8. Mantan Cepat Move on: Baru beberapa hari putus, eh dia udah pamer pacar baru aja.

Baru putus kemaren, eh udah ngenalin yang baru aja via blog.wifflegif.com

Ini adalah salah satu mantan yang akan sukses bikin kamu sebel, gimana tidak? Baru beberapa hari putus, eh dia datang lagi ke kamu buat ngenalin pacar barunya. Walaupun niatnya baik, tapi perbuatan itu secara tidak langsung akan mengaduk-aduk perasaanmu.

Jadi aku gak berbekas sama sekali di hatimu?! *ambil tisu

9. Mantan yang Mengundang Kamu ke Acara Pernikahannya.

Hayo, mantannya yang mana??? via www.huffingtonpost.com

Mungkin kamu akan selalu teringat dengan mantan yang satu ini, bukan karena kenangan indah. Tapi, karena dia telah bahagia dengan selingkuhannya, hiks….

10. Mantan yang kamu putusin karena sebab yang (mungkin) sepele, kemudian kamu sesali.

Penyesalanmu kini tiada guna via www.fanpop.com

Pertengkaran akibat ego masing-masing telah membuat kata “putus” mengalir dari mulutmu, setelah putus kamu teringat lagi dengan pesona dirinya yang mampu mengalihkan duniamu kala itu. Tapi….. semua telah terlambat, penyesalanmu kini tak berguna.

11. Mantan yang Jelek-jelekin Kamu: Hobi barunya setelah kalian putus adalah membicarakan kejelakanmu dari belakang.

Mantan : Eh, beb denger-denger kamu lagi deket sama mantan gue, Tono ya?

Gebetan baru: Iya, cyiiin dia lagi PDKT sama aku…

Mantan : Bagus deh, tapi hati-hati aja, dia suka kentut di muka umum.

Gebetan baru : HAAAAAAA??!!!!!

Setelah putus, hobi barunya adalah menjelek-jelekkanmu setiap ada kesempatan. Entah kepada temanmu atau keluarganya sendiri. Menyebalkan bukan? Apalagi jika semua yang dikatakannya ternyata bohong dan hanya bertujuan untuk menghancurkan reputasimu.

12. Udah sama-sama punya pacar baru sih. Tapi kok bilang “aku kangen kamu”? Ini namanya Mantan Masih Kangen.

hayo loh via pixshark.com

Dia adalah tipe mantan yang akan membuatmu merasa negara api telah menyerang ketenangan hidupmu. Benteng move-on yang sudah kamu bangun sedemikian rupa dengan pacar baru akan goyah ketika  dia (si mantan) tiba-tiba bilang:

Aku kangen kamu…

13. Mantan Gak Tahu Malu: Putus gara-gara ketahuan selingkuh, eh kok berani-beraninya malah minta balikan.

minta balikan lagi? no! via www.teen.com

Kamu memutuskannya karena kamu pernah memergokinya selingkuh, eh besoknya dia merengek minta balikan ke kamu. Sebaiknya kamu pikir dulu matang-matang untuk menerimanya kembali, karena bisa jadi dia mengulangi perbuatannya untuk yang kedua kalinya.

14. Kamu udah bersikukuh nolak dia, tapi dengan berbagai macam cara dia mulai mendekati orang tuamu.

mendekati orang tuamu via rebloggy.com

Dia adalah tipe mantan yang udah kamu tolak berkali-kali ketika dirinya minta balikan, namun, dia tetap kukuh untuk mengejar kamu dengan cara mendekati orang tuamu.

15. Mantan Jadi Sahabat, membuat pacar barumu selalu was-was jika kamu bertemu dirinya.

sekarang kita sahabatan aja via www.tumblr.com

Putus tak berarti kalian saling memutuskan tali silaturahim, dengan prinsip tersebut akhirnya kalian memutuskan untuk menjalin persahabatan. Tapi, tak jarang persahabatanmu dengan sang mantan akan membuat pasangan barumu selalu was-was dan curiga ketika kamu bertemu dengannya.

16. Mantan Khayalan, dia ada di hatimu (dan di hati orang lain)…

Keep dreamin, boys.. via www.bintang.com

Karena penggemarnya banyak, kamu cuma bisa berkhayal pernah pacaran dengan mantan yang satu ini.

17. Mantan Terindah yang bikin dirimu susah lupa…

Mantan terindah

Engkau di sana, aku disini

meski hatiku memilihmu

Yang tlah kau buat

sungguhlah indah

buat diriku susah lupa

(Raisa-Mantan Terindah)

Gausah kamu sesali, semuanya hanya kenangan.

18. Mantan jadi manten, eaaa!

mantan jadi manten via sidomi.com

Inilah mantan yang ingin dimiliki semua orang, mantan pacar yang kini jadi pasangan sejati yang akan setia mendampingimu baik susah ataupun senang. Setelah sekian lama pacaran akhirnya cita-cita kalian untuk membangun sebuah keluarga akhirnya tercapai.

Nah, itulah tipe-tipe mantan yang biasa kita temui di kehidupan sehari-hari. Emang unik, karena orang bisa berubah ketika berhubungan dengan yang namanya cinta. Termasuk tipe yang manakah mantanmu? 😀