Film kartun memang jadi tontonan favorit bagi siapapun dari segala macam usia. Nggak cuma anak kecil saja yang bisa menikmati bagaimana lucunya tontonan tersebut, kalangan remaja dan orang dewasa juga seringkali secara sadar merasa dihibur olehnya. Nah, bagi kamu penggemar kartun, pernah nggak sih menyadari mengapa banyak karakter dari tokoh kartun favorit yang berwarna kuning?

Ternyata pemilihan warna kuning pada karakter tokoh kartun bukan sembarangan dan tanpa alasan, lho.  Inilah alasannya!

1. Sebelumnya, alangkah lebih baik kalau kita mengingat-ingat siapa saja pasukan kuning tersebut…

Pasukan kuning! via www.unilad.co.uk

Kamu pasti tahu betul jika ada banyak karakter kartun dengan warna kuning itu. Sebut saja di antaranya yang begitu dikenal baik, yakni Spongebob, para Minions dari film Despicable Me, juga ada The Simpsons, Pooh, si imut Tweety, Pikachu, Dorami si adik dari Doraemon, dan masih ada banyak lagi.

2. Lalu, kenapa tokoh kartun kebanyakan bernuansa kuning? Jadi, begini…

Seperti diketahui dari laman YouTube milik ChannelFrederator, nyatanya para kreator sudah memikirkan dengan baik soal warna untuk tiap karakter secara matang-matang. Jelas nggak sembarangan. Dan, berdasarkan struktur warna, cara termudah untuk membuat karakter kartun lebih menarik adalah perbedaan visual yang mencolok dengan latar belakang namun tetap tidak saling berbenturan. Masalahnya, latar belakang kartun lebih banyak menggunakan warna biru untuk awan dan lautan. Untuk itulah kuning memang sengaja dipilih agar menjadi warna yang sangat cerah dan pas kalau disandingkan dengan warna biru yang cenderung kalem. Paduan biru dan kuning akan jadi pasangan yang sempurna.

3. Masih belum mantap dengan jawabannya?

Advertisement

kuning-biru~ via www.bomb01.com

Menurut ahli psikologi, paduan antara warna biru dan kuning akan menciptakan visual yang terasa nyaman dan enak dipandang. Warna kuning nan terang juga akan lebih membuat para penonton jadi fokus, sehingga perhatianmu akan fokus dan nggak terganggu oleh hal-hal kecil lainnya. Sementara, warna lain seperti oranye, hijau, atau ungu tidak dipilih karena akan cenderung menimbulkan bentrokan warna yang mengganggu visual.

4. Selain itu, kuning juga dikatakan sebagai warna yang bisa membangun mood menjadi lebih baik

YEAY! via coda-craven.org

Jika membicarakan soal psikologi warna lainnya, jelas jika tiap warna memiliki maknanya sendiri-sendiri. Film animasi Inside Out misalnya, warna seperti merah dan biru yang digunakan sebagai warna dasar beberapa karakter di dalamnya dimaknai cenderung negatif dan menyebabkan stres mental. Sedangkan warna kuning memberi arti dan makna kehangatan serta kebahagiaan. Warna kuning juga bisa menimbulkan hasrat untuk ingin bermain. Secara psikologis, makna kuning dari karakter kartun memang seolah ingin mencerminkan kebahagiaan, kegembiraan, dan sosok yang periang.

Nggak cuma itu, kuning juga menjadi warna yang paling terlihat pada spektrum dan menyebabkan sel mengerucut di mata ketika tengah memproses cahaya, itu yang kemudian menjadikan warna kuning lebih cepat ditangkap oleh mata, karena semakin terang maka akan semakin cepat juga untuk tertangkap.

Selain itu, warna kuning juga punya arti tersendiri bagi mereka yang mengidap buta warna. Para penderitanya masih bisa melihat warna kuning tersebut. Jadi, rasanya sangat wajar kalau kemudian banyak dari karakter kartun menggunakan kuning dalam tokohnya, agar bisa dinikmati oleh siapa saja.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya