Siapa yang tak mengenal Facebook, lebih dari seperempat penduduk bumi sudah mengenal bahkan menggunakannya. Kalau kita lihat sekeliling saja, dari mulai orangtua, dosen, guru, dan teman-teman kita sudah menggunakan Facebook semua. Tak peduli tua maupun muda, kaya ataupun miskin. Facebook telah berhasil menarik banyak orang dengan keunggulannya dalam menciptakan realitas virtual. Entah sehari berapa kali, kita tergoda untuk mengecek salah satu platform media sosial ini.

Facebook mungkin tampak seperti sebuah alat semata, yang tidak akan melakukan apapun ketika kita stalking mantan atau mengunggah foto bersama gebetan. Tapi faktanya, Facebook tidak sepolos itu, karya Mark Zuckerberg ini tahu banyak sekali informasi tentang kita. Dan terkadang ini jadi fakta yang mengerikan.

Sejak April 2016, Facebook menggunakan alat pengenal objek di setiap gambar yang ditambahkan di halaman kita

Upload foto via imore.com

Saat kita mengunggah foto ke Facebook terkadang teman atau keluarga kita secara otomatis di-tag oleh Facebook. Ini biasanya terjadi pada akun-akun yang tidak diatur privasinya dan bagi beberapa orang ini tentu sangat mengganggu. Apakah kamu pernah merasakan hal semacam ini saat mengunggah foto ke Facebook?

Teknologi ini ternyata bukan hanya bisa mengidentifikasi orang saja. Banyak sekali informasi lain yang diambil dari sana.

Identifikasinya detail banget via chrome.google.com

Advertisement

Adam Geitgey, seorang pengembang software dibalik Show Facebook Computer Vision Tags Chrome Extension telah berhasil membantu kita untuk melihat semua data yang dikumpulkan Facebook mengenai foto personal kita. Software plugin buatan Geitgey ini bisa kamu lihat di sini. Kamu akan melihat betapa cerdasnya Facebook menguraikan objek foto dari mulai hewan sampai manusia.

Facebook bisa tahu ada berapa jumlah orang yang ada di fotomu, entah mereka duduk atau berdiri. Bahkan ia tahu apakah kamu mengambil fotomu di dalam atau di luar ruangan. Ditambah lagi, teknologi ini juga bisa menguraikan lanskap dari berbagai daerah.

Kalau kamu ingin menjaga privasi hidupmu, jangan lagi sembarangan mengunggah fotomu di Facebook

Disimpan sendiri saja via roughapple.com

Seperti yang sudah dijelaskan, semua foto yang kamu unggah di Facebook akan “dibaca” oleh sebuah sistem yang bisa dipastikan sudah merenggut privasimu. Kita mungkin tidak merasakan dampaknya sekarang, tapi suatu saat, entah kapan ketika informasi-informasi itu ternyata sangat berharga, baru mungkin kita akan merasakannya. Kalau kita ingat film-film yang bercerita tentang teknologi, bukankah sangat berbahaya ketika banyak informasi bisa dikumpulkan dari seseorang? Hidup kita tidak akan bebas lagi, kita akan selalu dihantui oleh “kejaran” teknologi.

Seperti dilansir dari metro.co.uk, Facebook sudah mengklarifikasi bahwa teknologi yang mereka gunakan ini bernama Automatic Alternative Text, yang mereka anggap akan sangat berguna juga bagi para penggunanya. Hmm, apa pendapatmu tentang teknologi yang Facebook gunakan ini?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya