Malas adalah penyakit yang bisa menyerang kapan saja. Bahkan, saat kamu hendak pergi ke kantor. Entah karena kamu malas beranjak dari kasur, atau malas bertemu dengan atasan. Tapi kamu gak mungkin dong beralasan enggak berangkat hanya karena malas?

Kamu : Bos, hari ini saya gak masuk ya…

Bos : Lho, kenapa? Sakit?

Kamu : Gak, bos. Lagi malas aja.

Bos : Oh ya udah, besok dan selamanya gak usah lagi kerja di kantor saya.

Kamu harus memutar otak dan jadi lebih kreatif dalam membuat alasan demi bisa bolos dan lolos dari ancaman potong gaji. Penasaran alasan apa aja yang bisa kamu gunakan demi bolos kerja sehari dua hari? Yuk, simak penjabaran Hipwee!

1. Sakit adalah satu-satunya alasan klasik yang bisa dan biasa kamu pakai. Hati-hati pake alasan ini, terlalu sering nanti kamu malah benaran sakit, lho!

sakit bro, sakit via mirandarph.tumblr.com

Kamu : “Pak, hari ini saya ijin gak masuk ya. Gak tahu kenapa dari semalem meriang, sekarang mendadak demam.”

Bos : “Oh ya sudah, istirahat ya. Wah, sayang banget kamu gak masuk hari ini, padahal hari ini masuk kantor cuma setengah hari.”

Kamu : “Lho, kok gitu pak? Memangnya ada acara apa ya?”

Bos : “Kamu lupa ya? Hari ini ‘kan ulang tahun kantor, kita kerja setengah hari karena nanti malam ada pesta di ballroom hotel. Wah, sayang banget kamu gak bisa ikut ya. Ya sudah semoga cepat sembuh.”

Advertisement

Mendadak kamu jadi bener-bener meriang.

HAHA

2. “Bos, maaf hari ini saya gak masuk, saya diare akut, kayaknya salah makan.”

maap bos, diare saya bos via www.cribeo.com

Reaksi bos kamu (kalau dia jelmaan malaikat) : “Oh iya gak papa, istirahat ya dirumah, cepet sembuh.”

Kamu : “Iya bu, terimakasih” *girang, loncat-loncat di kasur*

atau

Reaksi bos kamu (kalau dia jelmaan Dajjal) : “Oh, perutnya ya yang sakit? Tangannya masih bisa ngetik ‘kan berarti? Saya tunggu laporannya jam 4 ini selesai ya.”

Kamu : “Iya bu.” *ngunyah bantal*

3. Butuh alasan yang instan tanpa banyak penjelasan? Bilang aja salah makan terus keracunan. Hehe

sakit saya pak, sakit via todrinkandwrite.com

Tapi beda ceritanya kalo bosmu termasuk orang yang kepo

Kamu : “Halo, bu, maaf sekali hari ini saya tidak bisa ngantor, sepertinya saya keracunan makanan.”

Bu bos : “Oh ya? Habis makan dimana kamu?”

Kamu : *ngarang* “Mmm..anu bu, kemaren malam saya habis makan di warteg belakang kantor. Hehe”

Bu bos : “Oh ya? Warteg yang mana? Yang catnya biru apa yang hijau?”

Kamu : *tambah ngarang* “Mmm..yang catnya hijau kalau gak salah bu.”

Bu bos : “Lho… kemaren saya juga habis makan di situ tapi kok saya gak kenapa-kenapa tuh, emang kamu ngambil lauk apa?”

Kamu : *mati kutu – lambaikan tangan ke kamera*

4. Alasan alergi juga bisa kamu gunakan demi kabur dari kantor sehari

anu pak bos, saya kutuan alergi via blog.art21.org

Kamu : “Pak, maaf sekali, hari ini saya tidak bisa masuk ke kantor.”

Pak Bos : “Oh ya? Kenapa memang?”

Kamu : “Saya alergi seafood pak, kemarin malam saya makan seafood, lalu paginya langsung gatal-gatal dan meriang.”

Pak Bos : “Lha bukannya kemarin Senin kamu makan siang sama saya di resto seafood, selasanya kamu gak papa ya?”

Kamu : “Ya itu juga pak, kayaknya efeknya hari ini pak. Hehe”

Pak Bos : “Oh gitu ya?”

Batin Pak Bos :

Potong gaji nih!

5. Bilang aja kamu lagi hari pertama datang bulan, pasti bosmu bakal percaya. Gak bakal dicek juga ‘kan?

lagi dapet bos via www.buzzfeed.com

Kamu : “Bu, hari ini saya ijin gak ngantor dulu karena sedang haid hari pertama.”

Bu bos : “Kamu sebulan berapa kali kedatangan tamu? Kok menurut catatan absen, 2 minggu yang lalu kamu juga ijin gak masuk karena haid?”

Kamu : *ngarang* “Oh iya bu memang bulan ini sedang tidak teratur.”

Bu Bos :

yakin kamu? via www.reactiongifs.com

6. “Maaf, bu, besok saya ijin masuk siang, karena paginya ada janji periksa sama dokter.” Alasan kalau kamu pengen masuk siang, gara-gara malamnya begadang.

ada janji sama dokter via dmtemp1013.blogspot.com

Bu bos : “Oh iya gak papa, tapi habis selesai janji sama dokter kamu masuk kantor ‘kan?”

Kamu : “Iya bu, siang setelah jam makan siang, saya langsung ke kantor.”

Lumayanlah, ngantornya siang, bisa bobok lebih lama. Fufufu~

7. Selain sakit, kamu juga bisa kok ngejadiin birokrasi pemerintah yang lelet sebagai alasan. Hehehe

antri panjaaang via m.pikiran-rakyat.com

Kamu : “Pak, besok saya ijin dulu tidak masuk ke kantor.”

Pak Bos : “Lho, ada apa memangnya?”

Kamu : “Itu pak, saya harus ngurus perpanjangan SIM kemudian STNK. Bapak tahu sendiri ‘kan ribetnya kayak apa?”

Pak Bos : “Oh ya ya, ya sudah, silahkan.”

8. Mendadak harus ke bank, jadi ijin telat masuk ke kantor atau pulang awal dari kantor. Cerdas!

bilang aja mau ke bank via www.pustakasekolah.com

Jam 12.00

Kamu : “Pak, maaf sekali saya tiba-tiba harus ke bank karena ada masalah dengan rekening saya.”

Bos : “Oke, balik ke kantor jam berapa kamu?”

Kamu : “Masih, belum tahu pak, nanti seselesainya urusan di bank, saya langsung kembali lagi.”

jam 15.00

Kamu : “Pak, maaf saya masih antrian ke 503 jadi ini belum selesai urusan dengan pihak banknya.”

Bos: “Ya sudah tidak apa-apa.”

Kamu : “Iya, pak, maaf sekali ya pak. Terimakasih.”

(dalam hati) : “YES. HORE, bisa bobok ciang!”

9. “Maaf pak, hari ini saya ijin dulu, nenek saya yang di kampung baru saja meninggal dunia.”

maaf, pak, nenek saya meninggal lagi via replygif.net

Bisa dipastikan bos kamu bakal bilang :

“Saya turut berduka cita ya. Kamu yang tabah ya.”

Yah, semoga aja gak ditambahin :

“Nenekmu dari ayah atau ibu? Kampungnya dimana? Dimakamkan jam berapa? Kamu emang harus ke sana ya? Nanti saya kirim karangan bunga ke sana.”

Ps : Kalo perlu bikin list nama sodara yang udah meninggal, biar bisa dibikin alasan buat esok ke depannya.

Pss : Bilang juga kalau yang meninggal tu rumahnya di luar kota atau di pelosok desa, pokoknya jauuh. Gak ada sinyal ponsel! Hehe

10. Yang ini juga gak kalah klasik: Pakai alasan acara keluarga atau ada saudara yang menikah.

nikahan entah siapa saudara via nurvirtamonarizqa.blogspot.com

Kamu : “Bu, saya minta ijin hari ini tidak ngantor, karena ada acara lamaran kakak saya.”

Bos : “Oh iya, turut berbahagia ya. Eh, bukannya kakak kamu yang kemarin ketemu saya bawa anak itu ya?”

Kamu : *ngeles* “Anu bu, yang mau nikah kakak tiri saya.”

Bos : “Oh, jadi kamu punya kakak tiri? Kamu sendiri kapan dilamar?”

Kamu : GLEK!

11. Semua bisa dijadiin alasan, sampai bencana alam juga dijadikan kambing hitam.

rumah eyke banjir bos via vscministries.org

Tapi alasan ini harus liat sikon musim, misal musim ujan, bilang aja rumah lagi kebanjiran.

Kamu : “Pak, maaf, hari ini saya tidak bisa ngantor karena rumah saya kebanjiran.”

Bos : “Lho, rumah kamu bukannya sebelahan sama Jali? Kok hari ini dia ngantor-ngantor aja tuh.”

Kamu : *berpikir keras* “Mmm.. anu pak, banjir lokal.”

Bos : “Kok bisa banjir lokal?”

Kamu : *berpikir keras, berusaha berlogika* “Anu pak, karena hujan semalam air di kolam ikan kepenuhan jadi masuk rumah. Hehe.”

Bos : “Oh ya sudah.”

Kamu : *fiuh*

Apa kamu juga sering menggunakan salah satu dari ragam alasan di atas demi tidak masuk kantor? Kalau ada alasanmu yang belum tertulis di atas bagi-bagi dong sama Hipwee, tambahin di kolom komentar yak! Biar alasan kita bolos jadi makin banyak. Hahahaha