Memulai hubungan dengan seseorang sama susahnya dengan mengakhiri hubungan tersebut. Karena mulainya kan udah sulit tuh, jadi mengakhirinya pun nggak boleh sembarangan. Biar usaha yang di depan tadi nggak berasa sayang, alias nggak penuh dengan kesia-siaan.

Memang, ada beragam trik dan cara untuk memutuskan atau menyudahi hubungan spesial yang sudah kamu jalin berbulan-bulan atau bahkan sudah menahun. Niatnya sih biar si dia nggak merasakan sakit yang teramat di belakang, makanya kamu kudu pilih cara yang elegan. Supaya walaupun hubunganmu dan dia sudah berakhir, tapi dia bakal ingat kamu karena cara mengakhirimu yang unik banget

Cek deh beberapa cara elegan nggak biasa ini untuk mengakhiri hubunganmu dengan dia :

1. Kirim kartu pos ke ortunya dan bilang MAAF karena batal jadi mantu

walau tak saling bertatapan, tulisan sedikit banyak akan membantu via www.ohio.edu

Untuk : Om Irwan dan tante Rahmi

Dari : Andina, yang sempat mendeklarasikan diri sebagai calon mantu kalian

Om, tante, maaf ya, dengan datangnya kartu pos ini saya juga mau menyampaikan permohonan maaf yang teramat dalam. Sebab, dengan ini pula saya membatalkan diri untuk jadi menantu om dan tante. Semoga tali silaturahmi kita tetap terjaga ya. Salam buat Iqbal.

Advertisement

Ini berlaku buat kamu yang sudah kenal dengan orangtua pasanganmu. Biasanya sih kalian yang sudah punya hubungan kelewat lama, tapi tetap pada akhirnya nggak bisa bersama. Hiks! sedih. Daripada bingung bagaimana ngomong dengan elegan kepada pasanganmu, apalagi kepada calon mertuamu itu, mending beli kartu pos. Entah pada akhirnya bakal disimpen atau dibakar sih #ehh.

2. Kirim kotak obat-obatan yang sering dikonsumsi (ex) pacar kamu, tambahin note bersamaan dengan obat-obatan itu

ketahuilah si dia rentan kena sakit apa via d2ic969nxgkjnx.cloudfront.net

Makanya cari pacar yang sakit-sakitan biar gampang mutusinnya. Nggak gitu juga sih -_- Tapi kalau dia nggak punya penyakit apapun, kamu bisa menyudahi hubungan dengan memanfaatkan musim. Misalnya pas masuk musim pancaroba nih, peralihan dari kemarau ke penghujan atau sebaliknya. Kan rentan kena flu tuh. Kirimlah seperangkat obat flu dan demam atau kalau dia punya alergi apa juga tambahin, kirim ke rumah atau kosannya. Tambahkan note :

“Bal, kamu jaga diri baik-baik ya. Tetep sehat setiap hari. Karena aku udah nggak bisa jagain kamu lagi.”

Ya semoga dia nggak langsung bunuh diri dengan minum semua obat-obatan itu.

3. Bilang aja kalau semalam kamu mendapat wangsit melalui mimpi jika dia bukan jodohmu

dreaming dreaming via www.venusbuzz.com

“Bal, aku mau ngomong serius nih.”

“Apaan Ndin?”

“Semalem aku mimpi, tapi rasanya nyata banget. Rasanya seperti suatu pertanda gitu deh, dan kalau nggak menuruti apa yang ada di mimpi itu aku ngerasa bakal dosa.”

“Mimpi apa sih?”

“Aku ketemu seseorang, entah orang atau bukan, aku nggak bisa ngeliat mukanya. Dia bilang ke aku kalau Kamu bukan jodohku.”

DZIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIING

Nah, ini nih, ini, entah bakal berhasil apa enggak. Jangan-jangan dia bakal iya-iya aja kamu putusin, karena menganggapmu sudah nggak waras. Ya daripada dia pacaran sama orang yang menganggap semua mimpi itu nyata, dengan penjelasan yang nggak rasional. Adududuh ~~~

4. Untuk kemaslahatan umat (ceilah), nggak ada cara terbaik selain mengajaknya bertaubat…

Tobat yok dek via photos2.meetupstatic.com

Jodoh sudah ada yang ngatur Bal, sama kaya rejeki dan mati. Misal pada akhirnya kita emang jodoh, kita bakal ketemu lagi kok. Daripada ini diterusin tapi ternyata nggak bersama, kan nyesek. Aku pikir-pikir ternyata pacaran itu buang-buang waktu.

Ya kalau nggak ada angin nggak ada ujan tiba-tiba pas ketemu kamu ngomong begini ya dia bakal kebingungan sih. Seperti yang disebut di awal tadi, jangan sembarangan mengakhiri hubungan dengan anak orang, apalagi tanpa adanya sebab yang jelas. Kalau sudah mempertimbangkan segalanya, dan jalan putus dirasa yang terbaik, kamu coba aja ngomong baik-baik dengan cara ini.

5. Ini klasik sih, tapi emang bisa diaplikasikan buat mengakhiri hubungan secara baik-baik

“kamu terlalu baik buat aku” via s.kaskus.id

“Bal, kita udahan aja yok.”

“Apanya?”

“Pacarannya. Kamu terlalu baik buat aku Bal.”

(((tatapan nanar. Otaknya nggak nyampe buat mikir di gelombang yang sama)))

Ini klise, banget! Pastilah pasanganmu bakal langsung mikir, kalau memang dia baik kenapa kamu justru menyudahi hubungan kalian? Pemutusan ini biasanya juga disertai ucapan aku nggak layak buat kamu , atau kamu pantas mendapatkan pasangan yang lebih baik dari aku ??? Percayalah, kata “BAIK” disini merupakan kata kiasan, alias bukan makna sebenarnya ~~~ Biasanya ini dilontarkan saat Kamu sudah merasa bosan, dan nggak punya alasan sebenarnya untuk mengakhiri hubungan. Akhirnya ya alasan mengada-ada ini yang keluar dari bibirmu.

6. Puisi nggak cuma bisa bikin hubunganmu romantis, bahkan bisa juga buat hati dia teriris

ya walaupun abis baca tetep begini via www.scaryforkids.com

Ku temui sajak baru di kota

Kota yang terpaut ratusan kilometer darimu

Mulanya, ku coba menyelipkan peluk pada jumpa

Ku belai dirimu dengan kata

Tapi rasanya, lama-lama ku tak bisa

Ku tak lagi bisa bernyanyi merdu untukmu

Angin kabarku pun makin jarang menghampirimu

Masih akan selalu ada jejak kakimu disini

Tapi maaf, hanya cahaya yang ku hibahkan padamu menangkap ihwal duka tawa

Dan sederet kenang ketika pulang

Sampai jumpa sayang

Untuk memunculkan kesan romantis terakhir kalinya (((terakhir kalinya))), kamu bisa menggunakan media puisi atau lagu dalam mengatakan kata putus. Basa basi di bait pertama dan kedua lalu sampaikan maksudmu dan alasanmu di bait ketiga atau terakhir. Gunakanlah kalimat dalam puisi atau lagumu yang menegaskan bahwa kamu tidak menyesal telah mengenalnya meskipun akhirnya kalian harus putus, setidaknya tidak ada perasaan benci di antara kalian. Semangat ya, kamu!

7. Scrapbook, selain memberi kesan elegan juga dapat membuat kalian abadi dalam kenangan

semoga scrapbook dapat membantu via www.scaryforkids.com

Membuat scrapbook berisi foto maupun cerita selama menjalin hubungan mungkin bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatakan kata putus yang lebih elegan. Pesan kesanmu selama menjalin hubungan dengannya, alasan mengapa kalian putus, kalimat yang bisa meng-encourage dia untuk segera move on pada pasangan yang lebih baik serta ucapan terimakasih karena telah hadir dalam hidupmu bisa kamu tambahkan dalam scrapbook-mu.

8. Dinner juga bisa jadi cara terakhir buat kamu terkesan “jantan”

dinner elegan via eurochefofpalmbeach.com

Dinner seringkali jadi pilihan banyak orang sebagai momen yang tepat untuk mengakhiri sebuah hubungan. Sebab, sebagain percaya, dinner bisa membantu pasangan mendapatkan suasana yang tenang dalam ketegangan saat mengutarakan kata putus. Pilihlah tempat dinner senyaman mungkin. Nyaman tidak selalu identik dengan mahal loh ya.

Ketika kamu dan pasangan telah menyepakati bahwa putus adalah cara terbaik untuk kalian berdua, maka sesungguhnya saat itu kamu telah menciptakan momentum putus yang elegan karena tidak ada hati yang tersakiti akibat keputusan salah satu pihak untuk mengakhirinya.

Sebab, se-elegan apapun cara yang digunakan untuk mengakhiri hubungan kalian, putus akan selalu identik dengan kata sedih, air mata, patah hati, dan frustasi. Semua itu akan tetap menjadi “kawan” pasanganmu, selama dia belum bisa move on. Meskipun demikan, setidaknya putus dengan cara yang elegan dapat menciptakan kesan baik dengan si mantan.