Kalau jaman dulu yang termasuk dalam kebutuhan primer hanya sandang, pangan, dan papan, maka jaman sekarang internet juga termasuk ke dalam jejeran kebutuhan pokok. Hidup ini tiba-tiba hambar rasanya ketika tak ada jaringan internet. Kamu pun jadi merasa bingung, galau, dan mati gaya. Kalo diibaratkan keadaanmu mirip sayur yang lupa digaremin.

Tapi, mulai sekarang kamu gak usah bingung lagi kalau koneksi internetmu tiba-tiba mati, karena ada banyak hal yang bisa kamu lakoni!

1. Mandi aja! Kelamaan ngenet kamu pasti udah lupa kapan terakhir kali mandi~

mandi aja biar wangi via giphy.com

Gak usah bingung lagi kalau internet mati kamu kudu ngapain. Mandi aja biar wangi. Semenjak sibuk menjelajah dunia maya, kamu gak sadar sudah berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk menatap layar. Bisa jadi dari bangun tidur sampai hari sudah berganti kamu betah gak mandi. Jadi, mandi merupakan pilihan paling bijak yang bisa kamu lakoni saat internet terputus. Mungkin nanti setelah kamu selesai mandi pas internetnya udah nyala (Insya Allah). Badan wangi, siap chattingan lagi sama gebetan, ye gak?

2. Daripada emosi karena internet yang mati, mending kamu makan aja deh. FYI,perut kenyang bisa membantu mengendalikan emosi.

makan aja tapi jangan sambil emosi via gifemotions.tumblr.com

Advertisement

Mandi dan mematut diri di depan kaca selesai dilakoni, namun internet tak kunjung nyala? Mungkin kamu perlu mengisi tenaga. Yup, daripada sibuk ngomel (nambahin dosa) karena internet yang gak kunjung tersambung, mendingan kamu makan aja. Perut kenyang bisa jadi pengendali supaya kamu gak terlalu emosi. Dan, mungkin saja setelah makan selesai koneksi internetmu sudah tersambung lagi.

Nb : Makannya gak usah emosi ya, ayamnya aja yang dimakan, piringnya jangan :’)

3. Mungkin kamu bisa juga mengisi waktu dengan tidur, siapa tahu sewaktu tidur nanti kamu bisa mimpi lagi internetan.

tidur aja via s919.photobucket.com

Tidur aja, siapa tahu kamu ngimpi lagi internetan. Tapi pastikan kamu tidur di tempat yang aman ya, jangan kayak maz di atas, ‘kan atit kalau jatuh 🙁

4. Gak perlu sedih juga, waktunya mantengin film dan serial yang selama ini udah kamu download tapi belum sempat ditonton.

nonton tumpukan film aja di laptop via imgarcade.com

Jika langkah pertama dan kedua sudah kamu lakoni namun internet masih mati, kamu bisa membunuh waktu dengan menonton kumpulan film yang tertimbun di hard disk maupun laptop. Cara ini dijamin ampuh mencegahmu melongo atau melakukan sesuatu yang tak bermakna. Coba aja nonton 10 season film serial secara maraton, dijamin pas filmnya kelar, internet juga udah nyala, kamu juga langsung tepar.

5. Kamu juga bisa baca buku untuk sekedar mengisi waktu plus menambah ilmu

baca buku aja biar pinter kayak mbak hermione via www.zimbio.com

Kalau matamu lelah karena terlalu lama menatap layar, kamu bisa membaca buku selama menunggu. Hal ini juga bermanfaat karena bisa menambah wawasan. Lihat aja mbak Hermione Granger, dia bisa juara kelas karena rajin baca buku bukan getol chattingan atau ngepoin media sosial gebetan. #eh

6. Mungkin ini merupakan tanda dari Tuhan bahwa kamu harus mulai berinteraksi dengan orang beneran.

berkumpul dengan teman via www.indiegogo.com

Anggap aja deh ini teguran Tuhan buat kamu. Supaya kamu gak terus-terusan jadi zombie yang aktif hanya di jejaring sosial. Ini saatnya kamu menggerakkan badan untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang sekitaran, biar kamu gak lupa gimana rasanya jadi manusia! Nah!

7. Kamu bisa menelefon dan ajak ketemu temen yang selama ini cuma berjumpa via Facebook.

ketemu sama temen via fistintheair.com

Inilah saatnya kamu menghubungi dan bertemu lagi dengan teman lama. Supaya janji-janji kalian selama ini bisa terealisasi. Ajang ngopi-ngopi sembari silaturahmi bisa kamu lakoni. Toh, ketemu orang beneran lebih asyik daripada sekedar chattingan. #sikap

8. Atau mau pacaran juga boleh kok (kalau punya pacar :p)

pacaran juga boleh via becuo.com

Gak usah aneh-aneh dulu pikirannya. Pacaran itu bisa kok kamu isi dengan kegiatan bermanfaat. Kamu bisa saling curhat sama pasangan, selfie bareng, atau mungkin masak berdua. Tuh ada faedahnya ‘kan internet mati? Kamu justru makin harmonis sama pasangan, gak berantem lagi gara-gara pacar sibuk komenan sama yang lain. Eaaa.

Lagi jomblo? Gak punya gebetan? Gak punya TTMan? ya udah main aja sama hewan peliharaan.

yaudah pacaran aja sama hewan peliharaan via pixshark.com

9. Olahraga pun bisa kamu lakukan untuk membakar lemak yang tertimbun selama kamu tak melakukan kegiatan.

olahraga aja biar 6 pack kayak brad pitt via www.totalprosports.com

Sembari menunggu koneksi kembali tersambung, kamu bisa kok olahraga kecil-kecilan. Itung-itung bakar lemak di tubuh biar makin sehat gara-gara kelamaan duduk. Mungkin lari keliling komplek 10 kali, atau naik turun tangga 15 kali bisa kamu lakoni. Yah, semoga internetnya nyala duluan bukan kamu yang tumbang duluan.

10. Kalau malas olahraga, bersih-bersih kamar dan rumah bisa dijadikan alternatif membakar kalori!

bersih-bersih rumah aja, sekalian bakar lemak via www.bustle.com

Bagai sekali dayung dua pulau terlampaui, kamu bisa juga beres-beres kamar. Gak hanya membakar kalori dalam tubuh, tapi juga supaya kamar kamu kelihatan lebih bersih dan rapi dari sebelumnya. Sehabis bersihin kamar tapi internet masih belum nyala? Mungkin kamu bisa bersihin segala penjuru rumah, nyapu genteng, ngelap dinding, nguras kolam renang, ngepel atap, pokoknya semua deh dibersihin. Biar pas koneksi udah tersambung, rumahmu juga udah rapi dan nyaman buat internetan.

11. Kata siapa tanpa internet hidupmu merana? Main game tanpa jaringan internet bisa banget kok!

maen game aja! via neurolove.me

Kamu pun bisa mengisi waktu dengan main game yang gak membutuhkan jaringan internet. Contohnya aja nih Call of Duty, FIFA, PES, Mortal Combat, Tekken. Coba deh ajak orang rumah termasuk papa, mama, kakek, nenek untuk ikut main, pasti tambah seru.

12. Gak punya video game juga? Gak papa! Kamu bisa main game T-rex dengan bermodalkan laptop aja

main game t-rex aja via www.omgchrome.com

Mungkin banyak dari kamu yang masih belum tahu game ini ada. Padahal, game ini memang didesain supaya membunuh kebosanan selama jaringan internet yang terputus. Caranya juga gampang kok, tiap kali internet tidak tersambung dan ada gambar dinosaurus, kamu bisa memencet tombol spasi atau panah atas. Tapi cuma tersedia di Chrome, ya. Mainnya pun gak susah karena game ini mirip Flappy Bird. Bahkan, kamu juga bisa adu highscore dengan temanmu. Tuh, kurang asik apa coba?

13. Kalau semua cara udah kamu lakukan dan kamu hampir mati bosan, banyakin doa aja. Semoga dengan begini internet jadi cepet nyala.

berdoa aja biar cepet nyala via www.bestfan.com

Ini saatnya kamu kembali mendekatkan diri kepada Tuhan. Siapa tahu doamu didengar dan voila! internet langsung nyala saat itu juga. Alhamdulilah ya, rezeki anak sholehah.

14. Masih belum nyala? Ah elah, jangan kayak orang susah deh! Pindah tempat aja, cari internet yang hidup.

cari aja wifi gratis via themetapicture.com

Gak usah kayak orang susah, pindah aja ke tempat yang punya jaringan wifi. Kalo kamu punya modal lumayan, kamu bisa ngopi-ngopi cantik di cafe sambil memanfaatkan koneksi wifi yang ada. Tapi kalau modalmu seadanya, gunakan aja wifi di minimarket. Kamu cuma tinggal beli kudapan dengan harga paling murah. Kalau sama sekali gak punya dana, kamu bisa ngemper di koridor kampus atau membobol koneksi wifi milik tetangga, semoga berhasil ya! 😀

Please gak usah galau lagi kalau internet mati, karena kamu punya kehidupan nyata yang lebih indah dari dunia maya.