Secara mengejutkan, standup comedian indonesia, Kemal Palevi kembali menjadi buah bibir pemberitaan netizen. Kali ini bukan tentang karya-karya yang dia hasilkan atau launching film yang dimainkannya. Melainkan tentang video youtube yang Kemal unggah pada channel pribadinya : Kemal palevi #IsengnyaKemal

Isengnya kemal via twitter.com

Kejadian ini bermula saat Kemal Palevi mengunggah video berdurasi 7 menit 30 detik di kanal YouTube miliknya pada hari Sabtu (16/4/2016). Video berjudul Nanya Ukuran BH #IsengnyaKemal tersebut dipromosikan via Twitter dan Instagram. Namun, beragam reaksi pun bermunculan, ada yang pro ada yang kontra. Salah satunya reaksi muncul dari rekan se-profesinya Pandji Pragiwaksono. Melalui akun video pandji yang di upload melalui vidio.com berjudul MIKIR EPS 13: Mengapa kami menyinggung.

Pada awal pembuka Pandji mengatakan..

Vidio.com MIKIR via www.vidio.com

‘Gue mau ngomongin apa yang terjadi sama Kemal palevi, Gue gak ngebela Kemal, gue tau Kemal salah. Mungkin Kemal merasa dia muda, dia tahu fans-fansnya dia kan umur-umur segitu ( Anak SMP-SMA ) mungkin dia pikir dia bisa melakukan itu, yang gak dia pikirkan adalah orang lain yang melihat joke tersebut.’

Advertisement

Kemudian Pandji menambahkan

Dan kenapa ini terjadi? Karena komedian selalu bermain dengan batasnya dimana. Emang Kemal kira itu lucu? Pandji kira itu lucu? Ya memang lucu, tapi hanya untuk beberapa orang.

Sekali lagi, Pandji mengatakan bahwa dia tidak membela Kemal tapi…

‘Gue gak ngebela Kemal palevi tapi gue hanya cenderung kaget sama orang yang begitu giat dengan kebencian yang muncul, masuk ke perahu kebencian dan sama-sama jalan bareng-bareng semuanya.’

Sebagai penutup, Pandji berkata dia pun bisa terkena resiko tersebut

Karna gue pelawak resiko yang sama bisa terjadi sama gue tanpa gue sengaja . Kalau giliran gue kayak gitu apakah teman-teman gue akan gitu juga sama gue? Lompat ke perahu kebencian yang sama atau mereka ngebela gue? I don’t know.

Selain Pandji, Raditya Dika pun memberikan reaksi yang sama melalui akun twitternya

Raditya dika via twitter.com

Dan Kemal pun memberikan klarifikasi apa yang terjadi sesungguhnya, melalui akun twitternya dia menjelaskan

Gimana dong? via twitter.com

Kemal mengaku kok dia salah, jangan di hujat-hujat lagi ya

Mas Kemal~ via twitter.com

Lalu, pada point ke-11 Kemal menjelaskan bahwa yang dia lakukan memang bukan budaya indonesia

Udahlah ya via twitter.com

Gimana? via twitter.com

Dan reaksi negatif pun muncul..

Sewajarnya saja via twitter.com

Nah, dari permasalahan ini bisa kita petik banyak hal. Harus lebih hati-hati dalam bertindak dan tidak boleh sembrono mengambil keputusan. Seperti hal nya Kemal, dia manusia kita pun juga manusia. Tempatnya salah dan khilaf. Btw, udah ya maafin Kemalnya. Biarkan dia berkarya kembali.

Udah-udah dimaafin ya Bang Kemalnya. via twitter.com

Jangan emosi lagi ya. Kemal berkali-kali minta maaf lagi lho. Boleh iseng, tapi jangan keterlaluan. Sssttt jangan menabur kebencian ya~

Kemal via twitter.com

Inget, tak kemal maka tak sayang.