Modal usaha sering jadi alasan utama kenapa kita belum segera bergerak juga. Bingung harus mengumpulkannya dari mana, atau merasa nggak mungkin karena penghasilan masih segini-segini aja? Akhirnya kita memilih diam sembari menanti kesempatan datang dengan sendirinya.

Padahal di luar sana banyak orang-orang kreatif yang memutar otak untuk mengumpulkan modal mereka. Menambah sumber penghasilan mereka Beberapa selebriti ini contohnya. Walau mereka udah terkenal tapi bisnis juga nggak ditinggalkan. Hmm…kira-kira siapa aja ya yang bisa jadi inspirasimu?

1. Baim Wong kini tengah jadi pengusaha mie yamin lho! Namanya Mie and You.

Bisnis mie yamin Baim Wong. via showbiz.liputan6.com

Diantara deretan artis, Baim termasuk yang sering menjajal bisnis kuliner. Pernah mengalami kebangkrutan tapi tak menyurutkan niatnya untuk menjajal lagi bisnis. Buktinya kini Baim bersama rekan bisnisnya Cintami Atmanegara, membangun usaha mie yamin. Bernama Mie and You. Kalau kamu berniat mencoba, seporsinya hanya dibandrol 19 ribu aja kok ;).

2. Selain sibuk wara-wiri di TV, Raffi juga ternyata buka bisnis nasi lidah sapi Raden.

Penampakan Raden, nasi lidah sapi, Raffi Ahmad punya. via hello-pet.com

Advertisement

Di balik kesibukan Raffi yang bejibun, ternyata dia juga sibuk jadi pengusaha. Dari clothing line sampai kuliner. Bisnis kulinernya ia beri nama Raden, berupa nasi lidah sapi di dalam cup. Untuk harganya dibandrol sekitar 40 ribu saja. Selain nasi lidah sapi masih ada juga bisnis bakminya yang dikasih nama Bakmi RN. Duh, makin kece aja deh Raffi.

3. Gerai kuliner Jepang milik Ruben Onsu cukup menyedot perhatian lho. Namanya Besar.

Gerai bisnisnya Ruben Onsu. via www.money.id

Ruben Onsu juga punya bisnis kuliner jepang halal bernama Besar yang merupakan singkatan namanya dan sang istri. Untuk bisnisnya yang satu ini, Ruben bahkan kerja sama dengan Go-Jek untuk layanan Go-Food-nya. Ruben juga termasuk yang rajin hadir di bazar-bazar untuk lebih mendekatkan produk makanannya dengan konsumen. Tak jarang ia melayani pembeli langsung dan ikut mengantar pesanan dengan Gojek. Duh, pembelinya tentu senang ya. Btw harganya pasti mahal ya? Engga kok, cuma 35 ribu rupiah per porsi.

4. Warning, si Ganteng Adipati Dolken ternyata punya warung bebek garing!

Adipati ternyata punya warung bebek lho! via www.jawapos.com

Ya ampuun si ganteng Adipati ternyata juga pengusaha. Iya, Adipati ternyata berbisnis kuliner berupa bebek garing yang bernama Warning. Dalam melakukan bisnisnya ini, Adipati dibantu sama temannya sesama artis, yakni Marcel Darwin. Adipati sengaja memilih bebek karena dia emang gemar menyantap hidangan yang satu ini. Jadi dia tahu seperti apa daging bebek yang lezat. Untuk masalah harga, Adipati mematok 18000-29000 rupiah.

5. Kamu udah tahu belum kalau Luna Maya juga punya gerai Martabucks! Katanya ini kerja samanya bareng Uya Kuya.

Gerai martabak Luna Maya. via techno.okezone.com

Setelah menjajal bisnis di bidang fashion, kini Luna Maya menjajal dunia kuliner. Bekerja sama dengan Uya Kuya, Luna membuka gerai martabak bernama Martabucks. Gerai martabak Luna ini laris diserbu pembeli lho. Menu andalannya martabak topping Luna Maya dan topping Uya Kuya. Untuk mencicipi kedua martabak itu kamu harus merogoh kantong sekitar 125 ribu rupiah.

6. Sesuai dengan passion-nya di tarik suara, Rossa punya bisnis karaoke.

Rossa dengan bisnis karaoke-nya. via swa.co.id

Rossa juga termasuk selebriti yang merangkap sebagai pengusaha. Salah satunya bisnis karaoke, bernama Diva. Bisnisnya yang satu ini terbilang sukses lho. Sukses menjalani bisnis karaoke, Rossa kini merambah bisnis properti. Properti tersebut berupa sebuah resort di Raja Ampat. Wiiiw..

7. Kamu pasti udah tahu kalau Daniel Mananta sukses banget dengan Damn-nya! Clothing line ini udah Daniel rintis sejak lama.

Damn I Love Indonesia via www.bintang.com

Kenapa bisnis Damn! I Love Indonesia milik Daniel Mananta bisa begitu berhasil menularkan virus nasionalisme? Karena pada saat itu masih jarang banget anak muda yang niat banget mempromosikan Indonesia lewat T-shirt. Dari kaos bertemakan pahlawan hingga wayang. Untuk usaha Daniel yang satu ini, patut kita acungi jempol ya!

8. Berhubung penyetan selalu punya tempat di hati pencinta kuliner, Titi Kamal pun ga mau ketinggalan buka gerai iga penyet.

Bisnis iga penyet Tikam. via family.fimela.com

Titi Kamal bekerja sama dengan artis lainnya membuka usaha iga penyet, bernama Warung Tekko. Sebelumnya Tikam juga membuka rumah makan khas Sunda bernama Riung Sari. Belum lagi bisnis kateringnya. Wow, banyak banget ya. Karena keseriusan Tikam di bisnis kulinernya, yuk kita kasih dua jempol buat Tikam!

9. Teuku Wisnu membidik kota Malang sebagai tempatnya mengembangkan usaha. Wisnu kini berbisnis strudel.

Strudel kreasi Teuku Wisnu. via life.viva.co.id

Wisnu terinspirasi untuk membuka bisnis strudel ini saat ia dulu jalan-jalan ke Eropa. Strudel sendiri merupakan kue khas dari Austria. Kalau kamu kebetulan ke Malang, kamu bisa mencoba strudel kreasi Wisnu ini. Varian rasanya ada banyak, dari mulai stroberi, apel, nanas, sampai Choco Banana! Untuk harganya sendiri dibandrol cukup dengan 45 ribu rupiah per kotak.

10. Dewi Rezer yang sekarang vakum di industri hiburan, ternyata tengah sibuk dengan bisnis kuenya.

Dewi Rezer dan toko kuenya.. via www.femalesia.com

Lama vakum dari industri hiburan, Dewi Rezer ternyata sibuk dengan toko kuenya bernama Dulce De Lece. Berawal dari kesukaan Dewi dan keluarganya menyantap brownies Nutella, yang kemudian menyebar di kalangan sahabatnya. Kemudian lewat ajakan sahabatnya, Dewi membuka toko kue. Seloyang Brownies di toko Dewi, dihargai 165 ribu rupiah. Gimana, berniat mencicipinya?

Wah, ternyata selain menjadi sibuk di industri hiburan, ternyata banyak ya selebriti kita yang juga sibuk jadi pengusaha. Ayo, buruan nabung modalnya dulu. Caranya bagaimana? Mmmm… jadi artis dulu :D…