Lagu memang menjadi salah satu elemen penting dalam sebuah perhelatan besar, termasuk pesta pernikahan. Adanya sebuah lagu juga berfungsi untuk menggambarkan suasana pesta pernikahan yang penuh dengan kebahagiaan.

Namun pemilihan lagu saat pernikahan juga harus diperhatikan betul-betul. Jangan sampai hanya menyanyikan asal lagu yang sedang hits saja. Maksud dari lagu tersebut juga harus dipahami dulu. Jangan sampai saat hari pernikahanmu besok, playlist lagunya justru lagu baper semua.

Jadi sebelum hari H, ada baiknya kamu berkoordinasi dengan band yang akan mengisi musik di acara resepsi pernikahanmu. Kalau perlu sih sekalian bikin perjanjian juga, kalau sampai band pengisi musik di resepsi pernikahanmu itu nyanyiin lagu galau seperti di bawah ini, mending nggak usah dibayar aja.. Hehehe…

1. Bayangin jika di pesta pernikahanmu, tiba-tiba mantan kamu atau pasanganmu datang dan bilang kalau masih sayang tapi tetap berharap yang terbaik seperti Someone Like You-nya Adele ini?

mantan datang ke nikahan malah bikin baper via www.tumblr.com

I heard that you’re settled down
That you found a girl and you’re married now.
I heard that your dreams came true.
Guess she gave you things I didn’t give to you.

Advertisement

Lagu ini tingkat kebaperannya sih udah tingkat dewa. Cerita soal cewek yang lagi berusaha move-on karena mantan pacarnya udah move-on duluan dengan nikah sama cewek lain. Dijamin kalau denger lagu ini di pesta pernikahan akan bikin kamu dan pasangan, juga mungkin para tamumu berubah mood jadi galau. Di hari bahagiamu sama pasangan, ngapain juga ‘kan nginget yang dulu-dulu. Sudahlah, buang mantanmu pada tempatnya saja.

2. Lagi-lagi Adele bikin seisi semesta ini galau lewat single barunya Hello. Meski lagi hits, nggak usah coba-coba untuk memperdengarkan lagu ini di pesta pernikahanmu.

Adele bikin baper lagi via giphy.com

Hello from the other side
I must have called a thousand times
To tell you I’m sorry for everything that I’ve done
But when I call you never seem to be home
Hello from the outside
At least I can say that I’ve tried
To tell you I’m sorry for breaking your heart
But it don’t matter it clearly doesn’t tear you apart anymore

Adele emang suka banget ya bahas-bahas mantan. Setelah Someone Like You, terbitlah Hello ini. Sama kayak lagu pendahulunya, lagu ini juga harus masuk daftar lagu terlarang untuk diputar saat pesta pernikahan. Pokoknya jauh-jauh ya sama semua yang berhubungan mantan dan sejenisnya.

3. Walaupun judulnya Marry You, tapi di lagu ini Bruno Mars mau bilang kalau nikah itu gampang dan nggak butuh komitmen. Kamu mau pernikahanmu dengan dia nggak pake komitmen?

kalau bosen, besok cerai via www.firstcovers.com

Cause it’s a beautiful night,
We’re looking for something dumb to do
Hey baby,
I think I wanna marry you

Dari judulnya sih memang menggambarkan seorang cowok yang ngajak pacarnya untuk menikah. Tapi Bruno Mars kayak mau ngomong kalau menikah adalah something dumb to do. Dan menikah adalah sesuatu yang bisa juga dilakukan untuk bersenang-senang. Tentunya ini sangat bertolak belakang dengan makna sakral pernikahan itu sendiri.

Belum lagi lirik yang berbunyi seperti ini,

I’ll go get a ring let the choir bells sing like oooh,
So what you wanna do?
Let’s just run girl
If we wake up and you wanna break up that’s cool
No, I won’t blame you
It was fun, girl

Menurut lagu ini, menikah juga nggak diperlukan sebuah komitmen. Jadi kalau setelah menikah lalu ada masalah, yaudah minta cerai aja. Nggak masalah kok. Kamu mau pernikahanmu nggak dilandaskan komitmen yang kuat kayak lagu ini?

4. See You Again milik Wiz Khalifa featuring Charlie Puth juga lagi sering dinyanyiin. Tapi yakin deh lagu ini nggak nyambung banget jadi lagu pengiring pesta pernikahan.

tema lagunya nggak nyambung via www.slate.com

It’s been a long day without you, my friend
And I’ll tell you all about it when I see you again
We’ve come a long way from where we began
Oh, I’ll tell you all about it when I see you again
When I see you again

Lagu ini jadi soundtrack film Fast and Furious 7 yang sama hitsnya kayak filmya. Karena lagu ini dedikasikan untuk mengenang almarhum Paul Walker, salah satu pemeran utamanya yang meninggal karena kecelakaan. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang rindu dengan sahabatnya yang telah pergi untuk selamanya.

Diliat dari tema lagunya aja, lagu ini udah jelas nggak nyambung banget diputar di pesta pernikahan.

5. Suasana pernikahan yang lagi gembira pastinya nggak mau dong dibikin baper gara-gara denger I Don’t Wanna Miss A Thing-nya Aerosmith, yang cerita soal kerinduan seseorang yang nggak bisa ketemu kekasihnya.

lagu ini buat yang LDR ajaaa via genius.com

I don’t wanna close my eyes
I don’t wanna fall asleep
‘Cause I’d miss you, baby
And I don’t wanna miss a thing

Walaupun sebelum menikah kalian adalah pasangan LDR, nggak perlu juga memasukkan soundtrack selama kalian LDR jadi salah satu list lagu pernikahan kalian. Karena lagu ini menggambarkan seseorang yang sangat rindu dengan kekasihnya tapi belum bisa ketemu.

Tapi kalian juga akhirnya disatukan di pelaminan kan. Jadi nggak perlu bawa masa-masa galau saat LDR ke hari bahagia kalian dong.

6. Sam Smith bisa dibilang Adele versi cowok. Lagunya yang I’m Not The Only One juga haram hukumnya dibawakan saat pesta pernikahan.

kalau bukan satu-satunya, lalu ke berapa? via www.directlyrics.com

You and me, we made a vow
For better or for worse
I can’t believe you let me down
But the proof’s in the way it hurts
For months on end I’ve had my doubts
Denying every tear
I wish this would be over now
But I know that I still need you here

Tujuan menikah kan mencari dan mendapatkan the only one. Makanya nggak usah ikut-ikutan Sam Smith galau yang sadar kalau dia bukan satu-satunya.

7. Satu lagi lagu yang judulnya keliatan romantis tapi liriknya baper banget, Sepanjang Jalan Kenangan dari mendiang Broery Marantika. Jangan bolehin om, tante, atau siapapun sesepuh di keluargamu untuk nyanyi lagu ini, ya!

tembang lawas via www.youtube.com

Walau diriku kini t’lah berdua
dirimu pun tiada berbeda
namun kenangan s’panjang jalan itu
tak mungkin lepas dari ingatanku

Lagu ini sering banget jadi pilihan om, tante, atau saudara kamu yang usianya udah senior untuk nyumbang lagu di hari pernikahanmu. Sebenernya nggak heran kalau lagu ini selalu jadi pilihan, karena memang pernah jadi lagu yang hits banget pada zamannya. Tapi lagi-lagi liriknya nggak pas buat dibawain di resepsi pernikahan. Karena ini lagu juga soal seseorang lagi bernostalgia tentang kisah cintanya sama mantannya dulu.

8. Kalau lagu barat ada Someone Like You dari Adele, maka versi Indonesianya ada Tenda Biru dari Dessy Ratnasari.

cikal bakal someone like you via www.youtube.com

Tak sengaja lewat depan rumahmu
Ku melihat ada tenda biru
Dihiasi indahnya janur kuning
Hati bertanya pernikahan siapa
Tak percaya tapi ini terjadi
Kau bersanding duduk di pelaminan
Airmata jatuh tak tertahankan
Kau khianati cinta suci ini

Selain Sepanjang Jalan Kenangan, Tenda Biru dari Dessy Ratnasari ini juga bakal jadi pilihan para sesepuh untuk menyumbangkan lagu. Tenda Biru ini kurang lebih punya kepedihan yang sama dengan Someone Like Younya Adele. Jadi sebelum seluruh dunia dibikin baper dengan Someone Like You, Indonesia udah punya Tenda Biru yang jadi cikal bakal sumber kebaperan bagi mereka yang ditinggal mantan nikah sama orang lain.

9. Ari Lasso emang nggak pernah gagal bikin lagu cinta. Tapi lebih baik coret lagu Perbedaan dari playlist lagu pernikahanmu nanti.

kalau mau karaoke curcol jangan di nikahan orang via bhelagu.blogspot.co.id

Sendiri resapi heningnya malam ini
Tanpamu disini hatiku sunyi
Berharap engkau kembali, oh…
Mengisi hari bersama lagi

Masih gagal paham kenapa lagu ini beberapa kali masih sering dinyanyikan di pesta pernikahan. Dari judulnya aja udah nggak menggambarkan kalau ini lagu cinta yang bahagia. Apalagi isinya, bikin makin menyayat hati…

10. Diduain itu nggak enak. Makanya nggak usah masukin Aku Cinta Kau Dan Dia dari Ahmad Dhani dalam playlist band di resepsimu.

milih vampire atau manusia serigala? via www.kawankumagz.com

Memang salahku yg tak pernah bisa
Meninggalkan dirinya ‘tuk bersama kamu
Walau ‘tuk terus bersama kan ada hati yang ‘kan terluka
Masihkah ada sayang itu
Skali lagi maafkanlah
Karna aku cinta kau dan dia
Maafkanlah ku tak bisa tinggalkan dirinya

Kalau lagu ini masih dinyanyikan di pesta pernikahanmu, fixed aja nggak usah bayar band yang ngisi di resepsimu. Atau langsung tendang aja orang yang nyanyi lagu ini dari resepsimu. Baruuuuu aja menikah, kok ya udah disuruh terjebak dalam cinta segitiga. Jangan sampe kejadian deh yaaa. *amit-amit jabang bayi*

Menurut kamu masih ada lagu yang seharusnya nggak boleh dinyanyiin pas resepsi pernikahan? Share sama kita di kolom komentar, ya!