Kalau makanan Korea seperti Kimchi dan Bimbimbap ada di Indonesia, mungkin itu bukan sesuatu yang mengherankan. Tapi kalau makanan tradisional Indonesia ada di Korea pasti belum sebegitu tenarnya. Paling cuma sebatas ada rumah makan Indonesia, tapi sejauh apa makanan itu dikenal luas di masyarakat Korea dengan label “Indonesia” masih harus dipertanyakan.

Yannie Kim, cameo drama Yong Pal yang asli orang Indonesia itu, ingin mendobrak fenomena ini. Dia ingin membalik keadaan dengan memasukkan masakan tradisional Indonesia ke negeri gingseng tersebut.

Sekilas tentang Yannie Kim, wanita karir Korea asal Indonesia yang sukses mencuri perhatian di dua negara

Yannie Kim via cumicumi.com

Wanita bernama asli Mustafa Yani ini sudah menetap 10 tahun di Korea. Ia merupakan ibu dari dua anak bernama SooBin dan EunBi dari suaminya yang asli berkewarganegaraan Korea. Kini ia dan keluarganya itu menetap di Busan. Omong-omong, Yannie kini bekerja di divisi HRD (Human Resources Development Service of Korea) sebagai penerjemah dan konsultan untuk pekerja asing.

Pertama kali muncul di televisi pada tahun 2008, Yannie Kim jadi sering mendapat tawaran sampai akhirnya kita kenal dia di drama Yong Pal

Yannie Kim bersama Kim Tae Hee via merahputih.com

Advertisement

Yannie Kim pertama kali muncul di program dokumenter kehidupan keluarga multikultural. Lalu pada tahun 2009, ia muncul di sitkom Gaori yang ditayangkan di KNN TV. Yannie langsung jadi pemeran utama lho sebagai menantu orang asing yang menikah dengan orang Korea. Hebatnya lagi ia pernah mendapat gelar Mrs Korea World Best Talent pada tahun 2012 lalu. Ia pun sempat menjadi model promosi pulau Jeju bersama anaknya. Pokoknya dia sudah sering lah mondar-mandir di stasiun TV Korea. Cuma kita baru mengenalnya sejak menjadi pemeran pendukung drama Yong Pal dan menjadi lawan main Joo Won serta Kim Tae Hee.

Memanfaatkan ketenarannya, Yannie Kim ingin memperkenalkan Indonesia lewat usaha rumah makan bernama “Warteg Gembul”

Yannie Kim via youtube.com

Dibukanya usaha rumah makan milik Yannie Kim ini diumumkan di akun Instagram @yannie_kim. Perlu kamu tahu, Yannie juga punya usaha lain seperti clothing line yang menyasar orang-orang Indonesia. Kalau kamu mengamati Instagramnya, Yannie bisa dibilang orang yang cukup stylish dan tenar. Wanita yang gemar memasang foto di akunnya mengenai beragam aktivitasnya ini pernah berfoto dengan banyak artis, bahkan presiden Jokowi dan presiden Park. Hebat kan?

Kesuksesan dan ketenaran Yannie Kim bukan diperoleh dalam sekejap lho, semua perjuangannya dimulai dari nol besar


Setelah lulus SMEA ia bekerja di perusahaan Korea lalu Yannie ikut program karyawan pilihan yang akhirnya membawa dia ke Korea pada tahun 2000. Program ini semacam magang dan nantinya jika kembali ke Indonesia orang tersebut posisinya bisa lebih tinggi. Nah kebetulan saat Yannie melakukan pelatihan keterampilan di suatu perusahaan ia bertemu pria yang menjadi suaminya sekarang. Pria itu kebetulan bekerja di perusahaan tersebut. Mereka pacaran selama lima tahun lalu menikah. Jodoh memang nggak kemana ya hahaha

Akhir kata, kita doakan semoga Yannie Kim makin sukses dan berhasil membawa misinya mengenalkan makanan tradisional Indonesia di Korea melalui Warteg Gembulnya.