Di tengah kesibukan di pagi hari, melewatkan sarapan adalah hal yang paling sering terjadi. Padahal untuk melakukan hal tersebut kita cuma butuh beberapa menit aja. Gak bakal makan waktu sampai puluhan menit.

Sarapan pagi telah terbukti memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan asupan makanan dan minuman bergizi kamu bisa membuat harimu menjadi lebih berbeda. Bagi yang masih belum melek dengan pentingnya sarapan, simak manfaat-manfaat sarapan di bawah ini.

1. Sarapan akan bikin kamu lebih fokus dan konsentrasi dalam menjalani aktivitas seharian.

Bikin kamu konsen dan fokus. via cdn.sheknows.com

Siapa bilang sarapan atau tidak sarapan gak ada bedanya? Sarapan di pagi hari bisa membuat aliran darah yang masuk ke otak lebih lancar. Kamu juga bakal lebih konsentrasi dan fokus dibanding milih buat gak sarapan di pagi hari.

2. Anak muda harus tau! Setelah puasa semaleman, sarapan bakal membuat harimu lebih berenergi.

bahan bakar tubuh. via hanksjourney.com

Advertisement

Sebagai anak muda yang identik dengan sosok yang penuh energi, sarapan cocok banget buat mengawali harimu. Sarapan bak bahan bakar bagi tubuh dan otak setelah puasa semalam. Maka memulai hari tanpa sarapan seperti menghidupkan mobil yang tak berbahan bakar.

Sarapan sehat akan mengganti asupan gizi yang hilang setelah semalaman tanpa asupan makanan. Gula darah pada tubuh pun bakal melorot ke titik terendah di pagi hari. Makanya, sarapan akan sangat penting itu buat tubuh kita.

3. Cegah kemungkinan hinggapnya penyakit dengan sarapan. Kerja imunitas tubuh meningkat karenanya.

Imun terjaga. via www.google.co.id

Di musim peralihan seperti ini, penyakit ada di mana-mana. Dan ketika sistem kekebalan tubuh kita tak baik, penyakit dengan gampang menyerang tubuh. Virus dan bakteri akan senang dengan sistem tubuh yang lemah. Untuk menangkalnya, cara yang paling mudah adalah sarapan. Asupan makanan di pagi hari bisa meningkatkan sistem imun tubuh dan mencegah penyakit hinggap di tubuhmu.

4. Orang-orang yang rutin sarapan pagi lebih sehat daripada yang tidak melakukannya. Kemungkinan obesitas pun lebih kecil.

menghindari obesitas via www.obatherbalalami.com

Seorang ahli kesehatan, Dr. Mark Pereira dari Harvard Medical School, dalam penelitiannya mengatakan orang-orang yang melewatkan sarapan, risiko untuk mendapatkan penyakit obesitas, diabetes dan serangan jantung lebih tinggi dari pada orang yang menjaga diri untuk sarapan.

Dr. Pereira pun menemukan fakta bahwa orang-orang yang rutin makan pagi kemungkinan menderita obesitasnya tiga kali lebih kecil daripada yang tidak sarapan. Hayolohhh!

5. Apa pun kalau lancar pasti menyenangkan. Sarapan pun akan bikin lancar sistem pencernaan.

Kalau pencernaan lancar kan enak. via www.confusedsandals.com

Di pagi hari sistem pencernaan tubuh sedang dalam keadaan memulai prosesnya. Untuk memperlancar dan membuatnya lebih sempurna, perlu rangasangan berupa masuknya makanan. Dengan begitu, makanan yang masuk bisa membuat makanan lama – yang telah berada di usus – bisa terdorong keluar di masa pencernaan memulai prosesnya.

6. Sarapan di pagi hari bikin kamu bisa menjaga berat badan. Makan siang pun ngga bakal kalap.

Ngelancarin diet. via cms.bbcomcdn.com

Buat kamu yang lagi menjalani program diet, sarapan bisa bikin kamu lebih sukses. Tak sarapan di pagi hari membuat tubuhmu lebih kelaparan dan cenderung ingin membalasnya di waktu makan siang. Alhasil makanan berlebihan bisa masuk ke dalam tubuh. Beda cerita kalo kamu udah sarapan di pagi hari. Kamu pasti akan lebih mengontrol porsi makanmu di waktu makan siang.

7. Sarapan pun akan bikin kamu terhindar dari kegiatan ngemil yang terkutuk. Selamat tinggal, perut buncit!

Ngurangi keinginan nyemil. via frontroll.com

Ini masih ada kaitannya dengan paragraf sebelumnya. Ketika kamu tak sarapan, waktumu untuk menunggu jam makan siang biasanya digunakan untuk nyemil. Dengan sarapan kamu bakal lebih bisa menahan keinginan ngemil.

8. Biasa sarapan dengan telur? Selamat ya! Ternyata bisa bikin kulit lebih sehat.

Bikin kulit sehat. via www.tamurasupermarket.com

Kabar baik untuk pecinta telur di menu sarapan. Salah satu menu sarapan tersebut ternyata bisa bikin kulit sehat. Kandungan nutrisi pada telur bisa ngejaga elastisitas kulit dan melindungi sel-sel kulit dari bahaya radikal bebas. Selain itu, manfaat sarapan dengan telur sebagai lauk juga bisa bantu ngelancarin proses regenerasi kulit.

9. Dari sisi psikologis, sarapan meningkatkan kebersamaan sebuah keluarga. Bisa makin dekat deh sama pasangan masa depan.

Tumbuhkan rasa kebersamaan. via blog.ideales.gr

Di samping manfaat kesehatan, sarapan juga memberikan kesempatan yang sangat baik untuk makan bersama sebagai sebuah keluarga – bila memungkinkan. Membangun kebiasaan sarapan yang baik di masa kecil hingga masa remaja dapat menjadi faktor penting untuk menjaga kebersamaan dalam sebuah keluarga.

Ternyata manfaatnya banyak juga, ya? Sempatkanlah untuk mengisi ‘bahan bakar’ tubuh kamu di pagi hari dengan sarapan.