Berbicara tentang film, tentunya kita punya selera yang berbeda-beda, ya. Genre film yang beragam juga membuat kita memiliki penilaian tersendiri tentang bagus atau tidaknya alur cerita sebuah film.

Dan makin ke sini, film-film bergenre romantislah yang makin diminati sebagian orang karena kebanyakan jalan ceritanya dari genre film ini mampu menguras emosi bahkan air mata. Kiprah film-film bergenre romantis ini pun tak ada habisnya, dari dulu hingga sekarang.

Nah, biar kamu juga nggak kehabisan referensi buat mencari film-film romantis mana yang layak untuk di tonton bersama orang tersayang, dengan senang hati Hipwee akan membagikan ulasannya untuk kalian!

1. Diangkat dari sebuah novel, “The Notebook” berhasil memikat hati penonton dengan adegan-adegan romantis yang menguras air mata.

The Notebook, 2004 via amazon.com

Dengan alur cerita mundur, film yang mengambil set di Amerika Serikat ini menonjolkan sisi romantis serta pentingnya arti kesetiaan hingga maut yang memisahkan. Di awali dengan Ryan Gosling yang berperan sebagai Noah seorang pria biasa yang bertemu dengan Allie seorang putri saudagar kaya yang diperankan oleh Rachel McAdams.

Advertisement

Kisah cinta yang banyak menempuh bebatuan terjal tak membuat mereka menyerah meski pada pertengahan jalan, Allie melabuhkan hatinya pada orang lain karena harus pindah keluar kota. Hingga menempuh usia tua, Allie terpaksa tinggal di panti jompo karena sakit-sakitan dan pikun. Namun, ada satu orang pria yang rutin mengunjungi Allie meski hanya sekadar bercerita dan menemaninya. Pria itu adalah Noah, cinta sejati Allie yang bahkan tak dikenal dan disadarinya lagi.

2. Kisah cinta nyata dari “Habibie & Ainun” ini emang juaranya. Tak hanya bagus, tapi juga membuktikan bahwa cinta sejati itu ada.

Habibie & Ainun, so sweet via oriri.com

Dengan jalan cerita yang diambil dari kisah nyata Pak Habibie dan istrinya Bu Ainun ini sudah tak perlu diragukan lagi keromantisannya. Bermula dari masa sekolah yang dilewati bersama, masa tua di bawah status pernikahan pun mereka lalui bersama dengan penuh kemesraan serta minim pertengkaran. Dari banyaknya film-film romantis di Indonesia, film Habibie & Ainun ini lah yang disebut-sebut paling mengharukan karena diambil dari kisah nyata.

3. Buatmu yang pernah mengalami friendzone, “Jawaani Hai Deewani” ini cocok menggambarkan suasana hatimu. Eh, akhir ceritanya sweet banget, lho!

Yang demen film India romantis nih… via indianexpress.com

Berawal dari pertemuan lama setelah berpisah karena telah lulus sekolah, film Bollywood yang satu ini pasti berhasil membuatmu tersipu malu. Selain akting dari aktor tampan Ranbir Kapoor (Bunny) yang super duper cool, kamu juga akan terpana akan kemesraannya dengan Deepika Padukone (Naina) yang serasi. Nah, meski mereka terjebak dalam friendzone, akhir cerita romantis tetap berhasil mereka ciptakan tepat di malam tahun baru.

4. Cinta tak memandang fisik, pun tak pernah salah. Nggak percaya? Nonton film “First Love” (A Little Thing Called Love) aja!

ciee friendzone… via tumblr.com

Industri film Thailand yang semula tak begitu diminati, berubah drastis ketika film “Fisrt Love” (A Little Thing Called Love) ini muncul dan menjadi gebrakan baru di Negara Gajah itu. Alur cerita yang unik serta ‘anak muda banget’ menjadikan kemasan film ini sangat apik nan layak di tonton dengan pesan moral yang luar biasa, yaitu “cinta tak pernah memandang fisik, cinta pun tak pernah berada di tempat yang salah”. Tuh, buat kalian yang masih gencar mencari pasangan dengan kriteria ganteng dan cantik aja, tonton deh!

5. “Dear John”, film romantis yang kembali menceritakan tentang kesetiaan seorang tentara kepada kekasihnya.

Dear John, pasti bikin mewek deh! via toofuntobehipster.tumblr.com

Pria tampan nan gagah bernama John, telah menjatuhkan hatinya pada Savanah gadis cantik berambut panjang yang tak sengaja ia temui di Pantai saat ia sedang berselancar. Pertemuan mereka yang berlanjut pada hubungan pacaran itu terus berlanjut hingga John kembali bertugas sebagai pengayom negara. Film yang berakhir dengan kebahagiaan ini, pasti juga akan membuat terharu hingga gemas jika fokus pada pertengahan cerita yang justru menampilkan Savanah menikah dengan pria lain, bukan John. Penasaran? Coba deh tonton aja!

6. “A Moment to Remember”, mengajarkan kita bahwa cinta sejati bisa datang kapan dan di mana saja – tanpa terduga dan terencana sebelumnya.

yaaah namanya juga cinta via asianwiki.com

Pertemuan yang tak terduga antara Su Jin dan Cheol Soo yang tak terduga membuat kedekatan mereka akhirnya tercipta. Su Jin yang pernah mangalami percintaan kurang mengenakan, sedangkan Cheol Soo yang single membuat keduanya cocok sebagai pasangan yang saling melengkapi. Adegan yang tak disangka-sangka adalah ketika Su Jin yang ternyata mengidap penyakit kepikunan akut atau Alzheimer. Kira-kira Cheol Soo tetap setia dengan Su Jin atau tidak ya? Segera tonton filmnya saja, ya!

7. Pernahkah kamu jatuh cinta pada gurumu sendiri? Meski terkesan tabu, kisah cinta antara guru dan murid dikemas apik dalam film “I Fine Thank You Love You”.

murid jatuh cinta sama guru? via sidomi.com

Meskipun banyak adegan-adegan lucu yang ditampilkan dalam film ini, cerita-cerita romantis juga tak kalah mendominasi di setiap scene dari film ini. Berawal dari keinginan aktor pria untuk belajar bahasa Inggris kepada guru wanitanya, benih-benih cinta pun mulai tumbuh dari berbagai perdebatan yang terjadi. Tahukah kalian? Meski sudah memiliki pasangan masing-masing, mereka akhirnya bersatu karena mulai menyadari bahwa pasangannya tak patut diperjuangkan lagi. Manis, ya?

8. Cinta dan pengorbanan itu beda tipis, “Veer Zaara” membuktikan bahwa cinta yang sesungguhnya adalah milik mereka yang saling memperjuangkan.

cinta itu butuh pengorbanan, Bro. via alvaroesha.blogspot.com

Dengan mengambil set di salah satu kota di India dan ditambah dengan peran Shahrukh Khan yang menawan, film yang tayang tahun 2004 ini semakin layak untuk ditonton. Kolaborasinya dengan aktris cantik Pretty Zinta dan Ranee Mukarje membuat setiap adegan dalam film ini selalu mendebarkan serta mengharukan.

Pertentangan cinta antara Shahrukh Khan dan Pretty Zinta juga mampu menguras emosi penonton bahkan sebelum selesainya setiap adegan dari film ini. Pada akhirnya, pertentangan yang bertubi-tubi itu pun lolos dilewati meski mereka berdua dipertemukan lagi setelah berusia renta. Siap-siap tisu yang banyak kalau mau nonton film ini, ya.

9. “AADC” (Ada Apa Dengan Cinta) memang nggak ada matinya. Dunia anak muda lengkap dengan problematika cinta yang beragam dibahas lengkap dalam film sepanjang masa ini.

AADC nggak ada matinya. via citacinta.co.id

Kembali berbangga dengan industri film Indonesia, yuk! AADC yang pertama kali tayang tahun 2002 ini mengawali film-film bergenre romantis namun tetap modern di Indonesia. Lengkap dengan cerita persahabatannya yang kental, AADC pun mampu meraup banyak penggemar dalam sekejap.

Dengan menampilkan peran Nicholas Saputra (Rangga) yang cuek dan terkesan anti terhadap cinta, tak menutup hatinya untuk menyimpan perasaan terhadap Dian Sastro (Cinta) yang pada akhirnya menjadi pasangannya. Meski harus terpisah jarak, kisah cinta mereka tetap berlanjut dengan keromantisan yang tak ada habisnya.

Jadi, kalian udah nonton film yang mana aja nih? Berbagi di kolom komentar, yuk!

Lihat info lainnya seputar film dan selebriti di @migmeseleb!