Cewek : Say, buat acara besok mendingan aku pakai gaun yang item apa yang ijo toska ya?

Cowok : Terserah kamu aja, Yang. Kamu sukanya yang mana?

Cewek : Ih, kok gitu sih? Aku kan nanya pendapat kamu!

Cowok : Ng gimana kalau yang ijo?

Cewek : Tapi aku sukanya yang item!

Cowok : ..

Lain di bibir, lain pula di hati. Bilang begini, tapi sebenarnya begitu. Itulah cewek yang terkadang setiap sikap dan kata-katanya jauh lebih susah diartikan daripada naskah kuno dalam bahasa sansekerta. Kaum cowok banyak yang blingsatan karena katanya begini salah begitu juga salah. Lantas mereka berlomba-lomba membuat tagar #AkuKuduPiye.

Biar nggak sering salah paham lagi, Hipwee akan buatkan kamus mini, tentang beberapa omongan dan sikap cewek yang seringkali meninggalkan tanda besar di benak cowok. Seperti kata Ada Band, cewek itu maunya nggak banyak kok. Dia ingin dimengerti. Namun kata mengerti ini terkadang memang penuh teka-teki.

Daripada tebak-tebakan terus, yuk lah kita belajar memahami cewek!

1. Berkata “Dingin ya?” bukan berarti dia sedang ngomongin soal cuaca! Dia ingin dipinjami jaket seperti adegan di film telenovela

Iya, maksud adek begitu Bang~ via www.icytales.com

Advertisement

Cewek : Dingin banget nih .

Cowok : Iya nih dingin. Kamu pakai jaket aku ya, biar nggak masuk angin.

Cowok yang menanggapi seperti itu akan lolos pedekati ke tahap selanjutnya. Selamat!

2. Semandiri-mandirinya cewek, senang juga kok kalau diantar. Jadi kalau dia tanya Alamat ini di mana sih? Aku ngak tau , itu berarti dia berharap diantarkan

Aku gak butuh Gmaps Bang, butuh tumpangan via www.kapanlagi.com

Ketika cewek bertanya Alamat ini di mana sih? Aku nggak tau dan kamu menjawabnya dengan Kan ada Gmaps, say. , duh, itu artinya kamu memang nggak bisa diharapkan. Ke laut aja deh!

3. Kenali tanda cewek merajuk sejak dini. Kata “ciyee yang lagi sibuk bisa jadi masalah kalau kamu tak paham bahwa dia sedang minta diperhatikan

CIYE SIBUK! via guff.com

Ciyeee yang lagi sibuk = Kemana aja kamu seharian nggak ada kabar? Nggak SMS nggak telepon, kamu masih sayang sama aku nggak sih? Nggak perhatian banget. Tahu nggak kamu aku nungguin telepon kamu seharian ini? Jangan-jangan kamu lagi sibuk sama cewek baru?

Ciyee yang lagi sibuk nggak pernah sesederhana kedengarannya, boys.

4. Jangan pernah percaya bila cewek bilang “Aku nggak apa-apa”, karena sudah pasti ada apa-apa!

Gak papa adalah apa-apa via www.brilio.net

Sama seperti cowok yang nggak mau ketahuan nangis, cewek juga nggak mau terlihat lemah. Tapi kalau dia bilang Aku nggak apa-apa , itu artinya pasti ada apa-apa. Segera deh kamu minta maaf, sebelum pecah perang dunia ketiga.

5. Ketika cewek menjawab Terserah itu artinya bukan “terserah kamu”, tapi “terserah aku”. Camkan itu ya!

Terserah! via www.hipwee.com

Cowok : Mau makan apa kita, say?

Cewek : Terserah

Cowok : Nasi pad .

Cewek : Jangan nasi

Cowok : Oke. Bakso aja gimana?

Cewek : Jangan bakso ah. Nggak bikin kenyang.

Cowok : Hmm. Siomay? Batagor?

Cewek : Nggak mau. Bumbu kacangnya bikin gendut.

Cowok : Hmm. Terus apa dong?

Cewek : Terserah.

Cowok :

Sabar ya.

6. Cewek ingin dianggap tangguh dan mandiri saat mengatakan Aku bisa sendiri . Tapi itu juga berarti dia ingin kamu merayu dan membujuknya untuk mau dibantu. Percaya deh!

Dek, mau dibantu nggak? | G via storia.me

Cowok : Gimana tugasnya? Udah selesai belum?

Cewek : Belum nih. Susah banget.

Cowok : Mau aku bantu?

Cewek : Nggak usah. Aku bisa sendiri kok.

Cowok : Beneran nih?

Cewek : Iya, bener.

Cowok : Tapi aku pengin bantu nih. Aku bantuin aja ya? Biar cepat selesai, terus habis itu kita bisa kencan dengan tenang deh. Gimana?

Cewek : Ng iya deh, kalau kamu maksa.

Hehe.

7. Jangan dikira kamu sudah dapat restu ketika dia bilang Have fun ya . Justru ada peringatan tegas yang harus kamu waspadai

Do not have fun! via funnyand.com

Kalimat satu ini berhubungan erat dengan dunia izin-perizinan. Kalau kamu bilang mau futsal dengan teman-teman, padahal sebelumnya kamu janji mau ngapel ke rumahnya, dan dia bilang Oh, oke. Have fun! , kamu harus ingat-ingat rumus ini:

Have fun ya! = Kamu pergi, kita selesai

8. Jangan mudah menyerah ketika pacarmu bilang “Jangan hubungi aku lagi , karena itu berarti dia ingin kamu berusaha lebih getol menghubunginya

Meski aku bilang jangan telepon lagi bukan berarti kamu harus gak telepon lagi kan?? via www.hercampus.com

Namanya juga emosi. Terkadang cewek sering mengambil keputusan sembrono saat dengan ngambek. Bukannya dia nggak mau ngomong denganmu lagi, dia hanya ingin kamu berusaha lebih keras untuk menghubunginya. Itu tandanya, kamu mau memperjuangkannya dan menganggapnya penting. Sederhana saja kan sebenarnya?

9. “Aku nggak mau ngomong sama kamu” = Tapi kalo didiemin aku akan ngambek

Usaha dikit dong bang! via www.geviral.com

Cewek memang susah dimengerti. Iya.

10. Pantang bagi cewek untuk bilang Beliin doong . Tapi dia akan mengubahnya dengan kalimat inonsen seperti Iiih lucu banget sepatunya

Ih lucu! via www.stocksy.com

Ketika dia sedang jalan-jalan di mall, kemudian dia memberi komentar lucu pada sebuah benda, itu nggak berarti dia meminta pendapatmu juga. Ingat-ingat ya~

11. “Temen-temen aku udah pada nikah nih” bukan sekadar informasi tanpa arti. Tapi dia sedang mempertanyakan keseriusanmu

Kapan kamu ngelamar aku bang? via www.inovasee.com

Bila usia pacaran sudah lumayan lama, informasi berupa teman-temanku udah pada nikah nih punya banyak makna. Salah satunya, jelas dia sedang mempertanyakan kapan kamu akan melamarnya. Jadi, kamu sudah siap belum nih?

12. Tapi kalau cewek sudah diam seribu bahasa, nah, sudah saatnya kamu mengasah kemampuanmu menjadi cenayang. Soalnya Hipwee juga nggak tahu itu maksudnya apa

“Dek, aku kudu piye?” via www.petacinta.com

Selamat menerka-nerka, guys~

Mungkin sudah jadi kebiasaan bila cowok sibuk dengan gengsi sementara cewek sibuk melempar kode. Wajar bila akhirnya tidak bertemu titik terang sehingga kalimat Kamu kok nggak peka sih? muncul mendominasi percakapan. Ya bagaimana pun, memahami kode-kode cewek memang jauh lebih susah daripada menerjemahkan kode morse.

Dear para cowok, tetap tegar ya mencoba menerjemahkan sikap dan ucapan cewek yang penuh misteri ini. Tapi bila kamu gagal, nggak perlu berkecil hati karena kamu bukan satu-satunya. Bahkan cewek pun terkadang nggak ngerti apa maunya sendiri ;p

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!