Beberapa tahun terakhir, demam dunia hiburan Korea mampu go international dan memiliki penggemar di berbagai belahan dunia, termasuk di tanah air. Entah itu dari segi musik, maupun dunia peran. K-Pop pun seakan menjadi kiblat baru bagi para pencinta musik maupun dunia peran. Boy band atau girl band yang terlihat memesona saat menari sambil melantunkan lagu mereka, atau perasaan yang dibuat campur aduk, karena menonton sebuah drama.

Dan, bagi sebagian besar para pencinta drama Korea pasti paham kalau permasalahan paling pelik yang pernah mereka rasakan adalah rasa candu saat menonton drama asal negeri ginseng ini. Apalagi jika serial drama tersebut memiliki cerita yang menarik dan rating yang bagus, maka sudah jadi kewajiban untuk menontonnya. Mereka yang nggak punya waktu senggang di hari kerja, akan mengusahakan menonton drama Korea favorit mereka di akhir pekan secara maraton. Namun sayang, hal ini nggak selamanya baik. Karena mata kita memiliki batasan untuk menatap layar secara terus menerus.

Seorang gadis asal Tiongkok nyaris buta karena menonton drama korea selama 18 jam non stop

Nyaris buta karena nonton drama korea (ilustrasi) via ak2.picdn.net

Pengalaman mengerikan akibat menonton drama Korea secara maraton ini dialami oleh seorang gadis asal Nanjing, Tiongkok. Dilansir dari laman viral4real.com, seorang gadis yang berusia 20 tahun itu memutuskan untuk menonton serial drama Korea kesukaannya di akhir pekan. Ia menonton sebanyak 18 episode secara maraton. Artinya, gadis ini menatap layar tabletnya selama kurang lebih 18 jam. Dan selama menonton tersebut ia mematikan lampu kamarnya dan mengandalkan cahaya hanya dari layar tablet.

Saat bangun tidur, ia merasakan sakit yang tak tertahankan dan segera memeriksakannya pada dokter

Nyaris buta karena nonton drama korea (ilustrasi) via uschina.usc.edu

Advertisement

Gadis yang menonton 16 episode serial drama Korea berjudul Cheese in the Trap disusul 2 episode Descendants of the Sun ini tiba-tiba merasa sakit di bagian kepalanya. Rasa sakit yang tak tertahankan itu akhirnya membuat gadis tersebut berhenti menonton dan memilih tidur. Berharap sembuh setelah bangun tidur, sakit yang ia rasakan malah semakin parah. Rasa sakit yang luar biasa tersebut bahkan ia rasakan di kedua matanya. Dan tak perlu menunggu lebih lama lagi, gadis ini akhirnya pergi ke rumah sakit Nanjing untuk memeriksakan sakitnya tersebut.

Ternyata gadis ini mengalami kerusakan saraf optik mata yang disebabkan oleh menatap layar terlalu lama, apalagi dalam ruangan gelap

Nyaris buta karena nonton drama korea via www.mingxingku.com

Betapa terkejutnya ia ketika dokter mendiagnosa gadis tersebut terkena Glaukoma akut. Glaukoma adalah penyakit mata dimana cairan dalam bola mata berubah menjadi terlalu tinggi, sehingga merusak serat lembut saraf optik mata yang berfungsi membawa sinyal penglihatan dari mata ke otak. Dan yang lebih mengejutkan lagi adalah Glaukoma ini bisa berakhir dengan hilangnya penglihatan alias buta. Hal ini bukan lain karena mata nggak dibiarkan untuk beristirahat dan terus menerus menatap layar, apalagi di ruangan yang gelap.

Beruntung, penglihatan gadis tersebut masih bisa terselamatkan. Tapi tetap saja, apa yang ia alami menjadi pelajaran bagi kita semua, terutama yang gemar menonton serial drama yang kerap lupa waktu. Berikan matamu rehat sejenak dari menatap layar kaca yang berjam-jam. Kamu nggak mau kehilangan penglihatanmu selamanya ‘kan hanya karena nonton drama Korea secara maraton.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya