Indonesia adalah negeri yang kaya. Kaya akan ragam kepulauan, suku, budaya, dan kuliner. Eh, tapi gak cuma cukup sampai di situ aja lho kekayaan Indonesia. Di negeri kita tercinta ini kamu bisa menemui ragam kebiasaan unik yang hanya dimiliki oleh orang-orang Indonesia aja. Kebiasaan ini macam-macam wujudnya, dari yang baik, lucu, aneh, sampe nyebelin.

Kira-kira apa aja sih kebiasaan orang Indonesia itu? Simak penjabaran Hipwee berikut ini sambil sekalian nostalgia atau evaluasi, pernahkah atau masihkah kamu melakukan kebiasaan-kebiasaan ini?

1. Anak Indonesia mana sih yang belum pernah ngegambar dua gunung plus matahari, sawah, dan jalan pas TK/SD?

mahakarya semua anak TK dan SD di Indonesia via kumpulandpbbm.net

Inilah mahakarya yang gak ada duanya dari anak Indonesia. Mau kamu besar di Sorong, Kotamobagu, Singaraja, Tidore, sampai Bandung dan Jakarta, kamu pasti pernah bikin gambar ini. Mau kamu besar di desa yang benar-benar memperlihatkan keindahan gunung ataupun perkotaan yang sebenarnya gak ada sawah-sawahnya sama sekali, inilah yang kamu buat di buku gambarmu.

Entah karena kamu takut dimarahin kalau bikin gambar yang beda atau simply karena kamu malas menggambar obyek lain, gunung kembar beserta matahari, sawah, dan jalan yang membelahnya adalah gambar wajibmu saat SD atau TK!

2. Saat TK/SD pun kita diajarkan untuk selalu pakai tangan kanan. Soalnya, tangan kiri itu tangan setan XD

Advertisement

pokoknya harus tangan kanan via bulletinmetropolis.com

“Eh, kok nulisnya pake tangan kiri sih, ganti dong pake tangan yang baik.”

“Adek, kalau salaman pake tangan kanan, tangan yang manis.”

“Kakak, makannya pake tangan kanan ya, tangan kiri itu kotor.”

Duh, kalau si tangan kiri bisa ngomong, mungkin dia bakal bilang…

AKU DIBILANG KOTOR!! HUAAA via myreactiongifs.com

AKU KOTOR, MAS! AKU KOTOR! HUAAA!

3. Ngerayain Hari Kartini = pakai baju adat ke sekolah. Nggak nyambung~~

Kok hari Kartini malah disuruh pakai baju adat sih? via tkkharismanusantara.blogspot.com

Ibu kita Kartini, puteri sejati~

Puteri Indonesia, harum namanya~

Apa jasa Ibu kita Kartini? Bikin sekolah buat anak-anak perempuan!

Jadi gimana kita merayakan jasanya?

PAKAI BAJU ADAT! XD

4. Mau bikin temen SD-mu nangis? Ejek aja pakai nama bapaknya!

“Sumanto!” via news.okezone.com

“Iiiih nama bapakmu Sumanto, kayak yang suka makan orang itu!”

“Ini Bapak Budi! Ini Bapak Budi!”

“Cup, Cup, Yusuf!”

Nama teman kita Annisa, Sofia, Adrian, Armando. Tapi kita manggil mereka Ucup, Budi, Sumanto, Cecep. Bahkan kebiasaan ini kebawa-bawa sampai gede. Pernah juga kita kelepasan manggil mereka dengan nama-nama itu DI DEPAN BAPAK MEREKA. GYAHAHAHA.

5. Kita belajar sampai berdarah-darah buat ngerti rumus Matematika di SMA. Ujung-ujungnya, kita pakai cara cepat yang diajarin di tempat kursus…

Mending ini kemana-mana~ via soulmath4u.blogspot.com

Dari kebiasaan yang sudah terpupuk dari kecil ini, bisa dilihat dan disimpulkan bahwa mungkin emang orang Indonesia lebih seneng yang gampang dan praktis. Heuheu~

6. Bisa jadi, nilai UAN Bahasa Inggris kamu lebih tinggi dari nilai UAN Bahasa Indonesia-mu

Berapa nilai UAN kamu? via muhammadjavad.wordpress.com

“UAN lo dapet berapa?”

“Ada lah.”

“Halaaah… Sok rendah hati lo!”

*merebut ijazah dari tanganmu*

“Lah? UAN Bahasa Inggris dapet 9,0. Kok UAN Bahasa Indonesia cuma dapet 7,5? Waaah… Gak nasionalis lo!”

7. Walau bangga bahasa Indonesia, kamu pasti ngerasa aneh kalau laptop, HP, atau media sosialmu disetel dalam bahasa Indonesia.

Twitter bahasa Indonesia itu ganjil

“Kucu was tagged in Arindra’s photo” –> “Kucu ditandai di foto Arindra”

“Mulai jelajahi Google Chrome.”

“Apakah Anda menyetujui peraturan pengguna ini?”

Duh… Geli.

Sementara dalam hal makanan…

8. Sekenyang apapun perutmu, kamu gak bisa dianggap sudah makan kalau belum makan nasi

makan tu ya nasi via ag0nist-antag0nist.blogspot.com

Mama : “Kak, makan dulu gih.”

Kamu : “Udah Ma, barusan jajan di sekolah.”

Mama : “Jajan apa emang kak?”

Kamu : “Burger Ma..”

Mama : “Duuh, cuma camilan itu kak, ‘kan belum makan nasi. Sana gih makan nasi dulu.”

Kamu : *menatap nanar pada perut yang membuncit*

9. Selain dianggep belum makan kalo belom makan nasi, orang Indonesia juga paling doyan banget sama sambel

sambel Indonesia via www.kaskus.co.id

Sambel trasi? ADA!

Sambel bawang? HADIR!

Sambel Pete? ADA BANGET!

Sambel Mentah? ADA BANYAK!

Sambel Mateng? NIH AMBIL!

Sambel setengah mateng?

10. Kemudian, biasanya orang Indonesia itu nyisain makanan paling enak buat dihabisin paling akhir

dimakan terakhir via wcfebruary2.blogspot.com

*sehabis dari kamar mandi*

Kamu : “Loh… telur di piring gue kok ilang?”

Temen : “Yaah, bro, elu doyan?”

Kamu  : “Yaiyalah doyan, mau gue makan terakhir… Lu ambil?”

Temen : “Hehehe… maap bro, kirain sengaja gak lu makan.”

??>slsaksa!@!@####$$@@^&%^(*!!!!

11. Cuma di Indonesia, restoran cepat saji adalah hal mewah dan surgawi <3

ini mewaah dan surgaa via s1.fibox.ws

Pas masih SD

“Pa, kalo nilai raportku bagus nanti, kita makan di KFC ya!”

atau

“Eh, eh diundang ke ulang tahunnya Novia gak besok minggu? Di MCD lho ultahnya, MCD!!”

Pas udah gede

Kamu : “Bro, makan yuk, di Texas.”

Temen : “Waduh, mahal bro, tanggal tua ini.”

Kamu  : “Yaelah, Texas warteg belakang kampus, ‘kan murah itu.”

Temen : “Oh kirain Texas restaurant, ya udah yuk capcus.”

12. Orang Indonesia juga gemar makan mie instan, entah dimakan mentah-mentah atau dijadiin lauk dan dicampurin nasi

makan nasi pake mie itu Indonesia banget via let-to-the-thonk.blogspot.com

Kamu : “Ma, gak masak ya, kok meja makan kosong?”

Mama : “Kamu masak mie aja ya kak, itu nasinya udah ada di magic jar, nanti mienya buat lauk aja.”

Kamu : *kicep*

13. Bawa banyak mie, sambel, dan makanan kering khas Indonesia pas pergi ke luar negeri itu udah biasak!

bawa Indomie ke luar negeri! via www.kuliahkeamerikayuk.com

Indomie satu karton. Check

Sambal Terasi 3 botol. Check

Kripik Singkong 3 kresek. Check

Kerupuk udang 2 bungkus. Check

Kripik Balado 5 bungkus. Check

*sembari berdoa semoga kopermu muat*

14. Kamu juga sering ketipu sama isi toples kue yang ternyata isinya alat jahit, atau kaleng Khong Guan yang isinya melinjo.

Ditipu sama mama atau nenek… #WESBIYASAK

Sementara kalau orang Indonesia liburan…

15. (Ada yang) lebih seneng pergi ke luar negeri daripada menjelajah negeri sendiri

liburan pilih ke luar negeri via travel.detik.com

“Ya iyalah, secara harga tiket pesawat ke luar negeri lebih murah dan banyak promonya. Gue juga mau ke Raja Ampat, tapi tiketnya bikin sakaratul maut!”

16. Orang luar kalo tau temennya mau pergi: “Have fun!” Orang Indo kalo tau temennya mau pergi: “Oleh-oleeeeh…”

Mungkin kira-kira begini pengeluaranmu waktu liburan

Transportasi : Rp 400.000

Makan            : Rp 180.000

Penginapan  : Rp 300.000

Oleh-oleh buat 1 kampung    : Rp 500.000

17. Bali jadi destinasi paling hits sepanjang masa, padahal banyak tempat liburan lain yang bagus juga di Indonesia!

pokoknya ke BALI via www.planetminecraft.com

Darmawisata SMP kemana? Ke Bali!

Kalo darmawisata SMA? Bali dong!

Backpackeran pas kuliah? Bali aja yuk guys!

Outing kantor? Bali aja coooooy!

Nah, kelakuan orang Indo yang berduit juga unik…

18. Kalau orang penting banyak duit, plat mobilnya ada tulisan BOS-nya

iya deh pak BOS via aluvimoto.com

Aaah… kakak AL memang bos di hatiku~ *lari-lari kecil kemudian kesandung

19. Beli barang KW tetep bangga. Alesannya itu KW kualitas super. Padahal tetep aja itu palsu…

tas KW super via htkaskus.com

A : “Eh cint, bagus banget tasnya.. baru ya? asli ini?”

B : “Hehe.. KW super ini sist, minat sist?”

C : “Wah iya? Kirain asli lho jeng…tapi bagus lho ini, saya juga mau jeng. Belinya dimana?”

B : “Saya masih punya banyak sih sist di rumah, besok saya bawain, ini saya ada katalognya, coba diliat-liat dulu aja.”

Ternyata si ibu B ini jualan toh..

Tapi apapun status sosialnya, orang Indonesia itu pasti…

20. Dateng telat itu gak papa, karena toh semua orang juga telat.

dateng telat itu GAK PAPA via www.sportsanity.com.sg

Janjian jam 9, datengnya jam 11.30

Akhirnya pada janjian jam 7, biar datengnya jam 9

#LOGIKAINDONESIA

21. Besar di daerah tropis malah justru membuat kita takut sama matahari

mungkin kita vampir via kippas.org

“Dek, pake jaket, nanti item lho.”

“Aduh, panas nih, males ke luar, habis luluran juga ntar kulitku gosong lagi.”

“Duh, jangan ke pantai ntar gosong, jadi item.”

Hehehehe.

22. Kita masih sering nganggep kalo bule itu lebih keren daripada kita. Sering grogi pas ketemu bule, ngajak foto bareng, bahkan sampai SKSD~

tapi ya emang ganteng sih ya~ via ratusuudhanum.blogspot.com

*Di Malioboro*

“Eh, eh, ada bule cakep, samperin noh, ajakin ngobrol! Hei, Mister, mister…”

*Di Borobudur*

“Eh, ada bule cantik, diajakin foto yuk, jangan lupa mintain nama facebooknya!”

*Di Pantai Kuta*

“Eh liat deh, itu bulenya mirip Ashton Kutcher, gilak ganteng banget, makan apaan tuh bule? makan kembang mbak

23. Sebagai orang Indonesia juga kita biasanya kalau nonton bola harus rela begadang

pokoknya begadang via bola.inilah.com

Karena perbedaan waktu Indonesia dengan negara-negara yang biasanya menyiarkan bola sekitar 6 hingga 12 jam, kita sebagai orang Indonesia punya ritual unik yang asyik: nonton bola tengah malem atau pagi buta. Kita pun harus rela begadang demi mantengin klub-klub kesayangan atau negara favorit yang akan bertanding, entah itu di liga lokal atau di kancah Internasional. Gak papa, lagian nonton bola ‘kan emang asyiknya malem. #sabda

Mitos dan kepercayaan tradisional di Indonesia juga masih lekat. Buktinya?

24. Reality show hantu-hantuan pasti laku, walaupun diputernya malem banget

reality show mistis masih jadi favorit via www.lintas.me

Di kamar kost

Kamu  : “Ada tontonan bagus gak ya malem ini.”

Temen : “Ini hari apa emang?”

Kamu  : “Kamis nih.”

Temen : “Wah dunia lain Bro, ntar jam 12 ampe jam 3 tuh, nonton itu aja kita.”

Kamu  : “Ayuk ayuk… beli camilan dulu ye di minimarket”

Nonton reality show hantu-hantuan = nonton film box office

25. Iklan beginian juga MASIH nongol aja di televisi~

udah 2015 inih via www.youtube.com

Bro, bro, udah 2015 bro~

26. Terapi aura juga marak di beberapa tempat. Nanya beneran: emang aura bisa dilihat ya?

mending pijet refleksi via www.haryotalijiwo.com

Tapi berhubung harganya mahal, mending kita pijet atau creambath aja kali ya Mbak~

27. Banyak juga yang polos atau kepo nanya, “Agama kamu apa?” Ah…

pada kepo via forum.viva.co.id

“Mbaknya kok gak sholat dulu mbak? Udah maghrib lho ini, Muslim ‘kan?”

“Kamu katholik ‘kan? Gak ke gereja?”

“Eh si gentong agamanya apa sih kok gak pernah sholat atau ke gereja?”

T

E

R

L

A

L

U.

Dan sayangnya, kita sebagai orang Indonesia itu suka menilai sesuatu dari kemasannya aja

28. Sering banget kita menilai orang dari penampilan luar atau asal sukunya

menilai dari asal daerah via khairulatmahatoy.blogspot.com

“Oh dari Solo ya mbak, wah pasti halus dan sopan nih mbaknya.”

“Ih, guru baru kita kok galak banget sih, orang Batak tuh pasti!”

“Cina sih, pantesan pelit..”

29. Di Indonesia, tattoo juga masih dipandang sebelah mata dan dikaitkan dengan premanisme 🙁

tattoo = preman via www.lovelytoday.com

A : “Eh liat tuh, tattoo Masnya banyak banget, ngeri ya, jangan-jangan dia preman pasar atau tukang pukul?”

B : “Ih, iya ya serem, tapi tetanggaku juga ada lho, cewek lagi. Cantik tapi kok tattooan.”

30. Basa-basi yang khas indonesia itu agak berat dan lebih ke menginterogasi

basa-basinya orang Indonesia via speedsedution.wordpress.com

Basa-basi berat ala orang Indonesia,

Asalnya dari daerah mana mbak?

Rumahmu di mana sih?

Kamu anak ke berapa?

PS : Situ merangkap jadi petugas sensus ato gimana?

31. Masih melajang di usia yang matang itu dianggap aib atau kutukan

melajang di usia matang = aib via www.teen.com

“Eh, anaknya ibu A umurnya udah 30 tahun tapi belom dapet jodoh juga lho, kasian ya.”

“Si B tu sampe sekarang masih jomblo lho, padahal umurnya udah 32.”

“Nak, kamu udah umur 35 kok belum dapet jodo juga, dosa apa mamak ini.”

Walaupun begitu, kita juga nggak boleh lupa kalau orang Indonesia:

32. Selalu murah senyum dan ramah, apalagi kepada pendatang.

orang Indonesia itu murah senyum via www.peterloud.co.uk

Orang Indonesia itu selalu murah senyum dan ramah, apalagi bagi para pendatang. Pasti deh kalo ada yang minta ditunjukin alamat pada ngasih tau walaupun belom tentu bener juga alamat yang ditunjukin.

33. Orang Indonesia juga tak akan segan untuk menolong dan menawarkan bantuan, saat kamu sudah merasa paling kelimpungan

Ini cuma perasaan Hipwee aja atau emang bapaknya yang paling depan encoknya kumat ya..

33. Di Indonesia, kamu bisa menemui berbagai rupa makanan lezat yang tak malu-malu mandi bumbu

makanan kaya rempah via ekoder.blogspot.com

Makanan Nusantara emang gak ada duanya dan lidahmu gak bisa bohong kalau masakan Indonesia lebih enak dan ngangenin daripada masakan dari negara manapun.

34. Hanya di Indonesia juga, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat indah macam ini

Ini bukan surga. Bahkan di surga pemandangan ini tidak ada.

35. Dan hanya dengan tinggal di Indonesia, kamu akan mengerti betapa beragamnya manusia…

Betapa beragamnya manusia via indonesia.travel

Kekayaan suku dan budaya cuma ada di Indonesia. Tidak ada tempat lain di belahan bumi yang bisa menandingi kekayaan dan keragaman bumi pertiwi Indonesia.

Semoga artikel ini mampu membuka matamu untuk makin bangga ya jadi orang Indonesia, terlepas dari segala kebiasaan baik maupun buruknya. Semoga juga kebiasaan buruk yang selama ini menjadi stereotip masyarakat dan sudah mendarah daging bisa sedikit terkurangi demi Indonesia yang lebih maju. 😀