Masih ingat kejadian beberapa bulan lalu yang menimpa Kemal Palevi? Jebolan Stand Up Comedy Indonesia di Kompas TV ini cukup menghebohkan dunia maya setelah dia mengunggah sebuah video humornya di Youtube. Video tersebut berisi ulah Kemal menanyakan ukuran BH cewek. Video tersebut menuai kritik karena di dalamnya terdapat cuplikan dimana Kemal menanyakan ukuran BH kepada dua remaja yang masih berusia 14 tahun. Videonya ini tentu dianggap merendahkan kaum perempuan. Nggak sampai di situ, atas ulahnya ini, munculah petisi di Change.org dengan judul “Tolak lelucon yang menjadikan ukuran BH anak sebagai target” sebagai kritik keras terhadap dirinya. Akhirnya, Kemal pun minta maaf atas video tersebut dan menghapusnya.

Tapi sayang, sepertinya Kemal nggak belajar dari kesalahannya yang lalu. Baru-baru ini, tepatnya saat pertandingan bola Indonesia melawan Thailand dalam laga AFF 2016 (14/12), Kemal kembali berulah. Kali ini kicauannya di Twitter yang bermasalah. Kenapa?

Kejadian ini berawal saat pertandingan final Indonesia melawan Thailand dalam ajang AFF 2016

Cuitan Kemal Pahlevi via twitter.com

Selasa (14/12) malam lalu, pertandingan sepak bola yang dinanti-nantikan sebagian besar masyarakat Indonesia telah berlangsung, tak lain adalah laga final antara timnas Indonesia melawan Thailand untuk merebut piala AFF 2016. Akhirnya Ibu Pertiwi memenangkan laga dengan skor 2-1 di leg pertama ini.

Nah, setelah pertandingan usai, Kemal melalui akun Twitternya mengeluarkan tweet dengan (tagar) #ZulhamZamrunGakGuna, #JanganDiajakKeThailandPlease, #BiarBayuGatraAjaYangMain. Bagi Kemal, cuitan ini mungkin sebagai bentuk kekecewaannya atas permainan Zulham Zamrun yang mungkin kurang maksimal. Namun, sebagai  figur publik, rasanya perkataan “Gak Guna” tersebut nggak pantas dikeluarkan.

Atas cuitannya tersebut, nggak sedikit netizen yang menyayangkannya

Advertisement

Reaksi netizen via twitter.com

Kicauan Kemal kali ini sontak membuat netizen bereaksi. Ada beberapa yang setuju dengan permainan Zulham yang nggak maksimal, namun nggak sedikit yang mengkritisi pelawak tunggal satu ini. Banyak netizen yang menyayangkan tagar tersebut diunggah oleh seorang  figur publik seperti Kemal. Beberapa kalangan terutama pendukung Bobotoh (suporter Persib, klub dari Zulham) merasa tersinggung karena menganggap idola mereka direndahkan. Gara-gara tagarnya tersebut, para netizen yang kecewa membuat tagar balasan dengan #KemalPaleviGakGuna. Melalui tagar tersebut, netizen menyalurkan rasa kecewanya terhadap apa yang dilakukan oleh Kemal kali ini.

Mengaku itu curahan hati sebagai pendukung Indonesia, akhirnya Kemal minta maaf dan menghapus cuitannya tersebut

Kemal minta maaf via twitter.com

Karena kicauannya tersebut, jelas saja kalau reaksi netizen di akun Twitternya meledak. Ratusan komentar tentu menghiasi akunnya setelah tweet yang kontroversial tersebut diunggah. Namun, Kemal pun menjelaskan bahwa tweet tersebut adalah murni rasa kecewanya karena menurutnya Bayu Gatra lebih pantas dimainkan daripada Zulham Zamrun. Ia akhirnya mengakui kalau apa yang ia unggah di media sosialnya itu sesuatu yang tidak pantas. Kemal lalu meminta maaf pada semua pihak yang tersinggung.

Seharusnya ini nggak cuma jadi pelajaran berharga bagi Kemal Palevi, tapi juga pengguna media sosial yang lainnya. Ibarat mulut, apa yang kamu nyatakan di media sosial adalah harimaumu. Bisa aja apa yang kamu unggah akan menyerang dirimu sendiri, seperti yang terjadi sama Kemal. Apalagi untuk seorang figur publik.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya