Dilan diangkat jadi film! Tokoh fiksi karangan Pidi Baiq ini memang cukup fenomenal di kalangan remaja. Novel Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 menjadi salah satu novel terlaris di tahun 2015. Drama percintaan Dilan dan Milea yang unik dipandang sukses membangun kisah cinta yang beda dari kisah cinta remaja lainnya.

Nah, mungkin dulu kita sempat mendengar kalau sang penulis, Pidi Baiq bersikukuh tidak mau mengijinkan kisah Dilan diangkat ke layar lebar. Tapi belakangan Pidi akhirnya luluh juga.

“Mungkin orang lain begitu mudah [mengiyakan] tapi saya tidak bisa menjual yang artinya melepas tanpa terlibat. Mereka berpikir tidak perlu melibatkan karena saya tidak punya kapasitas di ranah film” Pidi Baiq via malesbanget.com

Pro dan kontra kembali merebak. Ada yang membela agar jangan diangkat tapi banyak juga yang ingin melihat sosok Dilan secara visual. Nah, berhubung sebentar lagi sedang ada persiapan casting pemeran Dilan, kira-kira siapa ya yang cocok dengan karakter Dilan? Menurut kamu siapa? Yuk!

Sekarang kami sedang masa persiapan dan casting. Akan mulai syuting Oktober ini, film yang akan bercerita tentang kisah cinta Dilan dan Milea di masa SMA ini akan digarap oleh sutradara Rizal Mantovani, dan skenario bukan digarap langsung oleh Pidi Baiq, melainkan oleh tim dari MAX Picture.Ody Mulya Hidayat, Produser Max Pictures via hai-online.com

1. Reza Rahadian menjadi pilihan pertama yang digadang-gadangkan jadi sosok Dilan. Menurut kamu, gimana?

Advertisement

Hm…. via i.ytimg.com

Yah, mungkin sebagian dari kamu sering merasa “Film Indonesia kok semua pakai Reza Rahadian?”. Yah, mau bagaimana lagi. Aktor serba bisa ini memang selalu bisa mencuri perhatian dengan kemahirannya berakting. Rasa-rasanya, sosok Dilan bisa dimainkan secara apik oleh Reza. Dari segi fisik, Reza memang tampak lebih tua dari Dilan yang masih SMA, tapi kalau dicoba kenapa tidak?

Reza sudah memenangkan Dua penghargaan FFI dan Satu penghargaan IMA Indonesian Movie Awards, satu untuk Aktor Pendukung Terbaik untuk film Perempuan Berkalung Sorban, Satu lagi untuk Aktor Terbaik untuk film 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta. dan Satu lagi untuk Penghargaan IMA untuk Pemeran Utama Pria Terfavorit untuk film Habibie & Ainun

2. Tinggi, putih dan jenaka. Sosok fisik Dilan sih ada dalam diri Herjunot Ali~

Cocok gak? via cdn.klimg.com

Dalam novel Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 sosok Dilan tergambar sebagai cowok yang jenaka. Meski Junot cukup dikenal dengan aktingnya sebagai tokoh yang sangat serius di Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk, tapi masih ingat dong barisan film lain yang menempatkannya di posisi peran tokoh anak muda kasual seperti Realita Cinta dan Rock & Roll, 5 CM, dan lain sebagainya? Dari jejak rekam akting doi sih kayaknya cukup oke memerankan Dilan. Hm, gimana?

Nominasi Pemeran Utama Pria Terpuji Festival Film Bandung 2013, nominasi Favorite Actor Of The Year Indonesian Choice Awards 2014, nominasi Pemeran Utama Pria Terpuji Festival Film Bandung 2014. Pemeran Utama Pria Terpuji Festival Film Bandung 2014

3. Sisi bad boy-nya Dilan kiranya cocok dimainkan oleh Adipati Dolken. Sengak-sengak kece. Ya nggak sih?

Kebanyakan cewek setuju kalau yang memerankan sosok Dilan adalah Adipati Dolken. Selain punya paras yang ganteng dan akting mumpuni. Adipati cukup apik memerankan sosok yang jahil seperti Dilan. Dipoles dikit, okelah! Ya kan?

Asia New Star Model Award dalam ajang Asia Festival Model Award 2014 yang diselenggarakan di Seoul, Korea Selatan. Pemeran Pendukung Pria Terbaik FFI 2013. Selebriti Pria Paling Memikat Infotainment Award 2014. Aktor Favorit Indonesia Kids Choice Award 2014

4. Ramon Tungka yang punya personalitas keras berapi plus sedikit idealis di tokoh-tokoh yang ia perankan seyogianya sanggup untuk menampilkan kharisma Dilan

Nggak bisa dipungkiri, karakter Dilan merupakan sosok yang tegas, gahar dan disiplin. Dan semua itu ada dalam diri Ramon Y Tungka. Galaknya sih dapet, dan mungkin ada yang kangen dengan karakternya sebagai anak SMA di Catatan Akhir Sekolah.

5. Miqdad Addausy, kalau mau yang usianya lebih mendekati karakter sebenarnya

Karakter remaja legendaris, Lupus dalam film Bangun Lagi Dong Lupus (2013) saja sudah pernah dilakoni oleh Miqdad. Ia juga terlibat di beberapa film remaja seperti Magic Hour (2014) dan Remember When (2015). Rasanya cukup realistis dan relevan bagi Miqdad untuk mendapatkan peran Dylan, mengingat ia punya tampilan fisik dan usia yang tidak terlalu mencolok dibanding kawula muda pada umumnya.

6. Hmm muda, energik dan tengah dalam puncak popularitasnya. Bukan tidak mungkin Stefan William jadi pilihan

Buat kamu yang jengel nonton sinetron mungkin agak risih juga disuguhi muka Stefan William terus menerus. Namun, tak bisa dipungkiri sinetron Anak Jalanan yang ia bintangi tengah dalam puncak popularitasnya. Dan saat ini, bisa jadi Stevan Wiliam adalah salah satu remaja cowok yang paling bersinar di kalangan remaja. Wajahnya jelas tampan. Dalam perhitungan komersial, bisa jadi ia malah menjadi pilihan terbaik.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!