Dalam dunia patriarki, cowok selalu mendapatkan posisi di atas. Wanita, ditempatkan dalam posisi yang selalu di bawah. Tetapi, sekarang itu tak ada lagi. Seperti Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau bilang “It’s 2015…” Hari gini, tak ada lagi siapa yang terhebat diantara cowok dan cewek.

Tapi kalian para cowok tetap bisa membuat dirinya merasa bangga dan hebat. Buktikan kalau kalian adalah para cowok sejati dengan hal-hal berikut ini:

1. Jangan ngaku fans sepak bola kalau kamu belum mendukung klub kota sendiri dan gak ngikutin pertandingan home & away mereka!

Tandang dan kandang (Koleksi Pribadi)

Menyukai sepak bola, tak lengkap kalau belum datang ke stadion. Stadion ibarat destinasi wajib bagi pecinta sepak bola. Tak lengkap pula mencitai sepak bola, kalau tak mencintai sepak bola lokal. Apalagi sepak bola daerah tempat kalian tinggal. Kalau kalian memang jantan, dukunglah klub daerah kalian ketika bermain di luar kandang. Kalian akan merasakan sensasi tersendiri duduk, berdiri, dan mendukung klub yang dikelilingi suporter tuan rumah.

2. Gak ada yang salah dengan memiliki phobia, tapi please jangan dipamer-pamerin. Apalagi kalau cuma kecoa.

Jangan (terlihat) takut sama kecoa via log.viva.co.id

Advertisement

Kalian punya teman yang loncat ketakutan kalau ada kecoa yang terbang? Atau itu pacar kalian? Atau kalian sendiri? Ish. Katanya cowok sejati, masak sama kecoa terbang saja takut. Jadilah cowok sejatai dengan berani menghadapi kecoa terbang sendirian.

3. Berani bersuara ketika ada yang tertindas. Contohnya: Gak gentar ketika ada senior yang menjengkelkan.

Senior dan junior, adalah dua kata yang akan selalu menghantui kehidupan manusia. Dalam kehidupan mahasiswa pun tak akan lepas dari dua kata itu. Sebagai junior, kita dipaksa untuk tunduk kepada senior. Kalau kalian cowok sejati, lawan senior kalian yang menjengkelkan dan bertindak diluar batas kewajaran. Karena tak ada yang namanya senior selalu benar.

Dan yang terpenting adalah kamu tidak melakukan hal yang sama jahatnya ketika menjadi senior nanti.

4. Apalah arti cowok sejati kalau masih sering buang sampah sembarangan… Cowok sejati selalu mencintai dan menjaga alamnya.

Cowok sejati memungut sampah via regional.kompas.com

Kebersihan itu sebagian dari iman. Membuang sampah ditempatnya adalah sebuah kewajiban. Percuma kalian ngaku sebagai penyuka traveling kalau masih suka menyisahkan sampah di tempat-tempat yang kalian kunjungi. Kalau kalian merasa cowok sejati yang menyukai traveling, jangan sisahkan sampah satu pun di setiap perjalanan traveling kalian.

5. Buktikan kalau kamu adalah cowok yang bisa menjaga mulut (dan pikirannya) dari sumpah serapah

Salah satu kebiasaan cowok adalah mengeluarkan umpatan atau sumpah serapah. Biasanya, sengaja atau tidak, sumpah serapah dan umpatan selalu nyaman untuk kita ucapkan. Mereka bahkan seperti menjadi kebiasaan yang susah di hilangkan. Memang terkadang niat kita hanya sebatas mengeluarkan emosi semata. Tapi pernahkah kita sadar bahwa itu termasuk dalam polusi suara. Sumpah serapah kalian tak lebih dari sampah yang tak pantas untuk dibuang sembarangan. Jadi, jagalah mulutmu dari sumpah serapah dan umpatan.

6. Cowok sejati selalu menepati segala janji!

hand in hand make a Promise via www.huffingtonpost.com

Pernahkah kalian mendengar kiasan Janji Adalah Hutang ? Sebegitu pentingnya sebuah janji, hingga disamakan seperti hutang yang harus kita bayar lunas. Janji pun demikian. Ketika kita berjanji, artinya kita memiliki kewajiban untuk membayar lunas janji kita dengan cara melunasinya. Hanya cowok cemen yang bisa dengan mudah mengobral janji tapi selalu mengingkarinya.

7. Hargai Agama Lain Adalah Bukti Kalau Kalian Cowok Sejati

Indonesia adalah negara multi religi. Indonesia memiliki 6 agama dan kepercayaan-kepercayaan yang jumlahnya tak bisa dihitung. Saking banyaknya. Untuk itu, menghargai keberadaan agama lain adalah sebuah kewajiban. Belum afdhol rasanya menjadi cowok apabila belum bisa memperlakukan penganut agama lainnya sama seperti kita memperlakukan penganut agama yang sama dengan kita.

8. Dahulukan Wanita dan Anak-Anak Ketika Di Dalam Transportasi Umum

Pernahkah kalian naik transportasi umum? Bus, kereta, pesawat, angkot, dan busway adalah beberapa contoh transportasi umum. Jika pernah, apa kalian pernah berebutan ketika naik ke transportasi umum? Untuk menjadi cowok sejati, yang harus kalian lakukan ketika menghadapai situasi seperti ini adalah mendahulukan wanita dan anak-anak untuk masuk. Tegakah kalian berdesakan dengan wanita dan anak-anak?

9. Kalau Kamu memang jentelmen, Jangan kasih harapan palsu kepada gebetanmu. Jangan janji nikah (padahal kamu tak ingin) pada pacarmu. Stop PHP!

Jangan php via www.pinterest.com

Sering kita mendengar rayuan gombal para cowok ketika mendekati cewek. Kadang, cewek yang didekati tak lebih dari sekedar penghibur hati yang sedang terluka. Yang lebih menjengkelkan adalah ketika cowok menjadikan cewek sebagai pemuas hasrat nafsu belaka. Maka dari itu, kalau kalian cowok gentle, buanglah harapan palsu dalam kamus kehidupan kalian. Berikan kepastian cinta untuk gebatan cewek kalian.

10. Kalau kamu beneran serius dengan pasanganmu, buktikan dengan datang langsung ke orang tuanya. Lalu lamar!

Tie the knot via www.tribunnews.com

Menunjukkan keseriusan cinta memang tak mudah. Tapi bagi cowok, itu adalah kewajiban. Apabila kalian sudah siap untuk menikah dan telah memiliki pasangan, datangi rumahnya, ajak omong keluarganya, lalu lamar dia. Tunjukkan keseriusan kalian di depan orang tuanya. Pastikan kedua orang tua pasangan kalian yakin kalau kalian adalah pasangan yang tepat untuk anaknya.

Memang menjadi cowok sejati itu tak mudah. Ada banyak sekali rintangan dan halangan yang harus kalian lewati. Tetapi kalau kalian sudah melewati ini, julukan cowok sejati sudah terpatri dalam hati kalian. Selamat mencoba.