Ketika kamu berada di tempat baru biasanya muncul rasa was-was saat bertemu orang-orang di sana. Berbagai pikiran pun menghantui, seperti: “Ada yang mau berteman sama gue nggak ya?” “Gue bisa cepat adaptasi sama mereka nggak ya?”. Nah untuk merealisasikannya kamu perlu punya persiapan. Tenang, nggak ribet kok. Hehe.

Kamu bisa memulai dari melihat sekitarmu lho, misalnya saja pribadi yang hangat dan menyenangkan pasti disukai banyak orang. Supaya punya banyak teman nggak harus royal dalam segi materi kok, yang penting saat ada kerabat butuh bantuan dan kamu sanggup melakukannya nggak masalah. Toh, kamu sendiri saat berada di posisi mereka juga ingin dibantu kan? Nah selanjutnya kamu bisa memerhatikan lebih jauh dari ulasan berikut ini. Silahkan disimak ya.

1. Pribadi yang penuh kehangatan dan menyenangkan selalu disukai. Tersenyum dan sering menyapa bisa kamu lakukan nih

jangan malah gini ;))) via www.tumblr.com

“Gue seneng deh kalau ngeliat si Haifa. Senyumnya manis banget, ngalahin Raisa.”

Tentu saja orang yang suka menyapa, bertanya kabar, bahkan sekadar senyum tipis pun selalu disukai sekitarnya. Kehangatan sederhana ini memang selalu sukses memecah suasana canggung yang terjadi saat bertemu orang baru. Makanya, jangan sungkan deh ramah ke orang lain. Toh, kamu sendiri kalau disenyumin atau ditanyakan kabar sama mereka pasti senang dong? 😉

2. Cara berinteraksi jadi salah satu penentu orang tertarik sama kamu atau nggak. Misalnya jangan asal menyebut nama saat belum tahu nama panggilannya

Advertisement

jangan ajak selfie kalau baru kenal via favim.com

“Nama lo Didi?”

“Iya, Didi Puspito.”

“Kayak lagu deh. Didit-Didit pagerku berbunyi, Didit-Didit begitu bunyinya ~”

“Apaan sih baru kenal udah sok asik.”

Biasanya saat pertemuan pertama, cara beradaptasi lainnya yaitu kamu mencoba jadi orang yang “nyambung” saat mengobrol sama mereka. Paham sih karena obrolan yang nyambung itu bisa dibilang “penentu” kamu berlanjut atau nggak berteman dengan mereka. Oleh karena itu, kamu harus pandai berinteraksi nih sama mereka. Jangan memaksa untuk nyambung kalau kamu nggak memahami obrolannya. Lebih baik dibilang pendiam daripada sok asik kan? ;p

3. Pede itu penting dalam segala situasi, tapi jangan sampai egois juga ya. Karena kalau nggak yang ada kamu disebelin

kamu harus pede via rebloggy.com

Ini nih yang perlu kamu perhatikan banget dalam diri sendiri. Yup! Percaya diri (pede) harus kamu miliki dan tunjukkan di depan orang lain. Bahkan, saat kamu lagi sendirian pun perlu supaya kamu selalu termotivasi dan tak mudah menyerah untuk mencapai apa yang diinginkan. Namun kamu harus hati-hati karena kalau kelewat pede, kamu bisa dianggap egois sama mereka. Apalagi baru bertemu sama kamu, tentu saja mereka nggak tahu pribadi dirimu sebenarnya seperti apa. Mereka masih menerka-nerka.

4. Tunjukkanlah sikap pedulimu terhadap orang lain. Siapa yang nggak senang punya teman perhatian kayak kamu?

tunjukkan kepedulianmu via www.buzzfeed.com

Peduli itu buka berarti diartikan dengan materi ya. Yang Hipwee maksud di sini yaitu sikap peduli terhadap sesama melalui bantuan apapun yang bisa kamu berikan. Misalnya saja meminjamkan pulpen, mengantarkan ke toilet, atau menerima ajakan pulang barengnya (ini bukan modus, cuma bantu dia yang nggak tahu jalan *yakali*). Dengan begitu mereka bakal selangkah lebih nyaman sama kamu. Lagi pula, siapa sih yang nggak senang dapat perhatian? ;p

5. Mau ngelawak biar cepat akrab nggak masalah. Namun harus lihat situasinya ya, karena kalau nggak mereka bisa ilfeel

ekspresi mereka kayak gini kalau kamu maksa ngelawak via wifflegif.com

“Eh kasian tuh si Haifa dicuekin.”

“Biarin ah. Lawakannya maksa sih.”

Nggak ada salahnya kalau kamu mau ngelawak biar suasana keakraban makin tercipta. Tapi kalau kamu ngelawaknya nggak lihat situasi atau belum tahu selera lawaknya mereka kayak gimana, mending hindari deh. Yah, daripada nanti jadi awkward dan mereka malah ilfeel ke kamu.

6. Hargailah setiap yang mereka lakukan karena sekecil apapun sikapmu itu, orang lain akan tersentuh

hargai ice cream buatannya, walau rasanya kurang manis ~ via favim.com

“Jangan sedih dong. Yang lo lakukan tadi udah benar kok, cuma kurang ditingkatkan sedikit aja.”

Hal lain yang bisa kamu lakukan biar cepat disukai orang baru yaitu menghargai setiap apa yang mereka perbuat. Tapi bukan sampai yang terlihat memaksa lho, hargailah sesuai kadarnya saja. Misalnya dia bawa cemilan gorengan keasinan, nah cukup katakan:

“Wah makasi ya gorengannya, jadi kenyang gue.”

Nggak perlu kamu tambahin embel-embel seperti:

“Makasi ya udah bawain gorengan bikin gue nggak kelaperan, tapi rasanya asin deh.”

Yakali kalau kamu bilang gitu yang ada malah disebelin sama mereka karena dianggap nggak tahu terima kasih. Hahaha.

Bertemu orang baru bisa bikin kamu deg-degan. Entah karena dulu punya pengalaman buruk atau belum bisa beradaptasi dengan baik sama mereka. Bikin orang baru cepat suka memang nggak gampang, tapi nggak ada salahnya terapkan 6 trik yang Hipwee ulas tadi ya. Semoga berhasil!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya