Salah satu kapal pesiar termegah di dunia pada masanya – Titanic hingga kini masih jadi topik menarik untuk dibicarakan. Kemewahan yang diberikan, kecelakaannya yang kini masih dipertanyakan penyebabnya, dan kisah-kisah pilu yang mewarnai perjalanan memang nggak bosan untuk disinggung. Meski telah lama tenggelam, kapal yang kisahnya diangkat ke layar lebar dan memenangkan banyak penghargaan ini ternyata punya cerita mistis lho. Memang belum pasti kebenarannya, namun banyak orang di dunia yang mempercayainya.

Seperti apa cerita horor tentang kapal yang disinyalir tenggelam menabrak gunung es di Newfoundland pada 15 April 1912 ini? Walau masih simpang-siur, nggak ada salahnya kamu ketahui agar punya spekulasi lain kenapa kapal yang dioperasikan oleh White Star Line bisa tenggelam. Dengan jumlah penumpang tewas kurang lebih sebanyak 1.514 dari 2.224 penumpang, mungkin kisah-kisah mistis ini bisa jadi salah satu penyebab kapal ini karam lho. Simak selengkapnya seperti yang diadaptasi Hipwee dari liputan6.com berikut ini.

1. Sekitar 14 tahun sebelum Titanic beroperasi, telah terbit novel berjudul Futility yang kisahnya hampir mirip dengan Titanic. Apa memang sudah diramalkan?

ini novelnya via itunes.apple.com

Percaya atau tidak, kisah tenggelamnya kapal Titanic ada pada novel berjudul Futility yang terbit sekitar 14 tahun (1898) sebelum kapal mewah ini beroperasi. Novel yang dikarang oleh Morgan Robertson ini berkisah tentang sebuah kapal pesiar mewah bernama Titan yang tenggelam karena menabrak gunung es pada malam hari di bulan April. Ditambah lagi lokasi karam kapal Titanada di sekitar 643,7 km dari Newfoundland, di mana tempat tersebut juga tepat lokasinya Titanic tenggelam.

Sejak kecelakaan Titanic menabrak gunung es, banyak orang di dunia yang menghubungkan kesamaan Titanic dengan Futulity. Novel yang juga bernama Wreck of the Titan ini dianggap sebagai ramalan tenggelamnya kapal Titanic. Namun, Morgan Robertson menyangkal dan menjelaskan bahwa apa yang dia tulis merupakan murni dari pikiran dia sendiri yang didukung oleh pemahamannya tentang dunia kelautan dan perkapalan. Nggak ada ramal-ramalan seperti yang dibicarakan orang-orang selama ini dan Morgan pun menegaskan kalau kemiripan itu hanyalah sebuah kebetulan belaka.

2. Desas-desus adanya mumi yang diangkut oleh Titanic. Ini dipercaya oleh banyak orang

Advertisement

the unlucky mummy via global.liputan6.com

Penyebab tenggeamnya Titanic hingga kini masih diperdebatkan dan menimbulkan spekulasi-spekulasi baru. Spekulasi ini memunculkan pendapat adanya mumi yang dibawa Titanic bernama The Unlucky Mummy. Mumi tersebut diperkirakan disimpan di dalam peti batu yang telah disegel dengan kutukan-kutukan seram. Hal ini dapat dilihat dari ditemukannya jasad yang diawetkan dan dikira merupakan seorang putri dari Kerajaan Meski Kuno bernama Amen-Ra. Amen-Ra sendiri dianggap telah meninggal, lalu jasadnya berupa mumi disimpan di dalam ruang bawah tanah rahasia di British Museum.

Selama ini yang dilihat pengunjung British Museum hanyalah replikanya yang dipajang untuk melindungi para staf dan pengunjung karena terdapat kutukan seram. Dan seorang ahli mesir Kuno dari Amerika Serikat sebenarnya mengatakan bahwa peti mati yang dipajang di museum Inggris itu palsu. Dia juga yang memengaruhi pihak museum agar artefak sejarah itu dibeli dan dibawa ke Amerika Serikat. Sayangnya rumor itu diragukan oleh orang-orang di dunia karena mereka nggak percaya. Lagipula mereka menyakini kalau barang-barang yang diangkut Titanic kebanyakan adalah bulu-bulu binatang.

3. Munculnya wajah gelap yang dianggap seperti kematian dari cerobong asap Titanic. Banyak penumpang yang melihatnya

itu cerobong asapnya via en.wikipedia.org

Cerobong asap yang ada pada Titanic oleh penumpang biasanya dianggap sebagai pelengkap kapal saat mengarungi laut. Titanic sendiri punya 3 cerobong asap yang terhubung dengan tungku di bawahnya, lalu corong yang satunya lagi digunakan sebagai tempat keluar dan masuknya udara agar kapal terlihat lebih simetris. Padahal, di balik itu terdapat hal seram yang bikin bulu kuduk merinding. Hal ini bermula ketika Titanic meninggalkan Queenstown, Irlandia. Para penumpang naik ke kapal dan nggak sengaja melihat wujud mengerikan dari cerobong.

Wajah seram yang menyerupai kematian itu membuat para penumpang sempat takut untuk naik kapal lagi. Sayangnya hal itu disanggah karena wajah seram itu dianggap merupakan salah satu pekerja kapal di bagian tungku yang sedang memanjat mencari udara segar lewat cerobong. Wajah pekerja yang diselimuti debu batu bara itu pun dianggap sebagai wajah yang menyeramkan. Mereka nggak ada yang berpikir kalau cerobong asap bisa dipanjat melewati cerobong asap dan percaya bahwa hal itu mustahil. Oleh karena itu mereka menilai wajah seram itu adalah salah satu bentuk kematian.

4. Fenomena alam supermoon jadi salah satu hal yang dipercaya membuat Titanic tenggelam. Ini kata para astronom

fenomena alam via en.wikipedia.org

Fenomena alam seperti supermoon – di mana saat itu bulan purnama berada pada jarak terdekat dengan bumi dipercaya jadi salah satu penyebab tenggelamnya Titanic. Para astronom dari Texas State University, David Olson dan Russell Doescher dalam majalah Sky & Telescope untuk bulan April 2012 mengatakan peristiwa tersebut terjadi bersamaan dengan pasang purnama dan periheloion Bumi – di mana planet manusia berada pada jarak terdekat dengan matahari yang terjadi pada 4 Januari 1912.

Hal tersebut membuat pasang surut yang cukup parah dan telah mengakibatkan banyak gunung es dan jatuh ke laut, salah satunya di selatan Newfoundland – lokasi Titanic tenggelam. Sayangnya lagi-lagi argumen itu disanggah oleh ilmuwan lainnya. David Olson dan Russell Doescher. Mereka menyalahkan kesimpulan kalau gelombang tinggi selama beberapa jam yang diakibatkan fenomena itu punya efek dramatis lebih dari 3 bulan sesudahnya, yakni saat Titanic tenggelam pada 15 April 1912.

5. Ada pesan tersembunyi di lambung kapal. Ini dipercaya sebagai pesan anti-Katolik

ada pesan tersembunyi katanya via fineartamerica.com

Setelah Titanic tenggelam, banyak komentar berhembus kalau kapal mewah tersebut sebenarnya adalah simbol pembangkangan kepada Tuhan. Hal ini dilihat dari pesan anti-Katolik yang tersembunyi di nomor lambung kapal, yaitu 3909-04. Kabar ini kebanyakan diperluas dan dipercaya oleh orang-orang di Irlandia dan Amerika Serikat. Mereka mencoba menulis angka tersebut di atas kertas dan dilihat dari cermin, maka angka-angka yang terdapat pada lambung kapal itu dibaca “NO POPE – nggak ada paus”.

Kabar tersebut akhirnya hilang sejak diketahui bahwa nomor lambung Titanic bukan 3909-04. Adapun kabar lainnya yang menganggap kalau Titanic kecelakaan lantaran nggak melewati prosesi pemecahan botol sampanye ke badan kapal, seperti yang dilakukan kapal lainnya. Namun, hal ini dibantah oleh perusahaan yang mengoperasikan Titanic – White Star Line. Mereka mengaku nggak melakukan prosesi tersebut karena memang nggak menyakini kepercayaan itu. Wah, penuh misteri ya!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!