Tujuh puluh tahun yang lalu, yakni pada tangga 17 Agustus 1945, Indonesia memperoleh kemerdekaannya. Merdeka yang dimaksud di sini adalah terbebas dari segala bentuk penjajahan oleh negara-negara luar. Itu arti kemerdekaan bagi pemuda dan pemudi tujuh puluh tahun lalu atau di tahun 1945. Pemuda-pemudi di tahun 2015, tentu mempunyai makna sendiri tentang kemerdekaan. Dari trend yang setiap tahun beredar menjelang peringatan hari kemerdekaan, sepertinya ini makna merdeka bagi pemuda-pemudi di tahun 2015.

1. Bisa beli sepatu satu gratis satu walaupun harus berdesak-desakan.

Antri diskon sepatu via twitter.com

Tepat di tanggal 17 Agustus, ada diskon menarik dari toko sepatu olah raga ternama di Indonesia. Promo yang diberikan oleh toko olah raga tersebut sangat menggiurkan. Beli sepatu satu gratis satu atau diskon mencapai separuh harga. Pastinya, bagi muda-mudi yang hobi menggunakan sepatu olah raga, diskon ini menjadi kegembiraan tersendiri di hari kemerdekaan. Saking banyaknya yang berminat, setiap tanggal 17 Agustus toko ini dipenuhi orang yang mengantri mau masuk. Iya, karena di dalam sangat ramai, jadi deh yang mau masuk sampai antri-antri. Bagaimana rasanya di dalam? Dalam kondisi yang berdesak-desakan, orang-orang sibuk mencari dan agak berebut sepatu yang diincar.

2. Diskon di beberapa tempat makan. “Merdeka” makan sepuasnya?

Merdeka bisa makan enak sepuasnya dengan diskonan via travel.detik.com

Selain toko sepatu olah raga, ada juga beberapa tempat makan yang menawarkan diskon di hari kemerdekaan. Umumnya tempat makan-tempat makan yang menawarkan diskon lebaran adalah tempat makan yang cukup mahal. Makanya diskon kemerdekaan ini sangat lumayaan. Kamu yang pernah menggunakan diskon kemerdekaan di tempat makan mungkin akan merasa merdeka karena akhirnya bisa mencoba makan di situ atau merdeka karena bisa makan di situ sepuasnya dan nggak mikir harga.

3. Atau merasa merdeka karena dapat diskon pesawat dan hotel.

Advertisement

Merdeka banyak promo wisata menarik via coretanhari110.blogspot.com

Perusahaan travel yang menyadiakan jasa penjualan tiket pesawat dan penginapan juga memberikan banyak diskon di hari kemerdekaan. Bahkan, ada maskapai penerbangan yang memberikan diskon khusus untuk veteran perang dan para abdi negara. Dengar-dengar, di hari kemerdekaan ini, kereta api lokal juga gratis. Untuk kamu yang hobi traveling penawaran-penawaran ini membuat kamu merasa merdeka pergi ke mana saja.

4. Bisa merasakan libur weekend yang cukup panjang.

Bebas merdeka bermalas-malasan karena long weekend via www.clear.co.id

Hari kemerdekaan di tahun 2015 ini jatuh pada hari Senin. Itu berarti kamu yang bekerja atau kuliah lima hari kerja selama seminggu akan mendapatkan libur dari hari Sabtu, Minggu, dan ketambahan Senin. Tiga hari libu di akhir pekan! Pastinya, ini akan sangat memerdekakan kamu yang setiap hari bekerja pergi pagi-pulang pagi. Adanya hari kemerdekaan membuat kamu bisa merdeka menikmati akhir pekan.

5. Mengisi kemerdekaan dengan beli kopi dengan voucher dari aplikasi chat.

Nongkrong bebas merdeka via revi.us

Kamu yang suka nongkrong, di hari kemerdekaan ini mungkin akan merasa merdeka nongkrong sepuasnya karena dapat voucher kopi gratisan dari aplikasi chat/sosial. Bukan promosi lho, tapi di hari kemerdekaan ini aplikasi tersebut banyak banget ngasih voucher, salah satunya voucher kopi.

6. Merdeka adalah dapat BBM satu jam sebelum harganya naik.

Biar ngatri yang penting dapat murah via bisnis.tempo.co

Di harga yang serba naik turun seperti sekarang ini, harga BBM (bahan bakar minyak bukan blackberry messenger) pun sering naik turun. Beberapa di antara kamu akan merasa merdeka ketika bisa mendapat BBM penuh di tangki satu jam sebelum harga naik. Rasanya merdeka banget bisa keliling dengan BBM yang masih murah, walaupun besok-besoknya tetap ngisi lagi.

7. Beberapa anak muda merasa merdeka kalau bisa terbebas dari mantan.

Merdeka itu ebbas dari mantan! via www.kaskus.co.id

Ada juga pemuda-pemudi yang nggak peduli dengan diskon-diskon di hari kemerdekaan. Yang paling penting baginya adalah bisa melupakan dan membuang jauh-jauh kenangan dari mantan. Anak muda semacam ini menafsirkan arti merdeka dengan terbebas dari belenggu dan segala kenangan tentang mantan. Mereka yang masuk dalam kategori ini pasti kalau ikut lomba balap karung akan cepat sampai ketika tahu ada mantan di belakangnya. Siapa dari kamu yang masuk kategori ini?

8. Yang jomblo, kemerdekaan itu ada ketika telah menemukan pasangan hati.

Jomblo yang ini udah merdeka semua via id.wikipedia.org

Lain halnya dengan yang tak bisa terbebas dari mantan, bagi muda-mudi yang merasakan jomblo terlalu lama, kemerdekaan adalah momen di mana akhirnya mereka bisa mendapatkan pasangan hati. Tipe pemuda-pemudi jomblo ini ingin sekali merdeka dari celaan, tekanan, dan jajahan teman-teman yang tidak memiliki rasa toleransi berasmara alias suka pacaran di depannya. Pemuda-pemudi macam ini kalau ada lomba tujuh belasan suka sekali menginguti lomba panjat pinang. Karena sudah lama menunggu tapi tidak ada yang bisa dipinang, jadi mending memanjat dulu saja semoga bisa meminang kemudian.

Apapun makna kemerdekaan bagi pemuda-pemudi di tahun 2015 ini, yang pasti momen kemerdekaan negara kita perlu dirayakan dengan suka cita. Selamat ulang tahun, Indonesia! Merdeka!

Kalau kamu sendiri, apa arti merdeka itu?