Dulu, setelah berlelah-lelah dengan ujian semester (mungkin yang angkatan lama nyebutnya cawu :p), ada satu hal yang paling kamu dan teman-temanmu tunggu. Yup! Study tour. Biasanya kegiatan ini diselenggarakan saat kamu menjelang lulus atau dipertengahan seperti kelas 5, 8, atau 11.

Entah saat kamu SD, SMP, atau SMA, study tour selalu meninggalkan kenangan yang seru dan manis. Walau tentunya selalu ada kejadian yang tak terduga, yang justru jadi hal yang gak bisa dilupakan. Oke, kali ini Hipwee bakal ngajak kamu kembali ke masa itu. Siap-siap, ya. Sekarang yuk, tutup mata kalian dan panggil lagi kenangan manis itu!

1. Mendekati hari H, kamu mulai merengek ke orang tuamu minta dibeliin baju baru. Biar keren di momen spesial!

Liat deh gaya yang di depan, dulu booming banget ya jaket di taruh di pinggang zaman study tour. via www.hanjuang.com

Hayoo…Ngaku kamu yang sampai niat merengek ke Ayah Ibumu buat beli baju baru? Jeans, T-shirt, jaket, bahkan topi juga. Menurutmu itu wajib, soalnya study tour kan moment yang spesial! Dulu sempat booming (atau mungkin sekarang juga masih ya?), pakai jeans plus kaos, terus jaketnya diikat ke pinggang. Gak lupa sepatu dan topi baru yang jadi pemanis gayamu. Kece ‘kan?

2. Karena excited, kamu beli banyak camilan. Segala snack dan minuman kamu beli walaupun akhirnya banyak yang gak kamu makan.

Dari semua ini yang dimakan paling cuma 1-2, itu juga yang abisin temanmu. via retrotika.com

Advertisement

Pergi ke swalayan buat beli camilan juga jadi kebiasaan yang sayang untuk dilewatkan. Segala camilan kamu masukkan ke keranjang. Dari mulai snack, cokelat, permen, biskuit, minuman soda, pokoknya banyak deh! Tapi pada kenyataannya banyak dari camilan-camilan itu yang ga kamu makan.

3. Duh, besok hari H! Dan kamu pun gak bisa tidur semaleman, gak sabar pengen buru-buru jalan-jalan…

gak bisa tidur menjelang hari H… via preferenceandstuff.tumblr.com

Besok gimana ya..

Haduh, gak sabar besok.

Berapa jam lagi ya? Okeh sekarang udah jam setengah 12!

Ga boleh kesiangan!

Tidur menghadap kanan, terus pindah menghadap kiri. Terus tidur tengkurap, tidur terlentang. Duuh, kamu gak bisa tidur walau udah nyoba banyak posisi enak. Yang ada kamu udah gak sabar pingin cepat-cepat besok. Bayangin betapa akan serunya besok, sambil memandang langit-langit kamar. Gak lupa set alarm, pokoknya besok gak boleh kesiangan! Gak lupa minta tolong Ibu buat bangunin. Hehehe.

4. Yeaaay udah di bus! Langsung deh rebutan tempat duduk. Malah persoalan “aku duduk sama siapa” udah kalian rencanain dari jauh-jauh hari.

Ujung-ujungnya sih soal tempat duduk, bebas aja. Kamu bisa pindah kapan aja kok. via helloisheya.blogspot.com

Kamu sampai di bis tepat waktu. Mulai sibuk deh nyari tempat duduk. Jangan lupakan juga persoalan aku duduk sama siapa yang udah kamu dan temanmu rencanakan seminggu yang lalu. Oke, semua dapat tempat duduk dong ya? Sip, masalah ini kelar. Eits, tapi ada satu temanmu tuh yang duduk sendirian. Ouuu.. puk-puk. Sabar ya. Tapi biasanya urusan duduk ini gak ada aturan pasti kok, ujung-ujungnya kalian bisa pindah-pindah kapan aja.

5. Sementara teman cewek dan cowokmu yang duduk berduaan langsung deh di cie-cie-in. Ecieeee…biasanya besoknya langsung jadian. 😀

Biasanya kalau duduk berdua gini nih, suka di cie-cie-in. *ga jarang malah besoknya jadian. via mandarzk.wordpress.com

Wah, ini pasti selalu ada. Teman cewek dan cowokmu yang duduk berduaan langsung deh jadi bahan ledekan. Ecieee. Biasanya yang kaya gini-gini nih, besoknya langsung jadian. Ea! Cinlok gara-gara study tour. Iya dong, ini ‘kan saatnya untuk bikin kenangan manis.

6. Di tengah perjalanan di bis, pasti ada aja temanmu yang mabuk perjalanan. Biasanya sih karena terlalu semangat sampai lupa sarapan.

Jangan tinggalkan sarapan ya kalau mau berangkat study tour, biar ga mabuk perjalanan. via gluttonyisabliss.tumblr.com

Hmmm. Ini juga selalu menjadi bagian dari kisah keseruan study tour. Ada beberapa temanmu yang mabuk perjalanan. Untung kantung plastik udah siap sedia. Biasanya yang mabuk perjalanan ini karena lupa sarapan, iya terlalu bersemangat sampai nasi goreng dan teh manis hangat bikinan Ibu kamu lupa jamah.

7. Tiba di tempat tujuan, langsung deh kamu mencar bareng and the gank-mu masing-masing.

Biasanya kalau udah di tempat wisata kalian bakal mencar bareng geng masing-masing. via sapisipahey.blogspot.com

Nah, di bis boleh kompak, tapi urusan naik wahana dan jalan kamu udah terbagi ke beberapa kelompok. Iya, berdasarkan kelompok pertemanan. Kamu mencar barengan and the gank-mu. Tapi biasanya di tengah-tengah tempat wisata, antar genk ketemuan dan becanda-becandaan.

8. Jepret-jepret sana sini itu wajib hukumnya! Eits, kadang sesekali kamu nyuri kesempatan fotoin kecenganmu diam-diam. Hayo, ngaku?

Sebelum foto rame-rame gini, kamu nyempetin nyuri kesempatan buat foto dia diam-diam. via adninmustika.wordpress.com

Yang satu ini hukumnya wajib! Foto-foto bareng sohib-sohibmu. Yakin deh, sebagian kamu nyuri kesempatan juga buat fotoin kecenganmu diam-diam. Ayo ngaku?

9. Syediiih. Gak kerasa banget hari udah larut dan kamu harus balik ke bus.

Sebelum balik ke bis, putu-putu dulu. via ask.fm

Ya ampun, kenapa ya hari cepat banget berakhir? Padahal kamu masih ingin lanjut senang-senang bareng sohib-sohibmu. Kamu pun harus segera kembali ke bis. Kalau lancar, semua temanmu lengkap dan bis melaju jalan meninggalkan tempat wisata. Tapi kadang gak jarang suka ada cerita temanmu yang hilang. A.k.a belum kunjung balik ke bis, alhasil satu bis pun nungguin dia. Duh, untungnya dia balik ke bis juga, gak ketinggalan beneran.

10. Kalau beli oleh-oleh buat buat orang rumah sih jangan sampai lupa, ya!

Seengganya kamu udah nyempetin beli oleh-oleh di sini buat orang rumah. Hehehe. via blogkaruhun.blogspot.com

Beli oleh-oleh juga jadi agenda menyenangkan. Lumayan, seengganya kamu udah ngantongin T-shirt, kue-kue, kipas-kipasan yang digantung di leher, atau kadang sekadar gantungan kunci. Buat nyenengin orang rumah dan tanda mata kamu udah pernah ngunjungin tempat itu.

11. Di bis dalam perjalanan pulang, teman-teman cowokmu yang rame niat banget bawa gitar buat nyanyi bareng.

Kegokilan di bis zaman study tour. via celotehan-pelajar.blogspot.co.id

Walau lelah bin capek, entah kenapa ya anak-anak cowok itu ga pernah keabisan energi. Mereka niat banget bawa gitar dari rumah buat nyanyi bareng di bis. Malah kadang pengamen yang kebetulan lagi lewat, diajak masuk ke bis dan nyanyi bareng deh kalian. Seru banget, perjalanan pulang semakin berkesan.

12. Sementara yang pada tepar pegal-pegal, pada sibuk pijet-pijetan. Beruntung kamu punya teman yang jago mijit.

Kalau zaman sekarang udah trendnya pakai bantal leher ya. Jadi ga usah minta tolong teman buat pijitin. via talk-from-atoz.tumblr.com

Abis jalan-jalan, lumayan pegel kan kaki? Bukan lumayan lagi, beuhh. Rasanya keram banget malah. Nah, beruntung banget di antara temanmu, ada satu yang jago mijit. Jadilah dia yang didaulat mijit kaki anak-anak yang kecapean. Dia layak dikasih penghargaan, karena dia pahlawan kalian selama perjalanan ;).

13. Beberapa saat kemudian, bis hening karena kamu dan teman-teman udah pada terlelap.

Tapi ga gini juga sih tidurnya 😀 via munthejr.wordpress.com

Selang berapa lama, bis hening. Hanya suara dengkuran yang terdengar. Hahahaha. Kamu sudah sangat lelah untuk sekadar membuka mata atau makan camilan. Kamu tertidur dengan membawa kenangan manis selama di tempat wisata tadi.

14. Tapi ada beberapa teman kamu yang iseng gak tidur. Ngapain coba? Ya asik motoin kamu yang pada ngiler! Buat jadi bahan becandaan di kelas.

Nah, ini bisa banget buat jadi bahan becandaan di kelas. via rachars.blogspot.com

Percaya deh, pasti ada satu diantara temanmu yang ga tidur. Dia sengaja terjaga buat ambil foto kalian yang ngiler atau tertidur dengan mulut terngaga. Hahaha. Iseng banget dia. Tapi itu semata dia lakukan untuk dijadikan bahan becandaan di kelas.

15. Lusanya kamu masuk sekolah. Sudah kamu duga, topik utama ya study tour! Duuh, kamu pingin banget mengulang hari itu lagi…

Kamu pasti kangen kan moment seru ini? Jadi pingin study tour lagi 😉 via ask.fm

Biasanya sih besoknya kamu dan teman-teman bolos berjamaah. Dengan alasan yang sama, lelah. Tapi begitu lusanya masuk sekolah, sudah kamu duga study tour ya jadi topik utama. Seisi kelas membicarakan itu. Serunya, kejadian lucu, kejadian ga enak, sampai cinlok-cinlok-nya diceritakan. Ga ketinggalan foto kamu dan teman yang ngiler ditunjukkan ke seisi kelas. Tambah riuh deh suasana kelas. Duuuh, ingin rasanya kamu mengulang hari itu lagi.

Yakin deh, kamu langsung liat ulang foto-foto lama pas study tour waktu itu. Jadi kangen ya sama teman-teman? Kangen momen itu. Kapan ya bisa ngulang cerita itu lagi? Masa sekolah emang paling indah, tak terkecuali study tour-nya yang berkesan ;).

Gambar andalan diambil dari sini.