Masa muda identik dengan pencarian jati diri dan mengenal cinta. Di sela kegaluan pencarian cinta dan jati diri itu sedikit banyak kamu punya lagu dari penyanyi favorit yang menjadi pengiringmu saat mengalaminya. Kamu yang tengah bosan dengan lagu-lagu baper dan kekinian, bisa banget menjadikan lagu Bang Haji Rhoma Irama sebagai soundtrack masa mudamu.

Yup! Bang Haji Rhoma punya sederet tembang yang jika diperhatikan liriknya bisa jadi kamu banget lho. Oke, mungkin dari segi zamannya udah nggak kamu banget, tapi liriknya dijamin pas! Misalnya untuk kamu lagi ngekos dan doyan ngutang di akhir bulan, Gali Lobang Tutup Lobang cocok menemanimu di tengah kemirisan. Sementara buat kamu yang lagi jatuh cinta diam-diam, Syahdu tepat banget jadi soundtrack-mu. Makin penasaran kan, lagu Bang Haji mana lagi yang kamu banget? Dicek ya…

1. Gali Lobang Tutup Lobang, buat kamu anak kos yang sering ngutang di akhir bulan. #Nggak apa-apa, namanya juga anak kosan.

Ngutang di penghujung bulan, lagu ini kamu banget nggak sih? via www.youtube.com

Gali lobang tutup lobang
Pinjam uang bayar hutang
Gali lobang tutup lobang
Pinjam uang bayar hutang

Pergi merantau dan jadi anak kosan memang ada suka dukanya. Punya teman baru dan belajar mandiri adalah dua hal yang menyenangkan dengan menjadi anak kos. Sedikit banyak kamu belajar bagaimana caranya mengatur keuangan. Awal bulan kamu mendadak merasa menjadi orang paling kaya satu jagad kosan. Sementara akhir bulan, tak jarang kamu ngutang di warung makan langganan. Jika demikian, maka Gali Lobang Tutup Lobang adalah lagu yang tepat menghiasi nasibmu yang cekak di penghujung bulan. 😀

2. Darah Muda, menggambarkan kamu yang kadang masih suka labil (sebagai anak muda).

Advertisement

Darah muda.. darahnya para remaja.. via cyber-deso.blogspot.com

Biasanya para remaja berpikirnya sekali saja
Tanpa menghiraukan akibatnya
Wahai kawan para remaja waspadalah dalam melangkah
Agar tidak menyesal akhirnya

Setidaknya dalam hidup kamu harus melewati beberapa fase, yakni bayi, anak-anak, remaja, alay, dan dewasa, dewasa muda, tua. Bernostalgia sedikit, masa remaja adalah saatnya kamu mencari jati diri. Lebih tepatnya kamu masih labil dalam mengambil keputusan. Terkait fase labil dalam hidupmu, Bang Haji Rhoma berpesan melalui lagu Darah Muda miliknya. Untuk selalu waspada dalam mengambil tindakan agar kamu tak menyesal nantinya.

3. Begadang. Lagu Bang Oma ini bisa jadi pengingatmu kalau begadang itu emang nggak baik buat kesehatan.

Kamu banget nggak nih? via twicsy.com

Kalau terlalu banyak begadang

Muka pucat karena darah berkurang

Kalau sering kena angin malam

Segala penyakit akan mudah datang

Semakin usia bertambah, semakin larut pula waktu tidurmu. Jika dulu zaman sekolah SD tepat pukul 9 atau 10 malam kamu sudah harus terlelap, maka lain ceritanya ketika kamu beranjak dewasa. Waktu tidurmu bergeser hingga dini hari. Ada saja yang bisa kamu lakukan, dari mulai main game, nonton film, hingga menghabiskan novel atau komik favorit. Ingat, begadang sesekali boleh-boleh saja. Asal jangan keseringan karena nggak baik untuk kesehatanmu lho.

P.S: kalau begadangnya demi ngerjain skripsi itu baru boleh!

4. Begadang II, untuk kamu anak kosan yang jomblo dan kebetulan lagi bokek. Saat itulah kamu merasa, apa artinya malam minggu… 😀

Jadinya nongkrong di pinggir jalan deh… via santapjogja.com

Apa artinya malam Minggu

Bagi orang yang tidak mampu

Mau ke pesta tak beruang

Akhirnya nongkrong di pinggir jalan

Pernah nggak sih kamu merasa kalau malam Minggu itu sama aja seperti malam lainnya? Kalau jawabanmu iya, bisa jadi itu pertanda kamu udah terlalu lama ngejomblo. Kebetulan juga kamu tengah menjalani hidup sebagai anak perantauan. Di mana permasalahan utama di akhir bulan adalah keuangan. Sebagai anak kosan jomblo yang kadang bokek di malam Minggu, kamu cuma bisa ngiri lihat mereka yang nongkrong di cafe. Sementara kamu hanya bisa nongkrong di angkringan. Jangan diratapi ya, dinikmati aja.. Yang penting hati senang. #Lho?!

5. Syahdu. Yang kebetulan lagi jatuh cinta diam-diam, jangan baper  ya dengar lagu yang satu ini.

Satu hari tak bertemu… hati rasa rindu.. via www.youtube.com

Bila kamu di sisiku hati rasa syahdu
Satu hari tak bertemu hati rasa rindu
Ku yakin ini semua perasaan cinta
Tetapi hatiku malu untuk mengatakannya

Masa muda adalah masanya kamu mengenal cinta. Pada masa inilah perasaanmu pada lawan jenis yang kamu suka begitu menggebu-gebu. Beberapa dari kamu ada yang lantang mengungkapkan perasaan cintanya. Namun, tak sedikit dari kamu yang malu untuk menyatakannya. Seperti lagu Rhoma Irama yang berjudul Syahdu di atas. Di mana rindu mudah singgah padahal kamu baru aja satu hari nggak ketemu dia. Duh, jangan baper ya mendengar lagu yang satu ini.

6. Kegagalan Cinta, untukmu yang baru aja resmi putus dari pacar. Puk-puk. Meski begitu, jangan kapok jatuh cinta ya.

Cukup sekali.. Aku merasa.. kegagalan cinta.. via www.getscoop.com

Kau yang mulai kau yang
mengakhiri
Kau yang berjanji kau yang
mengingkari

Putus cinta memang nggak enak. Apalagi kamu jadi pihak yang terkhianati. Puk-puk, sabar ya. Ketika kamu mengenal cinta, maka kamu harus menerima resikonya, yakni patah hati. Tapi bukan berarti patah hati membuatmu jadi meratapi hidup ya. Yang paling penting, jangan kapok jatuh cinta ya.

7. Perjuangan dan Doa. Buatmu yang lagi meniti mimpi, usaha wajib hukumnya dibarengi dengan doa.

Perjuangan dan doa. via jokowarino.id

Berjuang (berjuang)
Berjuang sekuat tenaga
Tetapi jangan lupa
Perjuangan harus pula disertai doa

Masa muda adalah saatnya kamu merintis cita-cita. Pada fase hidupmu yang satu ini kamu mulai memperjuangkan impianmu. Rhoma Irama punya lagu khusus buatmu yang tengah memperjuangkan cita-cita. Yup, Perjuangan dan Doa. Liriknya punya pesan positif yang bisa kamu terapkan dalam hidupmu. Perjuangan harus pula disertai doa.

8. Untukmu yang baru berhijab, coba deh putar lagu Kerudung Putih di playlist-mu. Mendengarnya bikin adem hati.

Kerudung Putih buat kamu yang baru berhijab. via www.youtube.com

Di balik kerudung wajahmu tersembunyi
Kau cantik alami anugerah Ilahi
Tapi bukan karena itu aku cinta padamu
Juga bukan karena itu aku sayang padamu

Berhijab nggak harus menunggu tua. Kamu bisa memulainya saat kamu masih muda. Kamu yang baru saja memulai berkerudung, mungkin tembang epik miliknya Bang Haji Rhoma ini kamu banget ya. Mendengar lagu ini  membuatmu senyum-senyum sendiri. Sekaligus juga ngademin hati.

Buatmu yang lagi bosan sama lagu yang kekinian, mungkin bisa mulai bergoyang dengan deretan lagu Bang Haji Rhoma di atas. Kalau kamu perhatikan, liriknya pas banget menggambarkan masa mudamu yang diwarnai dengan cinta dan pencarian jati diri. Iya nggak? Kalau sampai jawabnya enggak, berarti… teeerlalu (Rhoma Mode ON).