November sudah berjalan selama 2 minggu. Apakah kamu, para cowok, sudah merayakannya dengan baik?

Sebentar, memangnya kenapa bulan ini perlu dirayakan?

November lebih dari sekedar penggalan lagu Guns ‘n’ Roses. Bulan kesebelas dalam kalender ini punya peran penting bagi cowok-cowok di seluruh dunia, termasuk kamu yang ada di Indonesia. Di bulan November gerakan untuk meningkatkan kesadaran terhadap kanker prostat diadakan, namanya Movember. Tiap 19 November, Hari Pria Internasional diperingati untuk merayakan prestasi dan kontribusi cowok terhadap keluarga dan masyarakat. Sementara 12 November diperingati sebagai Hari Ayah.

Jika ada satu bulan penuh di mana seorang cowok menjadi lebih peduli dengan lingkungan, kesehatan, dan keluarga, maka November adalah bulannya. November emang bulannya para cowok; sebelum bulan ini benar-benar berakhir, pastikan kamu sudah merayakannya dengan…

1. Ajak ayahmu ke luar untuk menikmati makan malam berdua…

Sekali-kali ajak ayah jalan, dong via schouwburgkortrijk.be

Advertisement

Di bulan yang spesial untuk para pria, ajaklah pria spesial di keluargamu — ayahmu — merayakannya bersama. Dia adalah mentor kamu, orang yang memberi pengaruh besar pada hidupmu, ayah adalah teladan anak-anaknya. Sudah sepantasnya kamu menyampaikan rasa syukur atas kehadirannya dalam proses pendewasaan diri kamu.

Jika selama ini hubungan kamu dan ayah agak renggang atau kaku, waktunya mencairkan suasana dengan duduk bersama mendengarkan cerita pengalaman hidupnya selama puluhan tahun, yang mungkin belum pernah kamu dengar sama sekali.

Bagaimana kencan pertamanya dengan Ibu?

Kapan terakhir kali dia melakukan kontak dengan orang yang pernah menjadi pasangannya sebelum Ibu?

Apa hal paling gila yang ia lakukan dulu di umur yang sama denganmu?

Dan jika kebetulan kamu sedang berjauhan dari ayah, telepon dia. SEKARANG!

2. Temui teman lama yang dulu pernah cekcok sama kamu. Saling sapa dan memaafkan tidak mengeluarkan biaya kok.

Pertemanan gak selamanya mulus via sman1slawi.sch.id

Mungkin kamu sudah lupa hal apa yang terjadi di antara kalian berdua di masa muda. Tapi apakah kamu sudah memaafkan? Dan yang lebih penting lagi, apa dia telah memaafkan kamu?

Kamu gak sedewasa sekarang sewaktu masih jadi anak SMP atau SMA. Hormon remajamu lagi menggebu-gebu, sehingga lebih mudah pernah bersaing, beradu mulut dan berkelahi dengan murid cowok lain di sekolahmu. Ketika lulus, tanpa pernah meminta maaf kalian melupakan apa yang telah terjadi. Nah, untuk merayakan kedewasaan emosimu kini, temui saja teman lamamu untuk saling bertanya kabar, menyampaikan maaf, dan menertawakan apa yang pernah terjadi di masa lalu.

3. Kumpulkan sohib-sohib cowokmu, jalan bareng dan jangan lupa untuk gila-gilaan. It’s boys night out!

Boy’s night out via www.youthwreck.com

Karena kamu udah terlalu sering ditinggal pacar atau gebetan untuk girls night out, kini giliran kamu dan teman-teman cowokmu yang keluar malam buat bersenang-senang. Nonton band cadas favorit kalian, makan sepuasnya tanpa takut dikatain rakus, ngobrol sampe pagi di warung kopi atau lakukan kegiatan lain yang hanya bisa kamu jabani bersama teman-teman cowok. Apapun dan kemanapun kalian pergi pastikan kamu selalu mengajak sohibmu yang jenaka, hingga kalian gak perlu jaim saat jalan.

4. Edukasi dirimu dan cari tahy lebih banyak soal kesehatan pria lewat gerakan Movember.

Join movember via sanastudio.blogspot.com

Kalau kamu belum tahu apa itu Movember, cari tahu lebih dalam di sini. Kalau kamu belum ikutan gerekan Movember, gak ada kata terlambat buat turut serta, kok. Movember bukan soal menumbuhkan kumis dan janggut doang. Inti gerakan ini ialah meningkatkan kesadaran cowok akan bahaya kanker prostat, kanker testis dan gangguan mental yang sering menyerang pria di seluruh dunia.

Kamu bisa ikut bersuara lewat obrolan sesama cowok, maupun lewat media sosial. Kamu bisa memberi sumbangan ke Yayasan Kanker Indonesia, namun hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah memeriksakan diri kamu ke lab terdekat untuk mendeteksi kanker secara dini.

5. Wujudkan mimpimu yang sempat tersendat. Kamu sudah dipenghujung tahun, jangan biarkan rencana menjadi wacana doang.

Rencana liburan sama pacar harus diwujudkan via johanesjonaz.wordpress.com

Untuk merayakan pencapaian dan prestasi kau sebagai laki-laki, kamu harus berani melihat ke belakang. Jangan terbuai dengan keberhasilan, ingatlah rencana apa yang kamu tunda sejak beberapa tahun ke belakang. Mungkin kamu pernah bermimpi jadi pengusaha lima tahun lalu? Mulai jalankan usahamu sekarang. Mungkin selama ini kamu menunda-nunda untuk membawa orang yang kamu sayangi berlibur? Rencakan liburan tersebut mulai hari ini. Stop menunda pekerjaan, jangan cuma bisa berwacana. Wujudkan mimpi kamu selama ini yang tersendat, atau lakukan hal yang baru sama sekali yang belum pernah kamu coba.

6. Traveling bareng saudara atau sepupu laki-laki yang kamu punya — roadtrip ke tempat yang jauh sekalian…

Libur bareng keluarga cowok via motivbasi.wordpress.com

Kumpulin saudara cowok, sepupu cowok beserta paman, ipar, dan ayah kamu sekalian. Ajak mereka traveling ke kota tetangga. Bila waktu memungkinkan, ajak mereka traveling ke tempat yang jauh sekalian. Mumpung yang pergi cowok semua, kenapa gak melintasi jalan darat biar makin akrab di perjalanan? Melintasi Jawa hingga ke Bali, misalnya. Road trip barang keluarga itu asik, loh apalagi kalau kamu pergi dengan mereka yang selama ini menjadi panutan, pelindung dan teman kamu baik senang maupun susah.

7. Kenang jasa pahlawan yang selama ini kamu idolakan

Sultan Thaha, pahlawan idola saya via djangki.wordpress.com

Tanggal 10 dalam bulan November juga dirayakan sebagai Hari Pahlawan. Mengenang jasa pahlawan bikin kamu lebih bersyukur dengan hidup merdeka yang kamu miliki sekarang. Mungkin seluruh provinsi di Indonesia punya pahlawan masing-masing, namun jika kamu punya pahlawan nasional yang kamu idolakan, gak ada salahnya kamu membaca buku atau tulisan tentang dirinya, mengunjungi monumen atau museum yang didirikan atas namanya dan menapak tilas perjuangan yang dia lakukan selama ini. Jika kamu belum punya pahlawan idola selain super hero, sebaiknya kamu mulai mencari sosok pahlawan idola dari sekarang!

8. Jadilah panutan bagi para cowok dari generasi muda yang lebih muda darimu.

Setiap orang bisa menjadi panutan. Demikian pula kamu. via nasional.kompas.com

Jadilah role model yang baik bagi adik, keponakan atau anggota keluarga lain yang lebih muda daripada kamu. Dengan menghabiskan waktu bersama mereka, sedikit maupun banyak kamu akan memberikan pengetahuan baru, ilmu baru dan mengajar bagaimana cowok harusnya bersikap. Setelah kamu yakin bisa menjadi panutan yang baik bagi keluarga, baru kamu bisa mencoba menjadi panutan di luar rumah. Misalnya, menjadi relawan untuk membantu anak-anak kurang mampu, menjadi tenaga pengajar di yayasan non profit, dan masih banyak saluran lain di mana kamu bisa menjadi orang yang berpengaruh bagi generasi muda.

Ketika mereka bertanya padamu, apa yang membuat laki-laki menjadi terhormat? Tersenyumlah dan jawab: kesetiaan, kejujuran, kemauan menolong, dan tahu rasanya bersenang-senang!

Mungkin November akan menjadi titik balik yang terpenting dalam hidupmu. Jadikan momen ini sebagai tonggak dalam proses untuk menjadi cowok yang lebih baik, lebih peduli, lebih sehat dan lebih berpengaruh pada keluarga dan masyarakat!