Jika kebanyakan anak pejabat nampak kentara memanfaatkan posisi orangtua mereka untuk melanggengkan kiprah politik atau bisnis, maka sejauh ini hal tersebut belum kejadian di putra-putri Presiden Jokowi (kecuali fakta bahwasanya mereka menjadi tenar di kalangan anak muda). Ketiga anaknya, Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep justru mencuri perhatian publik dengan persona khas yang kasual. Gibran yang jarang senyum dan mandiri, Kahiyang yang nge-fans sama K-Pop, dan si bungsu yang kocak – Kaesang. Meski kini dikenal sebagai keturunan orang nomor satu di negeri ini, ketiganya tetap santai menjalani kehidupan seperti orang kebanyakan. Karenanya Hipwee bakal merangkum potret anak-anak Presiden yang bakal bikin kamu tambah sayang sama mereka.

Gibran Rakabuming Raka, si sulung yang biasa aja…

Gibran yang biasa aja. Btw meme ini bikinan Kaesang. via www.instagram.com

Putra sulung presiden Jokowi ini lahir di Solo pada 1 Oktober 1987. Gibran menempuh studi SMA-nya di Orchid Park Secondary School, Singapura. Sementara studi strata satunya ditempuh di negeri Kanguru. Gibran terkenal sedikit pelit senyum dan irit bicara. Namun, ia dikagumi karena sosoknya yang sederhana dan mandiri. Jawaban yang khas dari seorang Gibran ketika diwawancara oleh Najwa Shihab adalah biasa aja. Jawaban tersebut sebenarnya mewakili sosoknya yang memang biasa aja. Tetap rendah hati meski ia anak orang nomor satu di negeri ini.

Biar pun biasa aja, Gibran hobi banget berbisnis kuliner. Dari mulai katering, martabak, sampai pasta.

Antrian di depan gerai martabak Gibran. via www.instagram.com

Selain dikenal lebih pendiam jika dibandingkan dengan adik-adiknya, Gibran juga tak aktif di media sosial. Adapun akun instagram @chillipari digunakannya untuk promosi bisnis katering miliknya. Yup, meski terlihat biasa aja, Gibran memiliki banyak bisnis kuliner. Dari mulai bisnis katering, martabak, pasta, hingga ceker. Bisnis martabak Gibran bahkan menerima respons yang cukup positif dari penikmat kuliner. Terbukti dari antriannya yang cukup panjang di salah satu gerainya.

Advertisement

P.S: Gibran juga menjabat sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo

Kahiyang Ayu, nge-fans sama K-Pop dan kamu bakal iri sama dia yang udah sempat foto sama si ganteng Nichkhun 2 PM!

Foto Kahiyang dengan idol K-Pop. via www.kapanlagi.com

Kahiyang adalah putri satu-satunya Jokowi. Ia lahir di Solo pada tanggal 20 April 1991. Kahiyang menamatkan pendidikan tingginya di Universitas Sebelas Maret. Puteri satu-satunya Jokowi ini dikenal nge-fans dengan K-Pop. Beberapa kali ia terlihat berfoto bersama idola K-Pop, seperti Nichkhun 2 PM dan Minho Shinee. Kamu jadi iri kan?

Udah kenalan belum sama Haydar, pacarnya Kahiyang yang seorang pilot ganteng?

Duh, romantisnya… via www.instagram.com

Beberapa waktu lalu Kahiyang memposting foto kebersamaannya dengan seorang pria tampan. Pria itu diketahui bernama Haydar Pratama dan berprofesi sebagai pilot. Ada salah satu foto di akun instagram miliknya dengan caption B. Netizen pun menduga bahwa Kahiyang dan Haydar tengah berpacaran. Hingga saat ini belum ada pengakuan resmi dari Kahiyang perihal hubungannya dengan sang pilot tampan.

Kaesang Pangarep, si bungsu yang kocak dan masih jomblo! Hayo, ada yang mau antri jadi pacarnya nggak?

Kaesang masih jomblo lho. Ada yang mau ngantri jadi pacarnya nggak? via www.instagram.com

Nah, anak bungsu Jokowi yang satu ini bisa dibilang yang paling populer di kalangan masyarakat. Alasannya mungkin karena Kaesang lebih aktif di media sosial. Selain rajin nge-twit dan posting foto di akun @kaesangp, penyuka JKT 48 ini juga punya blog pribadi yang berisi curhatan sehari-harinya yang kocak. Diketahui juga bahwa Kaesang ternyata masih jomblo lho. Beberapa kali ia mengirim sinyal di akun Instagramnya bahwa ia masih jomblo. Ada yang mau ngantri nggak nih jadi pacarnya?

Beberapa waktu lalu Kaesang sempat dikaitan dengan kecebong. Lho? Apa hubungannya Kaesang sama kecebong?

Kelucuan twitt Kaesang. via www.intriknews.com

Kaesang juga sempat jadi perbincangan hangat di dunia maya terkait kicauannya di Twitter. Suatu ketika Jokowi nge-twit tentang keindahan Raja Ampat. Tak berapa lama Kaesang mengomentari kicauan sang ayah dengan candaan yang seketika menjadi viral. “Pak, bukan bermaksud untuk tidak sopan tapi kalo cari kecebong bukan di situ tempatnya”. Sontak kicauan Kaesang tersebut menuai beragam respons. Ada yang merespons negatif, namun tak sedikit pula yang kagum dengan hubungan Jokowi bersama anak-anaknya yang begitu hangat.

Kaesang mengaku jajannya 5 milyar, tapi kenyataannya dia masih pakai kipas angin. Coba deh dengerin speech composing-nya Kaesang feat Eka Gustiwana!

Katanya 5 milyar, tapi kok masih pakai kipas angin? via www.youtube.com

Melalui video yang diunggah di akun Youtube miliknya, Kaesang ngebanyol kalau uang jajannya sebulan adalah 5 milyar. Ia juga membocorkan rahasianya bahwa ia masih menggunakan kipas angin. Candaan Kaesang tersebut lantas diaransemen oleh Eka Gustiwana dan menjadi sebuah lagu yang kocak!

Jadi yakin kan kalau mereka bertiga memang sosok yang nyantai dan nggak jauh berbeda dibanding kita?!

Mereka emang sosok yang sederhana kan? via sidomi.com

Terlepas ini bagian dari citra yang sengaja dibangun atau tidak, anak-anak Jokowi terlihat memang nyaman menjalani hidup yang membumi dan apa adanya. Mereka enggan atau mungkin memang tidak dibiasakan untuk mendapat perlakuan yang spesial dan berlebihan. Ketimbang dikawal Paspampres secara ketat, Gibran misalnya memilih untuk pergi kemana-mana sendiri dan menyetir sendiri. Karena ia terbiasa mandiri. Wah, salut deh sama Mas Gibran! 😉

Kelar ngebahas Gibran, Kahiyang, dan Kaesang, jadi makin sayang dan respek kan sama mereka? Kesederhanaan dan sikap bersahaja mereka bisa jadi contoh untuk orang-orang terdekat pejabat lainnya yang punya kecenderungan memanfaatkan kekuasaan untuk melakukan hal-hal yang tidak perlu.