Tahun 90an memang gudangnya lagu-lagu one hit wonder. Berasal dari berbagai genre, banyak penyanyi yang merilis karyanya di jaman itu yang kemudian mendadak dikenal seluruh orang. Tapi sayangnya, karier penyanyinya langsung surut setelah mengeluarkan lagu-lagu ini. Untuk sesi nostalgia para generasi 90an, berikut 14 one hit wonder yang bikin kamu mengenang masa kecil.

1. What’s Up – 4 Non Blonde

4 Non Blondes adalah band rock yang berasal dari California, Amerika Serikat. Dibentuk pada tahun 1989, band ini awalnya beranggotakan 4 orang perempuan, yakni Shaunna Hall (gitaris), Christa Hillhouse (bassist), Wanda Day (drummer), dan Linda Perry (gitaris dan vokalis). “What’s Up” yang dikeluarkan pada 1993 menjadi satu-satunya lagu mereka yang terkenal di level internasional. Pada tahun 1994, Linda Perry menyatakan keluar dari band untuk menjalani solo karier.

2. I Love You Always Forever – Donna Lewis

Penyanyi asal Wales ini mengeluarkan lagu “I Love You Always Forever” pada tahun 1996. Katanya, lagu ini terinspirasi dari novel karya H. E. Bates yang berjudul “Love for Lydia”. Sempat mewarnai tangga lagu di berbagai negara, enggak ada lagi lagu Donna Lewis yang bisa hits seperti lagu satu ini.

3. Closing Time – Semisonic

Lagu yang dikeluarkan tahun 1998 ini merupakan lagu yang paling dikenal dari band Semisonic. Band rock asal Minnesota, Amerika Serikat ini digawangi oleh 3 orang, yakni Dan Wilson, John Munson, dan Jacob Slichter. Lagu ini mendapat nominasi Best Rock Song dalam Grammy Award di tahun 1999.

4. All Star – Smash Mouth

Kalau pernah nonton film Shrek, pasti kamu tahu lagu yang satu ini. One hit wonder dari band rock asal California, Amerika Serikat ini memang menjadi jadi salah satu soundtrack dari film kartun keluaran Pixar tersebut. Lagu berjudul “All Star” ini dikeluarkan pada tahun 1999.

5. Tubthumping – Chumbawamba

Advertisement

Band asal Inggris ini mengeluarkan lagu “Thubthumping” pada tahun 1997. Orang-orang seringkali salah mengira judul lagu ini sebagai “I Get Knocked Down” karena kalimat tersebut berkali-kali disebutkan di bagian chorus lagu. Band yang blak-blakan soal pandangan politiknya ini mendapatkan nominasi dalam Brit Award pada kategori “Best British Single” di tahun 1998. Lagu ini pun ternyata mengandung sindiran terhadap situasi politik loh.

6. You Get What You Gives – New Radical

Pasti generasi 90an tahu deh lagu satu ini! Lagu dari band yang dibentuk tahun 1997 ini benar-benar one hit wonder. Pasalnya, pada pertengahan 1999, Gregg Alexander, frontman band rock alternatif asal Amerika Serikat ini mengumumkan bubarnya New Radical dengan alasan lelah dengan kegiatan touring dan wawancara untuk promosi lagu. Ia memilih fokus memproduksi lagu untuk penyanyi lainnya saja. “You Get What You Give” ini berkali-kali dijadikan soundtrack film-film Hollywood.

7. Two Princes – Spin Doctor

“Two Princes” adalah one hit wonder milik band rock asal Amerika Serikat, Spin Doctors. Lagu yang dikeluarkan tahun 1991 ini mendapatkan nominasi dalam Grammy Award dalam kategori “Best Rock Performance by a Duo or Group”.

8. Bitter Sweet Symphony – The Verve

Band rock alternatif asal Inggris, The Verve, mengeluarkan lagu ini pada tahun 1997. Kalau kamu tahu lagu ini, pasti bagian yang paling dikenang adalah intronya yang diisi oleh Andrew Oldham Symphony. Walaupun cuma one hit wonder, majalah pop culture terkenal Rolling Stone memasukkan lagu ini ke dalam “The 500 Greatest Songs of All Time”.

9. MMMBop – Hanson

“MMMBop” adalah lagu one hit wonder dari band pop rock asal Oklahoma, Amerika Serikat, Hanson. Isaac, Taylor, dan Zac mengeluarkan lagu ini pada tahun 1997 yang kemudian merajai tangga lagu di berbagai negara.

10. Barbie Girl – Aqua

Ini salah satu lagu paling easy listening di tahun 90an! Aqua, band eurodance asal Denmark, Aqua, mengeluarkan lagu “Barbie Girl” di tahun 1997. Dengan tema lagunya yang unik, lagu ini ternyata cukup kontroversial loh. Mattel, perusahaan mainan yang memproduksi boneka Barbie mengajukan tuntutan kepada MCA Records, label rekaman dari band Aqua. Alasannya karena lagu “Barbie Girl” dianggap melanggar hak cipta dan juga merusak reputasi boneka Barbie. Tak hanya masalah dengan Mattel, lagu ini juga terpilih sebagai the most annoying song tahun 90an versi pembaca Rolling Stone.

11. I’ll Be There for You – The Rembrandts

The Rembrandts adalah duo pop rock asal Amerika Serikat, yang beranggotakan Danny Wilde and Phil Solem. “I’ll Be There for You” menjadi lagu mereka yang paling hits. Soalnya lagu mereka yang satu ini dijadikan song theme sitkom yang paling digandrungi di tahun 90an, yakni F.R.I.E.N.D.S. Kamu para penggemar F.R.I.E.N.D.S. pasti pernah deh nge-skip lagu ini tiap nonton ulang episodenya.

12. Stay (I Missed You) – Lisa Loeb

Lagu keluaran tahun 1994 ini dinyanyikan oleh Lisa Loeb, penyanyi asal Amerika Serikat. “Stay (I Missed You)” menjadi terkenal karena dijadikan soundtrack film “Reality Bites” yang dibintangi oleh Winona Ryder dan Ethan Hawke. Lagu ini mendapatkan nominasi Grammy Awards untuk kategori “Best Pop Performance by a Duo or Group with Vocals”.

13. Torn – Natalie Imbruglia

Sebenarnya “Torn” bukan lagu asli dari penyanyi asal Australia, Natalie Imbruglia. Ini merupakan cover dari lagu karya band rock Ednaswap. Namun, lagu ini kembali menjadi hits di tahun 1997. Setelah lagu “Torn” sukses diterima masyarakat internasional, Natalie Imbruglia enggak lagi menghasilkan lagu yang bisa sesukses itu.

14. Macarena – Los Del Rio

Duo asal Spanyol ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1962. Hanya saja, lagu mereka yang dikenal dunia ini baru keluar di tahun 1994. Lagu ini memang terkenal banget. Bahkan, sampai sekarang lagu ini masih sering dipakai sebagai backsound pesta, pernikahan, atau sport event. Saking terkenalnya, “Macarena” menempati nomor 7 dalam Billboard’s All Time Top 100 loh.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya