Di tengah persiapan menjelang helatan Euro 2016 di Perancis, gelandang Arsenal Mesut Ozil mengisi libur akhir musimnya dengan umrah ke Tanah Suci. Keberadaan punggawa tim nasional Jerman ini tidak disia-siakan jemaah umrah lainnya yang kebetulan berpapasan dengannya. Mereka berebut berfoto bareng pemain penting ketika ‘Der Panzer’ merebut Piala Dunia (PD) 2014 di Brazil tersebut.

Berbalut kain putih khas para hamba Allah, Ozil terlihat melipat kedua tangannya. Seperti terlihat di gambar, beragam komentar positif mewarnai kolom komentar milik pria keturunan Turki ini, namun ada juga yang keberatan dengan tato-tatonya. Yakh, yang pasti, doi ternyata nggak cuma menjalani ibadah umrah aja. Simak bagaimana ia menjalani hari-harinya sebagai pemain sepak bola serta muslin yang rajin beribadah.

Sejumlah orang berkomentar tentang keberadaan tatonya. Apa orang bertato enggak boleh ibadah?

Emang kenapa? via instagram.com

Begitu foto Mesut Ozil yang sedang menggunakan kain ihram di Mekkah beredar di media sosial, berbagai komentar muncul. Beberapa di antaranya mempermasalahkan keberadaan tato yang menempel pada tubuh Ozil.

Apakah dengan bertato, seseorang tak boleh beribadah? Untuk siapa saja yang mempermasalahkan seorang yang bertato dalam beridabah, biarkan Ozil menjawabnya lewat kata-kata yang berada di lengannya, “ONLY GOD CAN JUDGE ME”.

Advertisement

Setiap orang memang mempunyai caranya masing-masing untuk mengekspresikan diri. Orang bertato pun belum tentu berandalan. Banyak orang yang punya tato dan berprestasi lho! Contohnya Abang Ozil ini. Dia jadi salah satu muslim yang pernah memenangkan Piala Dunia.

Keliatan gak tulisannya? via tango.image-static.hipwee.com

Oiya, toh kamu yang tak bertato pun belum tentu setaat Mesut Ozil ‘kan?

Ozil adalah tipe pemain bola yang taat ibadah. Jelang wasit meniup peluit pertandingan, ia tak pernah lupa menengadahkan tangan untuk berdoa.

Berdoa jelang pertandingan… via static.standard.co.uk

Ketika tim yang diperkuat Ozil bertanding, jarang sekali kamera melewatkan momen di mana Ozil berdoa menjelang peluit ditiup. Dengan penuh kekhusyu’an, ia merapalkan doa. Kadang, kala melihat hal tersebut, kita suka malu sama diri sendiri karena sering lupa berdoa dalam melakukan kegiatan apapun.

Bahkan sebelum pertandingan, Ozil selalu membaca Al Qur’an.

Ozil soal membaca Quran via pbs.twimg.com

“Saya selalu membaca Quran sebelum pergi ke lapangan. Ini benar-benar membantu saya untuk lebih fokus,” – Ozil.

“Ketika saya berdoa, rekan-rekan satu tim saya tahu bahwa mereka tidak dapat berbicara dengan saya selama periode singkat tersebut,” – Ozil.

Dalam sebuah wawancara dengan Starsport, Ozil mengatakan hal yang pasti bakal membuatnya tertegun. Ketika banyak pemain biasanya lebih memilih menikmati musik dengan telinga berbalut headphone, ia lebih memilih melakukan ritual ibadah.

Seorang Christian Ronaldo bahkan ingin sekali berguru bacaan Al-Quran pada Ozil:

“Christiano Ronaldo merasa senang ketika mendengar saya membaca Al-Quran. Ia selalu berharap saya mengajarinya cara membaca Al-Quran. Ia kini sudah mampu mengingat sejumlah huruf hijaiyah, dan Surat Al-Fatihah adalah favoritnya” – Ozil.

Bukan hanya itu, Ozil juga mengaku lebih sering memilih berdoa dan memfokuskan diri ketika prosesi lagu kebangsaan Jerman dinyanyikan.

Ozil ketika prosesi menyanyikan lagu kebangsaan Jerman. via en.qantara.de

Pada pertengahan 2015 lalu, Mesut Ozil mengungkapkan keheranannya terhadap orang-orang yang meragukan identitasnya sebagai seorang Jerman. Ozil kerap mendapatkan tudingan miring karena keturunan Turki dan jarang ikut menyanyikan lagu kebangsaan Jerman.

“ Tak ada yang bilang Sami Khedira sebagai Tunisia-Jerman. Tak ada yang memanggil Lukas Podolski dan Miroslav Klose sebagai Polandia-Jerman. Banyak yang lupa bahwa saya lahir di Gelsenkirchen dan tumbuh besar di Jerman,” tegas Ozil kepada Bild.

“Jika saya tidak menyanyikan lagu kebangsaan sebelum pertandingan, itu saya lakukan karena ingin berkonsentrasi pada pertandingan. Selain itu, saya juga selalu berdoa sebelum bertanding agar diberi kesehatan dan kebahagiaan.”

Ahhh, pokoknya Ozil mah idola bersama. Buat para cewek, Ozil juga bisa dijadikan calon imam idaman tuh.

No matter what team you support, you can’t hate him.