Multi Level Marketing atau yang biasa disingkat dengan MLM adalah skema pemasaran yang bekerja dengan cara merekrut orang-orang untuk bergabung dengan membayar sejumlah uang untuk produk tertentu. Produsen yang menganut sistem MLM sendiri sangat beragam macamnya. Mulai dari produsen obat-obatan, produk kecantikan, hingga produk-produk rumah tangga.

Banyaknya anggota yang berhasil direkrut, dan banyaknya penjualan yang berhasil dilakukan, akan mengantarkan sesorang untuk menempati posisi yang lebih tinggi dengan iming-iming bonus yang menggiurkan, dari mobil mewah, rumah, hingga kapal pesiar! Tak heran jika harga produk dari perusahaan MLM amat sangat tinggi.

Nah! Kalian yang berstatus sebagai mahasiswa pasti pernah ditawari untuk bergabung dengan perusahaan-perusahaan seperti ini. Modus-modus para penggiat MLM pun beragam, diantaranya akan Hipwee ulas dalam tulisan berikut.

1. Kamu udah ke-GR-an ketika ada temen yang “nggak terlalu akrab” tiba-tiba ngedeketin kamu, PHP detected?

Ge Er

2. Namun alih-alih diajak buat nongkrong bareng di kafe, mereka membawamu ke tempat pertemuan atau seminar. Hmmm… aromanya mulai terhendus.

seminar MLM via berita.upi.edu

3. Setibanya disana, kamu akan disambut dengan orang-orang berpakaian necis yang tak lama kemudian akan memulai seminar dan nyerocos panjang lebar tentang cara menjadi kaya.

Advertisement

Mbak MLM :”Jadi begini, nanti kalo kamu berhasil menjaring anggota sebanyak bla…bla..bla.. lalu bawahanmu itu berhasil menjaring bla.. bla.. bla..”

Kamu “Emang gue laba-laba mbak? Make jaring segala?”

4. Seusai seminar, tiba-tiba kamu ditodong dan diberondong oleh beberapa orang yang merayu kamu untuk bergabung dengan mereka.

“Pokoknya lo nggak bakal nyesel ikutan program ini bro! Bayangkan dengan hanya modal kurang dari satu juta, lo bakal bisa dapat penghasilan milyaran!”

5. Kamu yang tadinya gak ada niat sama sekali buat gabung jadi meleleh, mereka berhasil menjebol benteng pertahananmu.

akhirnya meleleh juga via wifflegif.com

Setelah iming-iming menjadi kaya, mobil mewah, liburan dan kapal pesiar yang kesekian kalinya:

“Iya deh gue ikut.”

6. Mereka juga berhasil menyuntikkan semangat kepada kamu agar bisa menjaring lebih banyak anggota.

Yakin diawal via single4serious.tumblr.com

“Supaya bisa cepat naik, elo musti nyari kaki sebanyak-banyaknya, secepat-cepatnya.

7. Saat awal-awal bergabung terasa begitu menyenangkan, dan kamu sangat optimis bisa mendapat bonus tinggi.

“Pokoknya kalau Bapak/Ibu bisa merekrut anggota dalam jumlah banyak, perusahaan akan memberi bonus satu buah mobil kodok! Dan jika pangkat anda semua naik ke level platinum, bonusnya juga akan bertambah! Yaitu kapal pesiar otok-otok!”

8. Namun lambat laun kamu sadar, bahwa ternyata menjaring anggota dan menjual produk tak semudah membalikkan telapak tangan.

Ternyata susah juga via wifflegif.com

Nyari anggota itu sulit, bro!

9. Kamu menyerah dan memutuskan menjadi anggota non-aktif alias keluar dari anggota MLM.

Menyerah via wifflegif.com

Sambil terungkup, memukul-mukul lantai…

I Give Up!!!

10. Anggapanmu terhadap MLM pun berubah, kamu jadi antipati terhadap semua hal-hal yang berbau MLM.

MLM? No way! via giphy.com

Sampai gebetan yang lagi PDKT pun dicurigai sebagai anggota MLM.

Namun dibalik semua anggapan miring orang-orang, MLM juga memiliki sisi positif. 

11. Pelatihan dan seminar gratis bakal kamu dapatkan jika bergabung menjadi member. Itung-itung nambah ilmu.

Seminar via maxresdefault.com

Seminar-seminar yang diadakan gratis oleh perusahaan MLM akan meningkatkan semangatmu dan melejitkan percaya dirimu untuk menjadi lebih baik.

12. Kamu juga bisa dapat berkonsultasi dengan para pakar di bidangnya.

Konsultasi gratis via www.pellanewengland.com

Para penggiat MLM biasanya punya atasan atau mentor yang disebut upline. Nah para upline ini-lah yang nantinya akan membantu para downline atau bawahan agar bisa merangkak naik pangkat dengan cepat. Selain itu mereka juga bisa menjadi teman curhat yang tepat lho! #Becanda

13. Sebenarnya MLM merupakan sistem pemasaran yang bagus, namun banyak agen yang terlalu agresif.

Terlalu semangat menawarkan produk via www.themarysue.com

Sehingga banyak yang jadi risih akibat ulah agen-agen ini.

14. Kemampuanmu berkomunikasi dengan orang lain pun semakin meningkat karena ikut MLM.

Nggak canggung lagi ketemu orang banyak via www.forbes.com

15. Kamu jadi punya rasa percaya diri yang tinggi, setinggi kapal pesiar langit!

16. Siapa sih yang nggak pengen punya temen dan koneksi yang luas? Pasti berguna di masa depan…

punya banyak teman via truelovedates.com

Dengan ikut MLM kamu jadi punya teman-teman dan jaringan koneksi luas. Siapa tahu mereka bisa menjadi mitra maupun jodoh di masa mendatang.

Nah! itu-lah geliat kehidupan bagi kamu yang pernah jadi sasaran empuk MLM. Hayo kamu yang pernah ikutan MLM atau hampir tergoda masuk, tunjuk tangan dan berbagi cerita kamu di sini. Apa yang MLM telah lakukan pada hidupmu?