Pernahkah kamu merasa ketika kamu lagi dikejar-kejar deadline tapi pikiranmu masih jalan di tempat? Bahkan membuatmu kelimpungan karena waktu semakin mepet dan belum beres juga. Aaaa… pasti rasanya stres, ya?

Ide atau gagasan memang bisa muncul di mana saja karena sesungguhnya ide bisa datang pada saat dan tempat yang tidak terduga. Tetapi ada yang ‘tidak biasa’ atau menarik untuk diperbincangkan, yaitu menemukan ide di kamar mandi. Ya, ruang yang biasa kamu pakai untuk mandi, buang air, bahkan mencuci itu. Atau bahkan di antara kamu sering melakukannya?

1. Toilet adalah tempat ‘menyepi’ paling pas untuk menghindari gangguan dari luar.

Kamu ada untuk dirimu sendiri saat di kamar mandi via www.flickr.com

Ketika kamu berada di kamar mandi, posisi kamu pasti sendirian.

Pada saat itu, kamu tidak akan menerima gangguan dan tidak akan terdistraksi oleh apa yang terjadi di luar.

Advertisement

Nah, hal inilah yang membuatmu menjadi fokus. Ketika kamu fokus, maka otak akan mengeluarkan semacam sinyal yang dapat mengantarkan sebuah ide yang datang tidak terduga.

2. Kamu masih dapat memikirkan banyak hal, meski itu di dalam toilet.

Kamu bisa menempelkan catatan di toiletmu via blog.bufferapp.com

Apa saja yang bisa kamu lakukan di toilet selain membasuh, dan buang air? Pastinya berpikir. Ketika di toilet, kamu merasa cukup aman dan tidak terganggu. Saat itulah, imajinasi, ide, serta pikiran yang terpendam dalam otak akan menampakkan diri.

Kalau sudah begitu, kamu harus siapkan buku catatan kecil supaya ide itu tidak hilang begitu saja.

3. Kamar mandi menjadi tempat merenung yang paling mudah dan murah, bahkan kamu tidak perlu ke luar rumah.

Kamu bisa merenungkan banyak hal via awesomepeoplereading.tumblr.com

Ketika kamu mengalami kebuntuan ide, maka yang kamu butuhkan adalah meditasi atau bertapa ke suatu tempat. Daripada jauh-jauh pergi ke mall atau coffee shop demi mendapat secercah harapan, lebih baik masuk ke dalam toilet saja.

Kamu bisa merenungkan banyak hal di sana.

4. Saat di toilet, kamu jarang membawa perangkat elektronikmu. Imbasnya, otakmu lebih bebas; tanpa distraksi.

Taruh dulu perangkat elektronikmu saat di toilet via www.huffingtonpost.com

Pas kamu ke toilet, kamu pasti meninggalkan smartphone dan perangkat elektronikmu.

Ketika tidak memegang smartphone atau perangkat elektronik lainnya, pikiranmu dapat bermain-main dan bebas.

Jauh dari teknologi, juga membuat isi kepalamu akan meluap-luap.

5. Aktivitas di toilet adalah aktivitas yang monoton yang ternyata bisa memicu kreatifitas!

Sambil nunggu, bisa coret-coret tisu sama rumus via bianginovasi.com

Usut punya usut, manusia lebih dapat berpikir kreatif ketika mereka melakukan hal-hal yang monoton, seperti berolahraga, mendengarkan musik, memancing, ataupun mandi. Rutinitas tersebut tidak perlu ‘banyak mikir’ sehingga alam bawah sadarmu bisa mulai berkelana jauh.

Bahkan seorang Albert Einstein juga mendapatkan ide terbaik ketika di toilet dalam ucapannya, “Why is it I always get my best ideas while shaving?”

6. Karena ketika kamu mandi, dopamin akan dilepaskan dalam otak. Hormon ini akan membantu kamu mengambil keputusan.

Dopamine bisa dipicu saat mandi via www.ethos3.com

Dopamin adalah sebuah neurotransmiter – senyawa organik endogenus pembawa sinyal di antara neuron otak – yang membantu mengontrol pusat kepuasan dan kesenangan di otak.

Dopamin juga membantu mengatur tindakan dan tanggapan emosional, sehingga memungkinkan untuk mengapresiasi dan mengambil suatu tindakan.

Dengan demikian, dopamin memiliki efek besar dalam sisi yang baik dan positif. Aliran dopamin dapat dipicu dengan kegiatan yang monoton seperti yang sudah disebutkan di atas. Dopamin tinggi, tubuh dalam keadaan rileks, tentu memunculkan ide-ide baru.

 

7. Berbeda dari tempat-tempat yang lain, ide yang muncul di toilet biasanya lebih ‘liar’!

‘Liar’ via lovecoverphotos.com

Ide yang muncul di toilet, akan berbeda kalau kamu berpikir keras di kantor, di kamar, maupun di ruang kelas.

Hal ini dikarenakan korteks prefontal – bagian otak yang berkaitan dengan pengaturan sifat-sifat kepribadian manusia – tidak dalam kondisi tegang yang bisa menghalangi ide kreatif datang.

Alasan itulah, kenapa ide yang akan datang dari toilet menjadi berbeda, lebih keren, dan lebih ‘liar’ dibanding dari tempat lain.

8. Temukan momen “Eureka!” kamu layaknya Archimedes ketika di dalam kamar mandi.

Di balik Hukum Archimedes via en.wikipedia.org

Siapa yang tidak mengenal Archimedes? Dia adalah ahli matematika dan penemu dari Yunani yang terkenal. Tapi tahukah kamu, bagaimana Hukum Archimedes didapatkan? Percaya atau tidak adalah waktu Archimedes sedang mandi.

Pada suatu hari, Archimedes diminta Raja Hieron II menyelidiki apakah mahkota emas sang raja dicampuri perak atau tidak tanpa merusak si mahkota.

Saking seriusnya berpikir, beliau merasa sangat lelah hingga menceburkan dirinya dalam bak mandi penuh dengan air.

Lalu dia memperhatikan ada air yang tumpah ke lantai dan langsung menemukan jawabannya sambil berteriak “Eureka! Euereka!” yang berarti “Sudah kutemukan! Sudah kutemukan!”

Ya, kamu tentu juga bisa menciptakan momen “Eureka!” seperti itu!

Tentu saja, tidak semua orang mendapatkan ide di dalam toilet. Ada beberapa di antaranya yang menemukan ide sebelum dia tertidur, ketika mengamati sesuatu, mendengarkan cerita, dan masih banyak lagi yang lain. Kamu pasti memiliki ide-ide luar biasa, yang belum kamu tahu adalah bagaimana mengatasi hambatan untuk menuangkan ide tersebut. Lalu, apakah kamu mempunyai cara tersendiri untuk mendapatkan sebuah ide baru?