Orkes dangdut, aksi hiburan paling populer di bumi pertiwi kembali memakan korban. Kali ini tragedi melibatkan seorang penyanyi dan seekor ular kobra. Senin (4/4) malam kemarin, biduan dangdut bernama Irmawati yang lebih dikenal dengan Irma Bule menghembuskan nafas terakhirnya setelah dipatuk oleh ular kobra yang ia bawa sendiri ke panggung. Ini bagian dari atraksi nyanyian dan tarian ular yang dihelat di sebuah hajatan di Dusun Selang Hajat, Desa Lemahabang, Kecamatan Lemah Abang, Karawang, Jawa Barat.

Ularnya pun bukan sembarang ular, melainkan adalah jenis King Kobra yang terkenal mematikan itu. Diiringi kelompok organ tunggal bernama X-DJ, ular itu bergeliat memadukan liukannya dengan musik dan tarian Irma.

Irma Bule mencari sesuap nasi dengan ular kobra, dan berakhir tragis.

Oh my god, adu muka sama kobra tuh

Mulanya, semua berjalan seperti biasa. Performa Irma dan ular kobra itu sanggup menghibur penonton di lagu pertama. Sampai menginjak pertengahan lagu kedua, sang kobra yang mulai berperilaku aneh dan tidak terlalu mengikuti musik tanpa diduga-duga mematuk paha dari Irma. Diduga ini akibat Irma sempat menginjak ekor sang kobra.

Namun, setelah dibantu oleh pawang, Irma tetap saja meneruskan atraksinya dan bernyanyi serta menari seperti sebelumnya. Hingga acara kelar pun ia turun panggung dengan santai seraya meyakinkan teman-teman dan pawang ular yang menyertai bahwa dirinya baik-baik saja. Malang, sekitar 45 menit kemudian, Irma tiba-tiba kejang dan muntah-muntah. Ia lalu dilarikan ke rumah sakit Intan Barokah. Namun, nyawanya sudah tidak tertolong.

Irma Bule, tenar dengan atraksi ular berbisanya.

Advertisement

Paras almarhum via www.merdeka.com

Kiprah Irma Bule memang sudah dikenal di wilayah Karawang dan sekitarnya. Tentu lantaran ia berbeda dengan pedangdut yang lain. Ia biasa naik panggung dan bernyanyi dengan menyuguhkan atraksi ular-ular berbisa. Itu menjadi ciri khas sekaligus daya tariknya. Honor yang ia dapat dengan aksi membawa ular juga lebih tinggi dibanding penampilannya yang tidak didampingi ular, yakni sekitar 350 sampai 500 ribu rupiah.

Ini video rekaman yang mempertontonkan detik-detik ular kobra menancapkan gigitannya ke paha Irma.

Sebuah konser musik dengan gimmick seperti menyajikan aksi fauna berbahaya seperti ular memang kreatif dan berani sih. Tapi perlu tuh standar antisipasi-antisipasi agar insiden-insiden seperti ini tidak terjadi lagi.