Salah satu fungsi dasar sebuah nama sebenarnya adalah sebagai kode sapaan dan identitas seseorang. Maka dari itu nama yang ideal mungkin adalah nama yang ramah di telinga dan di lidah, dalam artian mudah diingat dan diucapkan. Tapi ya nggak pernah ada larangan juga untuk berkreasi sesuka hati dalam menciptakan sebuah nama untuk seorang anak. Wajar jika kemudian ada orang-orang dengan nama yang bukan sekadar sukar diingat, tapi bahkan juga bikin lidah keseleo karena sulit dieja.

Salah satunya adalah pria asal Kongo, Afrika bagian Tengah ini. Ia dianugerahi nama yang sangat antik dan menghasilkan tantangan sendiri untuk memori dan lidah kita semua. Namanya adalah “Na Uvuvwevwevwe Onyetenyevwe Ugwemubwem Osas”. Waduh, baru membaca sekilas saja dahi sudah mengernyit.

Nama itu lantas membuat sang pemiliknya populer di dunia maya. Pasalnya, beredar sebuah rekaman tentang seseorang yang pusing tujuh keliling dan tampak frustasi ketika menanyakan nama dari (berhubung kita tidak tahu nama panggilannya) Na Uvuvwevwevwe Onyetenyevwe Ugwemubwem Osas. Meski dijawab berkali-kali, namun si penanya tetap kesulitan mencerna apalagi mengeja nama yang disebutkan karena yang terdengar kemudian hanya “Na Uvuvwevwe……………….      Osas”. Kesal ditanya tak ada habisnya, si (sekali lagi) Na Uvuvwevwevwe Onyetenyevwe Ugwemubwem Osas akhirnya sampai terlihat dongkol dan menunjukan raut wajah emosi hingga hampir menangis.

Lewat akun Instagram 9Gag, video bertajuk Hardest Name in Africa tersebut sudah ditonton lebih dari 10 juta kali hanya dalam waktu dua hari setelah diunggah. Kendati agak kasihan juga, namun banyak yang mengaku terpingkal-pingkal menonton video ini. Yah, bukan tidak mungkin jika nama itu merupakan nama yang paling “runyam” di Afrika.

Mau coba mengingat dan mengejanya? Silahkan!

Advertisement

Yah, bebas sih orang mau memberi nama seperti apa ke anaknya. Tapi konsekuensinya perlu dipikirkan juga. Jangan sampai deh perkara nama yang sulit diucapkan berujung pada hidup yang sulit juga di kemudian hari.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya