Banyak jajaran artis mancanegara yang menciptakan lagu-lagu keren dan nge-hits hingga gaungnya sampai juga di Indonesia. Coldplay, Nirvana, Bee Gees hingga Justin Bieber telah sukses melebarkan musik mereka hingga masuk dan diterima oleh telinga penikmat musik di tanah air kita.

Lagu-lagu dari band luar negeri tersebut banyak yang kita hafal. Apalagi kalau cuma judulnya. Sebutin lirik dan penyanyinya, judulnya pasti bisa kita sebutkan.

Tapi gimana ya kira-kira kalau judul lagu barat tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa Jawa? Penasaran? Nih begini jadinya…

1. Nirvana – “Smells Like Teen Spirit”

Ambune piye ya?

Ambune piye ya?

2. Deep Purple – “Smoke on the Water”

Ngudhut teruuuus

Ngudhut teruuuus

3. Metallica – “Nothing Else Matters”

METALLICA

METALLICA

4. Bon Jovi – “Livin On A Prayer”

Berdoa, mulai...

Berdoa, mulai…

5. The Beatles – “Let It Be”

Sekarep wes ya

Sekarep wes ya

6. Guns N’ Roses – “November Rain”

Udan...

Udan…

7. Led Zeppelin – “Stairway to Heaven”

Munggah ning suwargo

Munggah ning suwargo

8. Toni Braxton – “Un-Break my Heart”

Wes ancur atiku

Wes ancur atiku

9. Bee Gees – “How Deep Is Your Love”

Jeruuu banget, deeek

Jeruuu banget, deeek

10. Rihanna ft. Calvin Harris – “We Found Love”

Melu golek ah~

Melu golek ah~

11. Gotye ft. Kimbra – “Somebody That I Used To Know”

Sopo tuuh?

Sopo tuuh?

12. Adele – “Rolling In The Deep”

Ngglundhung~

Ngglundhung~

13. Maroon 5 ft. Christina Aguilera – “Moves Like Jagger”

Joged coy~

Joged coy~

14. Katy Perry ft. Juicy C – “Dark Horse”

Woo Jaran!

Woo Jaran!

15. Charlie Puth ft. Selena Gomez – “We Don’t Talk Anymore”

Meneng-menengan

Meneng-menengan

16. Justin Bieber – “What Do You Mean”

Mbuh, aku yo ra ngerti

Mbuh, aku yo ra ngerti

17. Ariana Grande – “Dangerous Woman”

Bahaya sih emang

Bahaya sih emang

18. Taylor Swift – “We Are Never Ever Getting Back Together”

Balikan? Cuih!

Balikan? Cuih!

19. Coldplay – “Adventure of A Lifetime”

Eh, ono munyuk e~

Eh, ono munyuk e~

20. Mike Posner – “I Took A Pill In Ibiza”

Waduh!

Waduh!

Dari sini, kita bisa mengambil satu pelajaran. Biarkan lagu tersebut dikenal dengan bahasa aslinya. Menerjemahkannya malah bakal bikin kita malas memutar lagunya. Hihihi