Teaser trailer dari film yang kemunculannya paling ditunggu di 2016, Batman v Superman: Dawn of Justice, baru aja dirilis. Tak lama setelah trailernya bocor di internet, sutradara Zack Snyder dan Warner Bros akhirnya merilis trailer pertama ini secara resmi (kecolongan ya, Zack?). Inilah kali pertama dalam sejarah Batman dan Superman bertemu dalam satu frame di layar lebar. Namun, alih-alih bekerjasama melawan kejahatan, kali ini dua superhero ini akan bertarung satu sama lain.

Tentunya seru untuk menerka-nerka alur cerita lewat trailer penggoda ini. Nah, biar rasa penasaranmu agak terpuaskan (atau bakal makin penasaran?), Hipwee akan menggarisbawahi beberapa hal menarik yang bisa kita tangkap lewat teaser trailer Batman v Superman ini.

1. Bagi sebagian orang, Superman adalah juru selamat. Dia dipuja seperti dewa.

Superman dipuja sebagai dewa via www.hipwee.com

Sebagai bangsa Krypton yang terakhir, Clark Kent alias Superman (Henry Cavill) diberkahi kekuatan super sebagai akibat dari radiasi matahari serta atmosfer planet bumi yang berbeda dengan planet asalnya. Maka gak heran jika kekuatannya menuai kontroversi dalam masyarakat.

Dialog-dialog yang muncul di awal trailer seolah sedang mendebat eksistensi seorang Superman. Sebagian menganggap dia juru selamat. Dari beberapa footage, terlihat orang-orang memuja Superman. Digambarkan pula beberapa tentara yang berlutut di hadapannya—tentara ini memiliki logo “S” di lengannya. Siluet monumen Superman juga tampak megah berdiri di sebuah lapangan kota (yang sepertinya) Metropolis.

Advertisement

“We, as a population on this planet, have been looking for a savior.”

2. Tapi, sebagian lagi menganggap kekuatan absolut Superman berpotensi mengancam kehidupan manusia.

Superman sebagai ancaman via www.hipwee.com

“Power corrupts, and absolute power corrupts absolutely.”

Berseberangan dengan kelompok manusia yang di atas, ada pula sebagian orang yang justru menganggap kekuatan absolut Superman itu berbahaya. Secara politis, kehadiran Superman memang bisa mengacaukan tatanan yang ada di masyarakat. Soalnya, manusia biasa gak akan sanggup melawannya.

Karena kekuatan Superman yang luar biasa, terjadi ketidakseimbangan di dunia. Bila Superman kehilangan kontrol, siapa yang bisa menghentikannya? Suara sebagian orang ini ditekankan lewat grafiti “False God” di dada patung Superman serta seruan-seruan “Go home!”.

“Devils don’t come from Hell beneath us; no, they come from the sky.”

3. Alfred berbicara tentang kemarahan dan ketidakberdayaan mengubah seseorang yang baik menjadi kejam. Mungkinkah yang dimaksud adalah Superman?

Batman kembali “bongkar lemari” via www.hipwee.com

“That’s how it starts: the fever, the rage, the feeling of powerlessness. That turns good men cruel.”

Pada adegan selanjutnya, Alfred Pennyworth (Jeremy Irons) tampak memberikan nasihat kepada Bruce Wayne (Ben Affleck) lewat suaranya. Mungkinkah kalimat yang dia maksud adalah Superman? Atau kata-kata itu justru mengacu pada Bruce Wayne sendiri, mengingat sekalipun Bruce itu jenius dan punya kekuatan serta kekuasaan, ia juga memendam kegelapan berupan kesedihan dan ketidakberdayaan dalam dirinya.

4. Benarkah Superman akan menjadi tokoh antagonis?

Jadi jahat? via www.yahoo.com

Teaser ini sepertinya memang sengaja menggiring kita untuk menerka bahwa Superman akan menjadi tokoh antagonisnya. Tapi, benarkah demikian? Kita tahu bahwa kedua tokoh superhero ini punya rasa keadilan yang serupa, meski tak jarang mereka juga gak selalu sependapat.

Mungkin saja, perbedaan pandanganlah yang membuat mereka terpaksa bertarung. Atau, mungkin juga ada skenario cerdas dari musuh bebuyutan mereka seperti Lex Luthor dan Joker? Ingat, film ini dimaksudkan sebagai sekuel film Man of Steel. lho.

5. Di sisi lain, Superman justru digambarkan berada di bawah gemerlap cahaya, sementara Batman beraksi di balik bayang-bayang

Superman di bawah gemerlap cahaya via www.hipwee.com

Dalam teaser trailer ini, Superman digambarkan berada di bawah cahaya dengan orang-orang yang memujanya, sementara The Dark Knight—seperti biasa—beraksi dalam kegelapan. Jika Batman ingin menghentikan Superman dengan alasan tertentu, bisa jadi dia justru dianggap sebagai ancaman bagi mereka yang memuja Superman. Dengan kata lain, banyak orang yang akan menganggapnya sebagai penjahat.

Hal ini ditekankan dengan sejumlah adegan berikutnya yang menggambarkan aksi Batman melawan orang-orang bersenjata, lengkap dengan ledakan-ledakannya. Apakah orang-orang yang dilawan Batman dan tentara yang berlutut di hadapan Superman adalah kelompok yang sama?

6. Zirah Sang Ksatria Kegelapan di akhir teaser serta plot yang dimunculkan mirip dengan kisah dari The Dark Knight Returns

Zirah yang digunakan Batman via www.hipwee.com

Zack Snyder sendiri menyebutkan bahwa komik miniseri berjudul The Dark Knight Returns karya Frank Miller menjadi inspirasi bagi sekuel Superman ini. Makanya, gak heran jika pengaruh cerita komik ini tampak mendominasi di beberapa bagian teaser, baik secara visual (di mana Batman mengenakan zirah berteknologi tinggi) sampai temanya (Batman dan Superman mungkin bertarung karena ideologi mereka).

Pada pertempuran klimaks mereka berdua, Superman mengatakan bahwa Batman “hanyalah daging dan tulang–seperti yang lainnya.” Yang menarik, di akhir teaser Batman mengancam Superman —yang gak mungkin dilukai— dengan suaranya yang dalam dan menggetarkan: “Tell me, do you bleed? You will.”

7. Dawn of justice: awal dari Justice League?

Awal dari Justice League? via www.hipwee.com

Ada hal menarik yang bisa kita terka dari judul film terbaru Batman dan Superman ini. Dawn of Justice—Fajar Keadilan, bisa jadi memiliki makna tersirat di mana inilah “fajar” atau awal dari Justice League, kelompok Superhero DC yang digawangi oleh Batman dan Superman. Apalagi, film-film superhero DC seperti Wonder Woman juga akan diluncurkan pada tahun 2017. Siapa tahu, kemunculan Justice League bisa seepik Avengers. Semoga saja.

Oh iya, kalau kamu belum sempat nonton teaser trailer Batman v Superman: Dawn of Justice, tonton aja di sini


Nah, itu dia beberapa hal menarik yang patut digarisbawahi dari teaser trailer film yang ditunggu ini. Kamu punya pendapat lain? Bagiin lewat komentar, yuk!